20+ Hero Tanpa Mana di Mobile Legends Dari Yang Terkuat Hingga Terlemah

20+ Hero Tanpa Mana di Mobile Legends Dari Yang Terkuat Hingga Terlemah

Ari

Mobile Legends: Bang Bang merupakan game moba yang paling populer 4 tahun belakangan. Banyak kalangan muda gemar memainkan game ini karena keasikannya. Pada game Mobile Legends terpdapat ratusan hero atau karakter yang dapat dimainkan. Mulai dari hero dengan role Tank, Fighter, Mage, Marksman, Support dan Assasin dapat dimainkan pada game ini. Hero tersebut dapat diperoleh dengan cara membelinya di shop menggunakan Battle Point atau Diamond.

Dari banyaknya hero yang tersedia pada game Mobile Legends, rata-rata hero tersebut menggunakan mana sebagai sumber kekuatannya untuk mengeluarkan skill yang dimiliki. Tetapi ada juga hero yang tidak menggunakan mana, melainkan menggunakan Energy yang tidak kalah kuatnya. Selain itu, ada juga hero yang tidak menggunakan mana dan energy, hero tipe ini biasanya hero yang sangat mengandalkan basic attacknya.

Daftar Hero Tanpa Mana di Mobile Legends

Inilah daftar beberapa hero yang tidak mengandalkan mana pada game Mobile Legends, hero ini saya urutkan dari yang paling kuat hingga yang paling lemah berdasarkan meta yang banyak digunakan pro player.

Catatan: Dikarenakan banyaknya penyesuaian yang terjadi pada game Mobile Legends, daftar hero dibawah menjadi acak karena adanya Nerf dan Buff pada masing-masing hero.

1. Paquito

Paquito

Paquito adalah hero tipe fighter yang paling mematikan pada saat artikel ini dipublikasikan. Bagaimana tidak, hero ini memiliki darah yang sangat tebal dan damage yang cukup sakit. Selain itu, hero ini juga memiliki shield, efek knock out dan skill dash yang sangat mengesalkan. Hingga sekarang belum ada hero yang dapat menandingi kekuatan hero botak yang ngeselin ini.

Hero ini sangat besar kemungkinannya di ban saat bermain, namun jika kalian beruntung dapat menggunakan hero ini bisa memakai build yang haram digunakan oleh Paquito yaitu: Warrior Boots, War Axe, Bloodlust Axe, Dominance Ice, Athena's Shield dan Immortality.

2. X-Borg

X-Bord merupakan hero fighter yang dikenal karena dapat menyemburkan api menggunakan senjatanya. X-Borg merupakan hero yang paling sulit untuk dibunuh jika 1 vs 1, jika ingin membunuh hero ini paling tidak kita harus dibantu oleh 1 orang teman. Saat ini X-Borg sangat sering masuk ke dalam list banned, baik itu di Tournament ataupun Ranked. Hal itu dikarenakan hero ini belum memiliki counter alami yang dapat menyeimbangi kekuatannya di lane.

Build yang dapat digunakan dan sangat mematikan untuk X-Bord adalah: Warrior Boots, Immortality, Bloodlust Axe, War Axe, Ice Queen Wan dan Blade Of Despair. Build tersebut sudah sangat cocok untuk X-Bord dalam segala kondisi sekalipun, hero ini hanya membutuhkan Immortality sebagai item defense dikarenakan sudah memiliki armor.

3. Beatrix

Beatrix

Beatrix merukapan hero dengan tipe marksman yang baru liris beberapa bulan belakangan. Beatrix memiliki 4 senjata yang dapat digunakan secara bergantian. Senjata itu lah yang membuat hero ini menjadi sangan fleksibel dan kuat dalam segala kondisi. Beatrix memiliki senjata sniper, shotgun, machine gun dan bazoka. Selain itu, Beatrix juga memiliki skill dash yang dapat digunakan untuk kabur dari incaran lawannya dengan mudah. Tidak heran hero marksman yang satu ini menjadi langganan pick pada MPL Season 8.

