Cara Melihat Audio dan Video Reels Yang Tersimpan di Instagram

Instagram kian hari makin berubah, yang dulunya lebih mengutamakan konten berupa foto kini mulai mengutamakan video. Reels adalah fitur baru yang diluncurkan Instagram guna mendukung perubahan tersebut. Cara penggunaan Reels kurang lebih sama seperti aplikasi TikTok, dimana pengguna dapat mengunggah video pendek yang dapat dilihat oleh pengguna lainnya.

Pengguna dapat melihat, memberikan komentar, menyukai video Reels, membagikannya dan menyimpan video yang diinginkan. Audio pada video yang telah diunggah dapat digunakan oleh pengguna lain untuk digunakan kedalam video mereka. Hal Tersebut tentunya menguntungkan bagi pemilik asli dari audio, karena dapat meningkatkan tayangan dan likes jika video pengguna lainnya populer.

Dikarenakan fitur Reels masih terbilang baru, cukup banyak pengguna yang belum mengerti cara melihat audio atau sound dan video Reels yang telah disimpan. Terutama bagi pengguna baru Instagram dan masih belum memahami penggunaan Reels sepenuhnya.

Cara Melihat Reels Yang Tersimpan

Cara Lihat Reels di Instagram

Sebelum mengikuti langkah-langkah di bawah, pastikan aplikasi Instagram yang anda gunakan sudah di versi terbaru. Apabila belum, segeralah update di Playstore atau App Store. Cara melihatnya sangat mudah, anda tidak perlu menggunakan aplikasi tambahan untuk melihat Reels yang telah tersimpan di Instagram, ikuti cara dibawah ini:

  1. Pertama, masuk ke Instagram dan menuju ke Profil.
  2. Lalu tekan icon Menu yang terletak di pojok kanan atas.
  3. Akan muncul pop up yang berisikan banyak menu, lanjutkan tekan menu Saved.
  4. Dalam Saved terdapat 2 folder, yaitu All Posts dan Audio.
  5. Disanalah letak audio dan video Reels yang tersimpan, silahkan buka folder dan lihat yang anda perlukan.

Catatan: Apabila audio atau video yang telah anda simpan tidak ditemukan, kemungkinan audio atau video tersebut dihapus oleh pengunggahnya. Ada kemungkinan juga dihapus oleh pihak Instagram, hal ini bisa terjadi karena audio atau video dianggap melanggar kebijakan privasi Instagram.

Menambahkan Folder Koleksi Reels

Cara Menambah Folder Koleksi Reels di Instagram

Instagram menggabungkan Posts dan Reels menjadi 1 folder, hal ini tentunya dapat membuat pengguna sedikit kesusahan mencari Reels yang telah disimpan. Solusi terbaiknya adalah dengan membuat folder manual yang dikhususkan untuk video Reels saja, ikuti langkah-langkahnya dibawah ini:

  1. Masih di halaman Saved lalu tekan ikon + di pojok kanan atas.
  2. Pilih video Reels yang ingin disimpan ke dalam folder baru, lalu tekan Next.
  3. Isi nama folder sesuai keinginan lalu tekan Add.

Selesai, akan terdapat folder baru di halaman Saved yang isinya hanya video yang anda pilih. Untuk menambahkan video baru ke dalam folder koleksi caranya kurang lebih sama.

Anda juga dapat mengedit dan menghapus folder koleksi yang telah dibuat sebelumnya. Caranya cukup mudah, buka folder koleksi, tekan ikon titik 3 dibagian pojok kanan atas lalu pilih Edit Collection, pada halaman ini anda bisa mengganti nama, foto cover dan menghapus folder.

Saat ini Instagram hanya dapat menambahkan koleksi postingan dan video saja, untuk audio pengguna belum bisa mengelompokkannya ke folder baru.

Unsaved Banyak Reels Sekaligus

Cara Unsaved atau Hapus Koleksi Reels di Instagram

Bila dirasa Reels yang tersimpan pada akun Instagram sudah terlalu banyak, anda bisa menghapusnya sekaligus. Silakan ikuti langkah demi langkah untuk melakukan unsaved Reels dibawah ini:

  1. Pada folder All Posts tekan ikon titik 3 di pojok kanan atas.
  2. Lalu tekan Select, pilih postingan dan video Reels yang ingin di Unsaved.
  3. Bila sudah, tekan tombol Unsave yang berada di bagian kiri bawah.

Menghapus atau Unsaved akan menghilakan video pada setiap folder koleksi. Fitur ini tidak bisa digunakan untuk audio, saat ini audio yang telah disimpan hanya dapat dihapus satu per satu.

Akhir Kata

Itulah cara mudah dan terlangkap untuk melihat atau menemukan audio dan video Reels di Instagram. Bila dirasa ada yang kurang jelas, bisa tanyakan pada kolom komentar di bawah. Sekian dan terima kasih, jangan lupa berbagi ke media sosial bila dirasa artikel ini membantu.