6 Cara Mengatasi Durasi Video Reels Instagram Tidak Bisa 60 Detik

6 Cara Mengatasi Durasi Video Reels Instagram Tidak Bisa 60 Detik

Ari

Reels merupakan fitur terbaru yang diluncurkan oleh Instagram. Banyak pengguna menyukai fitur ini dikarenakan sangat mirip dengan kompetitornya, yaitu TikTok. Dengan adanya fitur Reels pengguna dapat mengunggah video singkat yang nantinya dapat dilihat oleh penguna lainnya secara acak. Durasi video yang dapat diunggah sebelumnya adalah 30 detik, tetapi baru-baru ini telah diperpanjang menjadi 60 detik.

Dikarenakan adanya update tersebut ada beberapa pengguna yang mengeluh karena tidak bisa upload video Reels berdurasi 60 detik. Masalah ini terjadi karena pihak developer aplikasi baru saja melakukan update, dimana setiap adanya update biasanya akan rampung secara bertahap.

Cara Mengatasi Reels Tidak Bisa 60 Detik

Ada beberapa solusi yang bisa anda terapkan bagi yang mengalami masalah Reels tidak bisa upload video 60 detik, silakan coba mengikuti langkah demi langkah di bawah ini:

1. Update Aplikasi Instagram

Langkah awal yang pastinya harus dilakukan setiap adanya fitur baru adalah meng-update aplikasi pada smartphone anda. Hal ini sangat wajib dilakukan bila ingin dengan cepat mencoba fitur baru yang telah dihadirkan.

Cara meng-update aplikasi Instagram sangat mudah, anda hanya perlu membuka Google Playstore (Android) atau App Store (iPhone/iPad). Selanjutnya cari aplikasi Instagram dan tekan tombol update/perbarui.

2. Log out dan Login Kembali

Aplikasi Instagram sudah diperbarui namun tetap tidak bisa? anda bisa coba untuk melakukan keluar lalu masuk kembali ke akun Instagram. Tidak jarang sebuah akun mengalami glitch atau bug yang menyebabkan tidak bisa menggunakan suatu fitur.

Setelah melakukan keluar lalu masuk kembali, biasanya akun akan kembali normal dan dapat menggunakan fitur-fitur yang tersedia di Instagram.

3. Coba di Akun atau Ponsel lain

Apabila akun tetap tidak bisa menunggah video Reels berdurasi 60 detik, besar kemungkinan akun anda mengalami bug. Untuk mengetahuinya anda bisa mencoba menggunakan akun Instagram lain. Atau bisa juga mencoba dengan ponsel yang berbeda, anda bisa meminjam ponsel teman/kerabat terdekat.

Bagi pengguna yang hanya memiliki 1 akun Instagram, saat ini bisa dengan mudah membuat akun baru dengan alamat email/nomor ponsel yang sama dengan akun utama anda.

Catatan: Dalam 1 alamat email/nomor ponsel Instagram mengizinkan pengguna membuat hingga 5 akun.

4. Periksa Koneksi Internet

Koneksi Internet kerap menjadi permasalahan yang terkadang kita tidak ketahui. Apabila sudah menerapkan semua cara sebelumnya namun masih belum teratasi, cobalah untuk mengganti koneksi yang anda gunakan.

Bila sebelumnya anda menggunggah video Reels menggunakan Wifi, cobalah ganti menggunakan Data selular. Jangan lupa juga untuk mengatur APN agar koneksi semakin lancar dan cepat.

5. Install Ulang Instagram

Aplikasi Instagram terkadang mengalami error yang tidak dapat diperbaiki pada perangkat smartphone. Masalah ini biasanya terjadi pada perangkat Android, oleh karena itu tidak ada salahnya untuk mencoba melakukan install ulang aplikasi Instagram.

Cara menginstall ulang aplikasi Instagram pada perangkat Android sangat mudah, anda hanya perlu menekan dan tahan ikon Instagram lalu pilih menu Uninstall. Selanjutnya silakan unduh kembali aplikasi Instagram melalui Google Playstore.

6. Laporkan Masalah ke Instagram

Langkah terakhir yang bisa diterapkan apabila mengalami kendala yang tidak bisa diatasi adalah melaporkannya ke pihak Instagram. Tujuan melakukan laporan ini tentunya agar pihak developer Instagram mengetahui dan segara memperbaiki masalah yang anda alami.

Bagi yang belum pernah membuat laporan masalah di Instagram, bisa ikuti langkah-langkahnya dibawah ini:

  • Buka aplikasi Instagram lalu masuk ke Profil.
  • Tekan ikon Menu di pojok kanan atas lalu pilih menu Settings/Pengaturan.
  • Akan ada banyak pilihan, temukan menu Help/Bantuan.
  • Didalamnya akan terdapat menu Report a Problem, silakan tekan dan pilih Report a Problem.
  • Isilah keluhan mengenai permasalahan yang dialami dengan singkat padat dan jelas.

Anda bisa menggunakan Bahasa Indonesia atau English untuk melaporkan masalah ke pihak Instagram. Selain itu, anda juga bisa menyertai Screenshot masalah/error yang dialami dan anda ingin laporkan.

Akhir Kata

Begitulah cara mudah yang bisa diterapkan bila anda mengalami masalah tidak dapat mengunggah video Reels Instagram dengan durasi 60 detik. Apabila masalah yang anda alami belum teratasi, bisa tanyakan di kolom komentar.

Add Comments

Freedom of speech
Cancel

Iklan atas artikel

Related Post