Untuk build yang disarankan untuk digunakan hero Beatrix adalah: Warrior Boots, Demon Hunter Sword, Endless Battle, Blade Of Despair, Raptor Machete dan Corrosion Scythe.

4. Balmond

Balmond merupakan tipe hero fighter yang begitu tangguh dan over power di game Mobile Legends saat ini, hanya sedikit hero yang mampu menyaingin Balmond sebagai offliner di lane. Hal itu dikarenakan hero ini memiliki skill yang sangat lengkap, yaitu skill 1 yang dapat dengan mudah kabur atau mengejar lawan, skill 2 yang dapat berputar menghajar lawan hingga sekarat dan skill 3 yang biasanya digunakan untuk membunuh lawannya.

Saat ini Balmond sangat cocok diposisikan sebagai offliner ataupun goldlaner, dikarenakan hero ini sangat kuat mempertahankan tower di lane. Build yang cocok digunakan Balmond untuk saat ini adalah: Warrior Boots, War Axe, Bloodlust Axe, Cursed Helmet dan Immortality, item terakhir bisa disesuaikan dengan kondisi pertempuran.

Baca juga: Tips Menggunakan Balmond Dari Awal Sampai Bisa

5. Hayabusa

Hayabusa

Hayabusa merupakan hero dengan tipe assasin tanpa mana yang begitu lincah dikarenakan memiliki skill bayangan yang dapat berpindah dari bayangan satu ke yang lainnya. Hero ini tidak menggunakan mana melainkan menggunakan energy. Pada saat ini Hayabusa sangat sering digunakan karena hero ini sangat fleksibel bisa ditempatkan pada posisi apapun.

Pada tournament ternama Mobile Legends, yaitu MPL hero yang satu ini bahkan kerap diban karena kelincahan dan fleksibelitasnya. Untuk build yang saya sarankan digunakan pada Hayabusa adalah: Warrior Boots, War Axe, Endless Battle, Blade of Despair, Blade of the Heptaseas dan untuk item terakhir bisa menggunakan Immortality atau disesuaikan dengan keadaan.

6. Lapu-Lapu

Lapu-Lapu adalah hero tipe fighter tanpa mana yang sangat populer di Mobile Legends, hero ini sangat kuat dalam bertahan ataupun menyerang dan sangat sering digunakan. Hal tersebut sangatlah wajar dikarenakan Lapu-Lapu memiliki semua skill yang dibutuhkan sebagai fighter, hero ini dapat memberikan efek stun area, damage yang sakit serta memiliki skill blink dengan cooldown yang singkat.

Hero yang satu ini sangat sering digunakan oleh para pro player, biasa diposisikan sebagai offliner yaitu di exp lane. Build yang cocok digunakan oleh Lapu-Lapu adalah: Warrior Boots, War Axe, Bloodlust Axe, Oracle, Brute Force Breastplate dan Immortality.

7. Chou

Chou

Chou merupakan hero fighter dengan fleksibelitas yang tinggi, hero ini bisa diposisikan dimanapun. Skill yang dimiliki cukup lengkap, mulai dari dash untuk kabur, imune, lock hero dan stun dimiliki hero ini. Tidak heran jika hero ini digunakan oleh player yang tepat akan sangat mematikan karena dapat dengan mudah menciduk hero core musuh.

Sedangkan untuk build hero Chou sebenarnya sangat beragam, hero ini kerap diposisikan sebagai tanker dan goldlaner. Bahkan baru-baru ini chou bisa dijadikan mid laner support, jadi untuk build bisa kalian sesuaikan sendiri atau bisa melihat channel youtube para pro player.

8. Martis

Martis adalah hero tipe fighter yang pada awal rilis sangat sering terpampar diban list mode draft pick. Hero ini sangat kuat dan lincah, selain itu Martis juga memiliki skill yang dapat imune dari skill lawan. Skill hero Martis juga memiliki crowd control, walaupun tidak lama tetapi itu sangat mengganggu musuh. Ditambah dengan ultimate yang dapat dengan mudah mengeksekusi lawan dengan darah yang sekarat menjadikan hero ini sangat mematikan.

