10+ Channel YouTube Background Musik Bebas Hak Cipta, 100% Legal

Youtube merupakan situs berbagi dan streaming video dengan pengguna aktif terbanyak pada saat ini. Sudah jutaan video yang telah diunggah oleh banyak orang di seluruh dunia ke situs Youtube. Video yang diunggah juga berbagai macam, mulai dari Music Video, Trailer Film , Vlog dan masih banyak lagi. Hingga saat ini pihak Youtube membebaskan creatornya untuk mengunggah video apapun dan berapapun jumlahnya asalkan tidak melanggar kebijakan privasi.

Vlog adalah salah satu trend video youtube yang saat ini sedang naik daun dan banyak dibuat oleh para creator. Pada setiap vlog biasanya terdapat background musik guna mendukung kegiatan pada video agar lebih interaktif dan tidak terlihat monoton. Creator biasanya mendapatkan background musik tersebut dari berbagai channel yang menyediakan background music gratis dan tidak memiliki hak cipta.

Channel YouTube Bebas Copyright

Berikut adalah beberapa channel populer yang menyediakan background musik yang dapat digunakan secara gratis untuk para Youtuber.

Catatan: Channel dibawah ini mengunggah video musik dari berbagai musisi, jadi tidak semua video yang diupload dapat digunakan secara gratis. Pastikan membaca deskripsi pada setiap video sebelum memutuskan untuk menggunakan background musik tersebut.

1. NoCopyrightSounds

Sesuai dengan namanya yang jika diartikan ke dalam Bahasa Indonesia berarti Tidak Ada Hak Cipta. Channel ini paling populer diantara yang lainnya, dikarenakan sangat banyak koleksi musik video yang dapat diunduh dan digunakan kembali pada video anda.

Genre musik yang disediakan pada channel ini juga sangat lengkap, mulai dari House, Drum & Bass dan masih banyak lagi. Silakan langsung kunjungi channelnya untuk mendengarkan beragam musik gratis.

2. Audio Library - Music for content creators

Audio Library saat ini telah memperoleh 4.21M subscriber dan 688,920,877 total views karena konsisten mengunggah berbagai musik video gratis. Salah satu creator Indonesia yang kerap menggunakan musik dari Audio Library adalah Yudist Ardhana.

Berbeda dengan NoCopyrightSounds, Audio Library lebih sering mengunggah musik video yang calm dan relaxing. Beberapa genre yang tersedia pada channel ini adalah Bright Music, Pop Music, Calm Musik, Happy Musik dan masih banyak yang lainnya.

3. NEFFEX

Dengan slogan NEFFEX adalah tentang kebebasan, channel ini berhasil berkembang dengan pesat. Berhasil memperoleh 5M subscriber NEFFEX masih konsisten mengupload beragam musik yang dapat digunakan kembali oleh creator.

Berbeda dengan channel lainnya, NEFFEX lebih banyak mengunggah musik video yang menggunakan pengisi suara vocal (penyanyi). Beberapa musik yang paling populer pada channel ini adalah Grateful, Fight Back, Cold dan Best of me.

4. Vexento

Music is my way out. My way out of reality. Begitulah yang tertulis mengenai channel Vexento, pria muda yang bernama Alexander ini kerap menghasilkan berbagai musik unik bebas hak cipta. Biasanya musik Vexento lebih sering digunakan oleh creator gaming.

Dibuat pada Nov 6, 2013 channel ini sudah berhasil mengumpulkan 470k subscriber dan 115,755,039 total tayangan. Berbagai genre musik tersedia seperti Calm Musik, Electronics & Dance dan masih banyak lagi yang lainnya.

5. Ahrix

Ahrix merupakan music produser yang sering berbagi musik gratis pada channel Youtube miliknya. Ahrix juga pernah berkolaborasi dengan Alan Walker pada lagu K-391, Alan Walker & Ahrix - End of Time.

Tidak seperti channel lainnya, Ahrix bisa dikatakan cukup jarang mengunggah video musik. Namun untuk kualitasnya tidak perlu diragukan lagi.

6. Bensound

Dibuat pada tanggal 4 Maret 2018, bensound sudah menyediakan 72 background musik gratis pada channelnya. Salah satu musik video yang paling populer Bensound - Dream Chill, berhasil memperoleh 300 ribu tayangan.

Bensound lebih sering mengunggah musik video dengan genre Fun dengan berbagai instrumen. Saat ini channel Bensound terbilang tidak aktif dan sudah dalam kurun 2 tahun belakangan tidak mengunggah video satupun.

7. Frequency Music

Frequency adalah label musik yang berasal dari Amsterdam dan kerap mengunggah musik video gratis pada channel Youtubenya. Dibuat pada tahun 2013 hingga saat ini berhasil memperoleh 707k subscriber dan 112,758,804 total tayangan.

Berbagai genre tersedia pada channel Frequency Music, mulai dari Gamers, Happy dan Chill Musik dapat digunakan ulang secara gratis.

8. Ikson

Ikson merupakan produser musik yang berasal dari Sweden yang mendedikasikan karyanya untuk membantu menceritakan kisah anda melalui musiknya. Semua musik yang diunggahnya gratis digunakan ulang asalkan mencantumkan credit link pada deskripsi .

Ikson identik dengan genre Tropical, karena adem banget di dengernya kalau sudah Ikson yang membuatnya. Ikson juga memiliki website resmi yaitu iksonmusic.com yang digunakan untuk membeli lisensi musiknya.

9. Infraction

Infraction menyediakan beragam musik gratis dengan kualitas tinggi pada channelnya. Selain pada situs Youtube, musiknya juga dapat didengar pada platform Spotify dan Soundcloud.

Memiliki 167k subscriber dan 350+ musik video yang di upload, Infraction menyediakan berbagai genre musik no copyright, seperti Technology, Pop, Summer dan masih banyak lagi.

10. Damon Empero

Damon Empero adalah channel Youtube yang dikelola oleh pria muda yang berprofesi sebagai produser musik, pria ini berasal dari Croatia. Dengan keseriusannya, ia berhasil menciptakan banyak musik yang dapat digunakan kembali oleh para creator.

Dibuat pada bulan Agustus 2, 2009, channel ini berhasil memperoleh 165k subscriber dan 41,009,406 total tayangan. EDM musik adalah genre yang paling banyak tersedia pada channel ini.

Youtube Audio Library

Sebenarnya ini tidak termasuk ke dalam channel, dikarenakan Youtube Audio Library disediakan resmi oleh pihak Youtube untuk para creatornya. Ada ribuan lagu yang dapat diunduh secara gratis dan digunakan kembali pada video anda. Youtube Audio Library dapat di akses pada menu Youtube Creator Studio.

Jumlah musik yang sangat banyak dengan genre yang bermacam-macam dan juga Sound effects yang berlimpah. Dengan adanya Youtube Audio Library diharapkan dapat membantu Creator agar mudah mencari musik yang tepat untuk digunakan pada videonya.

Akhir Kata

Itulah beberapa Youtube channel yang menyediakan musik gratis untuk video pribadi kalian. Bila kalian mengetahui channel lain yang serupa bisa tuliskan pada kolom komentar. Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca!