Cara Mengubah Isi Explore Instagram Agar Konten Sesuai Kesukaan

Instagram masih menjadi media sosial yang digemari oleh masyarakat Indonesia. Banyak kegiatan online yang bisa dilakukan, mulai dari berbagi foto, video hingga berkirim pesan teks dan video. Seiring perkembangan jaman, pengembang terus menambah berbagai fitur menarik pada aplikasi Instagram.

Salah satu yang paling sering digunakan oleh pengguna adalah fitur Explore. Dimana pengguna dapat menemukan foto, video atau reels yang seharusnya relevan. Tetapi belakangan kerap terjadi kesalahan yang menyebabkan halaman Explore memunculkan foto, video fulgar dan tidak senonoh.

Padahal pengguna tidak menyukai foto dan video seperti itu. Tentunya hal ini menjadi kekesalan tersendiri, apalagi jika sampai dilihat oleh orang lain. Hal yang bisa menyebabkan itu kemungkinan dari kesalahan algoritma Instagram atau akun anda pernah digunakan oleh orang lain.

Cara Mengubah Isi Explore Instagram

Bagi yang sudah mengalami masalah explore Instagram berubah menjadi konten tidak senonoh. Tenang saja, bisa coba ikuti beberapa solusi berikut untuk mengubah isi explore Instagram agar kembali sesuai.

Gunakan Fitur Not Interest

Langkah pertama yang wajib dilakukan adalah menggunakan fitur Not Interest untuk menyeleksi postingan yang layak berada di halaman Explore kita. Caranya sangat mudah, ikuti langkah demi langkah di bawah ini.

  1. Buka akun Instagram lalu masuk ke halaman Explore.
  2. Pilih foto, video atau reels yang tidak sesuai lalu tekan ikon titik 3 pada bagian pojok kanan atas.
  3. Akan muncul beberapa pilihan, tekan pilihan Not Interest.
  4. Selesai, postingan yang telah dipilih tidak akan ditampilkan lagi pada halaman Explore.

Untuk hasil yang lebih maksimal Anda dapat melakukan refresh halaman Explore. Caranya cukup mudah, hanya dengan gulir layar dari atas ke bawah secara perlahan.

Mulai Menyukai dan Menyimpan Konten

Jika sudah menyelesaikan langkah pertama, selanjutnya hanya perlu aktif lagi mencari konten yang sesuai dan diinginkan untuk tampil pada halaman Explore.

Selain menyukai dan menyimpan konten, Anda juga bisa mengikuti akun yang Anda minati atau menggunakan mesin pencarian pada aplikasi Instagram.

Karena data itulah yang digunakan oleh algoritma untuk menampilkan konten yang sekiranya sesuai dengan kesukaan penggunanya.

Pertanyaan Yang Sering Diajukan

Adapun beberapa pertanyaan yang sering muncul mengenai halaman Explore Instagram, berikut adalah jawaban yang mungkin bisa melepas rasa penasaran Anda.

Explore Instagram Berdasarkan Apa?

Sebelum membahas cara mengatasi isi explore Instagram tidak relevan dengan kesukaan, ada baiknya untuk mengetahui berdasarkan apa Instagram mengisi bagian Explore di akun kita.

Mungkin masih banyak yang belum mengetahui bahwa sistem Instagram selalu mengawasi aktifitas kita saat menggunakan aplikasinya. Data itulah yang digunakan untuk mengetahui konten apa yang cocok ditampilkan pada bagian Explore.

Sebagai contoh, pengguna sedang menonton Reels dan menemukan video kucing lucu lalu menyukai video tersebut. Maka kemungkinan akan tampil beragam video serupa pada halaman Explore.

Selain itu Instagram mendapatkan data melalui postingan yang kita komentari, simpan, akun yang kita ikuti dan riwayat pencarian.

Explore Instagram Hilang/Tidak Muncul

Penyebab yang mengakibatkan halaman Explore hilang bisa saja saat baru login seletah lama inactive dari Instagram. Solusi yang paling efektif adalah mulai aktif menggunakan Instagram untuk mulai menyukai, menyimpan foto dan video yang Anda sukai.

Tidak jarang penyebab lain adalah setelah melakukan pembaruan pada aplikasi Instagram. Cara mengatasinya cukup mudah, Anda hanya perlu logout akun lalu login kembali.

Jika masih tidak muncul juga, kemungkinan akun Anda mengalami masalah. Bisa segera laporkan ke pihak Instagram agar segera diatasi.

Akhir Kata

Itulah solusi yang bisa Anda terapkan apabila mengalami masalah Isi Explore Instagram Tidak Sesuai Kesukaan. Cara di atas sudah saya terapkan sendiri dan terbukti berhasil. Jika masih muncul postingan yang tidak senonoh, ulangi lagi langkah di atas.

Kuncinya adalah sabar, karena algoritma Instagram membutuhkan waktu untuk menyesuaikannya. Itu saja untuk artikel kali ini semoga bisa bermanfaat, terima kasih.