Build hero Martis saat ini sangat beragam juga, hampir sama seperti Chou, hero ini juga bisa diposisikan sebagai tanker ataupun exp laner. Jadi build bisa kalian sesuaikan dengan role yang kalian isi pada saat bermain.

9. Johnson

Johnson

Johnson merupakan hero dengan tipe tank tanpa mana yang kerap dihina sebagai hero epical glory, namun kenyataannya hero ini sangat mengganggu bila digunakan oleh player yang tepat. Johnson bisa dengan cepat menghampiri zona perang (war) menggunakan ultinya, ditambah dengan efek slow yang diberikan ke area sekitarnya. Hero ini sangat cocok dicombokan dengan mage yang memiliki skill area, seperti Odette atau Aurora.

Build yang cocok digunakan hero Johnson yaitu: Warrior Boots, Dominance Ice, Antique Cuirass, Athena's Shield, Crused Helmet atau Imortality. Sesuaikan dengan keadaan dalam permainan.

10. Minotour

Minotaur adalah salah satu hero dengan tipe tank di Mobile Legends. Hero ini juga dapat berperan sebagai support dikarenakan memiliki skill heal area. Selain skill regen area yang dimiliki, Minotour juga memiliki skill ultimate yang dapat memberikan efek stun area yang cukup lama. Tank yang satu ini sangat merepotkan saat dimainkan oleh player yang tepat dengan baik dan benar.

Build yang cocok digunakan hero Minotour yaitu: Warrior Boots, Antique Cuirass, Athena's Shield, Oracle, Dominance Ice atau Imortality. Sesuaikan dengan keadaan dalam permainan.

11. Hilda

Hilda

Hilda adalah hero yang cukup over power di Mobile Legends, Hilda memiliki 2 role sekaligus yaitu fighter dan tank. Hal tersebut menyebabkan hero ini sangat fleksibel, pada patch bulan September 2021 Hilda kerap digunakan sebagai tank perusuh yang mengganggu core musuh agar tidak bisa farming. Dikarenakan memiliki brush damage yang tinggi dan kemampuan bertarung yang baik hero ini sangat merepotkan bila digunakan player yang handal.

Hilda sangatlah fleksibel bisa diposisikan sebagai tank, support ataupun explaner. Karena itu build yang digunakan sangat beragam, item inti yang wajib digunakan hero ini adalah Oracle, selain itu bisa disesuaikan dengan role yang kalian isi dalam game.

12. Ling

Ling adalah hero tipe assasin yang cukup sulit digunakan, apalagi jika jari jemari anda masih belum begitu lincah dalam memainkan game Mobile Legends. Ling saat ini adalah satu-satunya hero yang dapat berpijak di dinding Land of Dawn. Hal tersebut menjadikannya sebagai hero yang dapat rotasi dengan cepat. Walaupun hero ini over power, hingga saat ini belum banyak yang mampu menguasainya.

Build yang cocok digunakan hero Ling saat ini adalah: Magic Shoes, War Axe, Endless Battle, Blade Of Despair, Demon Hunter Sword dan Berseker's Fury.

13. Fanny

Fanny

Fanny merupakan hero dengan tipe assasin yang sudah lama dirilis namun masih sangat mengerikan hingga saat ini. Hero ini sangat sulit dikuasai, hingga detik ini Fanny masih menjadi hero yang paling sulit dikuasai. Karena itu hero ini walaupun sebenarnya kuat namun sangat jarang digunakan. Tetapi sekali gunakan oleh pengguna yang tepat, hero ini super merepotkan dikarenakan kelincahannya.

Build yang saya rekomendasikan untuk digunakan hero Fanny pada saat ini adalah: Warrior Boots, Bloodlust Axe, War Axe, Blade Of Despair, Athena's Shield dan Antique Cuirass.

