Dampak Positif dan Negatif Jika Keseringan Bermain Mobile Legends

Dampak Positif dan Negatif Jika Keseringan Bermain Mobile Legends - Sangat banyak penggemar game pada smartphone yang hobi memainkan game Mobile Legends. Memang, game yang satu ini sangatlah seru untuk dimainkan, di tambah lagi jika bermain bersama dengan orang-orang terdekat. Pasti akan sangat mengasyikan, anda juga dapat memainkan berbagai mode yang telah disediakan pada game Mobile Legends. Yang paling sering dimainkan adalah mode Ranked, dimana anda bisa mendapatkan bintang untuk meningkatkan tier/pangkat.

Pada game Mobile Legends saat ini sudah tersedia 7 pangkat, yaitu: Warrior, Elite, Master, Grandmaster, Epic, Legend dan Mythic yang tertinggi. Menaikkan tier/pangkat tidak semudah yang anda kira, karena setiap kalah dalam permainan maka bintang yang anda miliki akan berkurang. Jika anda sudah sangat suka memainkan game ini, tidak ada salahnya untuk mengetahui apa saja dampak positif dan negatif jika keseringan bermain Mobile Legends.

Dampak Positif dan Negatif Jika Keseringan Bermain Mobile Legends

Akan saya awali dengan membahas beberapa dampak positifnya terlebih dahulu. Berikut adalah beberapa dampak positif bermain Mobile Legends yang berhasil saya rangkum.

1. Menghilangkan rasa bosan, galau ataupun stress

Jika anda sedang merasakan bosan, galau ataupun stress, maka pilihan terbaiknya adalah mencari hiburan atau bermain game. Mobile Legends bisa anda jadikan media untuk menghibur diri sendiri dikala bosan melanda. Rasa bosan akan hilang dengan sendirinya jika memainkan game, di tambah lagi jika anda mengajak teman-teman bermain bersama.

2. Pandai mengatur strategi di dunia nyata

Memainkan game Mobile Legends anda dituntut harus pintar mengatur strategi bersama tim jika ingin meraih kemenangan. Tim tidak akan menang begitu saja jika tidak ada strategi yang ampuh dan bisa diterapkan dengan kompak. Jika anda sudah ahli mengatur strategi pada game, maka kemampuan tersebut akan terus terbawa sampai di dunia nyata.

3. Bisa mendapatkan teman dan komunitas baru

Enggak hanya di dunia nyata saja anda bisa mendapatkan teman atau komunitas. Jika anda sudah ahli memainkan sebuah game terutama Mobile Legends, anda bisa bergabung dengan komunitas atau pada game Mobile Legends dinamakan Squad. Ada banyak sekali Squad yang telah dibuat pada game ini, diantaranya yang terkenal adalah Saints Indo, Imputy dan I Do Not Sleep (IDNs). Anda juga bisa membangun Squad sendiri dan mencari anggota baru untuk dijadikan teman menaikkan rank bersama.

Dari beberapa dampak positif di atas, ada juga dampak negatif dari bermain game Mobile Legends yang mungkin belum anda ketahui. Berikut adalah beberapa dampak negatifnya akan saya jelaskan di bawah.

1. Mempersingkat umur smartphone

Jika anda terlalu sering memainkan game Mobile Legends pada smartphone, maka perlahan-lahan bisa merusak perangkat tersebut. Ditambah lagi jika anda memainkannya sambil mencharger, mau tidak mau anda harus selalu siap mengeluarkan biaya untuk service jika smartphone mulai mengeluarkan gejala rusak.

2. Merusak mata

Bermain game pada perangkat smartphone tidaklah disarankan oleh para ahli. Dengan layar yang kecil maka mata diharuskan fokus terus menerus kelayar. Sebaiknya anda jangan memainkan Mobile Legends lebih dari 2 jam demi kesehatan mata agar tidak minus. Jika anda sudah ketagihan, kurangilah waktu bermain sedikit demi sedikit dan carilah kegiatan lain untuk menghabiskan waktu.

Baca juga: Hero Mobile Legends Yang Wajib Banned Saat Main Ranked

Itulah beberapa dampat positif dan negatif bermain game Mobile Legends yang saya ketahui. Jika anda memiliki dampak positif dan negatif lain, silakan berkomentar di bawah. Jangan lupa juga untuk membagikan artikel ini ke sosial media, terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel kali ini mengenai Mobile Legends.


Show EmoticonHide Emoticon