14. Argus

Argus merupakan hero tipe fighter yang masih jarang digunakan hingga saat ini. Hero ini tidak menggunakan mana ataupun energy, itu menjadikan Argus sebagai hero yang sangat mengandalkan basic attack. Dengan skill ultimate yang menjadikannya tidak bisa mati dalam beberapa detik, hero ini sangat kuat bila melawan hero dengan tipe mage atau marksman yang tidak memiliki skill untuk kabur.

Build yang cocok digunakan hero Argus saat ini adalah: Swift Boots, Demon Hunter Sword, Berseker's Fury, War Axe, Windtalker dan Blade Of Despair.

15. Granger

Granger

Granger merupakan hero dengan tipe marksman yang sangat digemari saat ini. Damage yang dihasilkan oleh hero ini sangatlah sakit baik itu di early ataupun late game. Tidak hanya itu, Granger juga memiliki cooldown skill yang terbilang singkat dengan jangkauan yang jauh dan memiliki skill dash yang dapat digunakan untuk kabur ataupun mengejar.

Untuk saat ini Granger masih menjadi marksman yang sangat layak digunakan pada tier Mythic. Build yang cocok digunakan oleh hero Granger adalah: Swift Boots, Berseker's Fury, Endless Battle, Blade Of Despair, Demon Hunter Sword dan Immortality.

16. Khaleed

Khaleed merupakan hero fighter dengan durabilitas yang cukup tinggi. Khaleed kerap menjadi penentu kemenangan dalam permainan, dikarenakan hero ini dapat dengan mudahnya mengincar barisan belakang menggunakan skill ultimate yang dimilikinya. Selain itu, bila dalam posisi terdesak Khaleed memiliki skill 2 yang dapat digunakan untuk bertahan sekaligus menambah darah.

Saat ini build yang kerap digunakan oleh pro player Khaleed adalah: Warrior Boots, Blade of the Heptaseas, Blade Of Despair, Bloodlust Axe, War Axe dan Immortality.

17. Yu Zhong

Yu Zhong

Yu Zhong adalah hero tipe fighter dengan pasif yang paling mengerikan, dikarenakan dapat menghisap cukup banyak darah musuh. Selain itu Yu Zhong juga memiliki ultimate yang dapat merubah bentuk dirinya menjadi setengah naga dan memperkuat defense serta psycal attack. Dengan ultimatenya Yu Zhong dengan mudah menerobos ke barisan belakang dan mengincar hero core lawan.

Build yang direkomendasikan untuk Yu Zhong adalah: Warrior Boots, Bloodlust Axe, War Axe, Oracle, Blade Of Despair dan Immortality.

18. Guinevere

Guinevere merupakan hero fighter yang terbilang cukup lemah dibandingkan fighter lain. Hal ini dikarenakan Guinevere merupakan fighter dengan sedikit campuran mage. Walaupun lemah dalam ketahanan, Guinevere memiliki damage yang sangat tinggi, sekali musuh terkena combo dari skill yang dimiliki bisa dipastikan akan langsung terbunuh.

Build yang cocok digunakan oleh hero Guinevere adalah: Arcane Boots, Concentrated Energy, Calamity Reaper, Necklace of Durance, Holy Crystal dan Genius Wand.

19. Alucard

Alucard

Alucard merupakan hero yang memiliki 2 role sekaligus, yaitu fighter dan assasin. Hero ini kerap dihina dengan sebutan alufeed dikarenakan kerap menjadi feeder dalam permainan. Namun hero ini tidak bisa dianggap remeh juga, pada MPL Season 8, Celiboy sebagai core sering menggunakan hero ini dan berhasil meraih kemenangan. Itu adalah bukti bahwa Alucard masih sangat layak digunakan dalam pertempuran!

Build yang cocok digunakan Alucard saat ini adalah: Warrior Boots, Endless Battle, Blade Of Despair, Berseker's Fury, Blade of the Heptaseas dan War Axe.

20. Lesley

Lesley adalah hero dengan role marksman yang cukup mengerikan di Mobile Legends, hero marksman yang satu ini memiliki damage yang sangat mematikan. Namun kekurangannya yaitu tidak memiliki skill untuk kabur dan sangat mudah untuk di incar. Bila ingin menggunakan Lesley sebaiknya ditemani oleh tank cover yang kuat.

Build yang direkomendasikan untuk Lesley adalah: Swift Boots, Berseker's Fury, Blade Of Despair, Endless Battle, Windtalker dan Demon Hunter Sword.

21. Irithel

Irithel

Belakangan hero Irithel telah diperbarui oleh Moonton, dimana sekarang tidak lagi menggunakan mana. Dengan perubahan tersebut Irithel menjadi lebih kuat dan mulai sering digunakan. Mungkin saat ini Irithel dapat disebut sebagai preman Gold Lane, setuju?

Build yang direkomendasikan untuk Irithel adalah: Swift Boots, Windtalker, Berseker's Fury, Blade Of Despair, Wind of Nature, Malevic Roar dan Demon Hunter Sword.

22. Badang

Hero yang satu ini sangat kurang diminati oleh pemain di rank tinggi. Padahal hero Badang memiliki kekuatan yang cukup tinggi dan masih layak untuk mengisi EXP Lane bersaing dengan hero meta lainnya. Dengan menggunakan cooldown skill yang singkat, Badang dapat dengan mudah membunuh lawannya menggunakan combo skill 2-3-1.

Sedangkan untuk build item terbaik Badang adalah: Demon Hunter Sword, Golden Staff dan Malefic Roar. Sisanya bisa gunakan item defense, tentunya beli item yang sesuai dengan lawan.

23. Thamuz

Thamuz

Thamuz merupakan hero yang terkenal sangat kuat pada awal permainan, bahkan tidak ada yang bisa mengalahkannya. Tentunya semua tergantung dengan seberapa hebat pemain memanfaatkan skill yang dimilikinya. Jika ditangan pemain yang tepat, hero ini sangatlah mematikan dan kerap menggendong teman 1 team.

Selama saya bermain Mobile Legends, build hero yang satu ini sangat beragam. Thamuz cocok menggunakan build defense ataupun semi defense dengan sedikit item damage. Untuk build lengkapnya sebaiknya sesuaikan dengan keadaan dalam permainan, atau bisa ikuti item pro player.

24. Edith

Edith adalah hero tipe Tank dan Marksman, kombinasi role yang sangat unik dan diluar kepala. Dimana Tank yang harusnya memiliki defense yang tinggi ditambah dengan Marksman yang identik dengan damage yang tinggi. Ditambah sangat banyak skill yang dapat meng-stun musuh dimiliki oleh hero Edith.

Saat ini build yang paling sering digunakan adalah full defense karena Edith sangat cocok diposisikan sebagai Roamer.

25. Dyroth

Dyroth

Popularitas hero yang satu ini meningkat belakangan, kerap digunakan pemain pro dalam pertandingan adalah alasannya. Skill 2 yang dimiliki Dyroth sangat efektif untuk membunuh hero dengan defense tinggi. Karena season ini lebih sering menggunakan meta Tank, hero Dyroth menjadi sangat ditakuti.

Dyroth sangat cocok menggunakan item Heptasis, Hunter Strike atau War Axe. Sisanya bisa gunakan item defense untuk menambah durability saat peperangan.

Akhir Kata

Itulah beberapa daftar hero yang tidak memerlukan mana pada game Mobile Legends. Dari semua hero tersebut memiliki role dan harga yang beragam mulai dari 6500 hingga 32000 battle point.

Urutan hero terkuat hingga terlemah dapat berubah sewaktu-waktu bila pihak developer Mobile Legends melakukan perubahan pada kekuatan hero tersebut. Demikian artikel kali ini semoga dapat bermanfaat dan jangan lupa untuk berbagi!

Add Comments

Freedom of speech
Cancel

Iklan atas artikel

Related Post