Kelebihan dan Kekurangan Aplikasi Pemutar Musik Spotify

Kelebihan dan Kekurangan Aplikasi Pemutar Musik Spotify

Bagi anda yang gemar mendengarkan musik pada perangkat seluler, pasti sudah mengenal aplikasi yang satu ini. Spotify adalah nama aplikasinya, yang merupakan aplikasi pemutar musik dan video streaming yang dibuat oleh salah satu developer yang berasal dari Swedia. Saat ini aplikasi pemutar musik Spotify sudah menyediakan lebih dari 30 juta lagu yang dapat di dengarkan. Aplikasi ini terbilang sudah cukup tua dan berhasil bertahan hingga saat ini.

Bagi anda yang gemar menggunakannya, tahukah anda bahwa aplikasi pemutar musik Spotify memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan? silakan simak penjelasan saya di bawah ini untuk mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan aplikasi pemutar musik Spotify.

Kelebihan Aplikasi Pemutar Musik Spotify:

Saya akan mengawali untuk menjelaskan beberapa kelebihannya terlebih dahulu, jika anda sudah mengetahuinya silakan scroll ke bawah untuk melihat kekurangannya.

1. Tampilan Sederhana dan Ringan

Sepertinya pihak developer Spotify mengutamakan kemudahan pengguna untuk menggunakan aplikasinya daripada membuat tampilan yang menarik. Terbukti dengan tampilan berlatar belakang hitam dan teks putih sangat nyaman untuk dilihat oleh pengguna.

Pada saat membuka aplikasi juga tidak memakan waktu lama saat loading dikarenakan tampilan yang sederhana yang membuatnya menjadi sangat ringan. Jika anda memiliki smartphone dengan spesifikasi low-end jangan takut untuk menginstall Spotify.

2. Lagu Yang Berlimpah

Memang enggak bisa kita pungkiri bahwa aplikasi pemutar musik Spotify sudah menyediakan sangat banyak lagu. Saat ini jumlah lagu yang dapat di dengarkan sudah mencapai lebih dari 30 juta dan akan terus bertambah kedepannya.

Mulai dari lagu jadul hingga lagu-lagu trend saat ini sudah tersedia pada aplikasi pemutar musik Spotify. Enggak perlu bingung lagi mencari lagu, karena dengan menggunakan Spotify saja anda sudah bisa menemukan dan mendengarkannya.

3. Update Lagu Cepat

Jika ada sebuah lagu baru yang dikeluarkan oleh penyanyi atau band, tidak butuh waktu lama untuk mendengarkan lagu tersebut pada aplikasi pemutar musik Spotify. Anda hanya perlu menunggu beberapa hari bahkan beberapa jam setelah lagu tersebut rilis otomatis sudah terdapat di aplikasi Spotify.

Bagi anda yang ingin up-to-date dengan lagu-lagu terbaru baik lagu Indonesia ataupun barat, aplikasi yang satu ini sangatlah saya rekomendasikan.

4. Playlist Beragam

Buat yang suka bingung milih lagu untuk di dengar, tenang saja pada aplikasi Spotify terdapat sangat banyak playlist yang dapat kita dengar lagunya. Enggak cuma itu, playlist pada spotify juga bisa kita ikuti atau follow agar tidak perlu mencarinya lagi setiap ingin mendengarnya.

Selain itu terdapat juga Chart, di dalamnya terdapat lagu yang paling banyak didengar dan sedang viral baik itu di Indonesia ataupun Dunia. Bahkan pada aplikasi spotify kita juga dapat melihat lagu yang sedang hits dan viral dari berbagai negara, seperti Jepang, Belgium, Vietnam dan masih banyak negara lainnya.

5. Banyaknya Konten Podcast

Spotify bukan sekedar aplikasi yang digunakan untuk mendengar musik, tetapi terdapat juga podcast yang bisa di dengarkan oleh penggunanya. Ada banyak pilihan podcast dari yang menye-menye alias galau, komedi, zodiak hingga podcast motivasipun tersedia di spotify.

Jadi, ketika kita sedang bosan mendengarkan lagu, kita bisa mendengarkan bermacam-macam podcast pada aplikasi spotify. Enggak bakalan bosen sih menggunakan aplikasi ini, bisa berjam-jam dalam sehari.

Kekurangan Aplikasi Pemutar Musik Spotify:

Dari beberapa kelebihan di atas, aplikasi pemutar musik Spotify juga memiliki beberapa kekurangan. Beberapa kekurangan aplikasi pemutar musik Spotify akan saya jelaskan di bawah ini.

1. Harus Membayar Jika Ingin Menjadi Premium

Pada awal mengunduh dan menggunakan aplikasi Spotify maka otomatis akan mendapatkan trial premium selama 7 hari. Tetapi, jika masa trial tersebut sudah habis anda harus membayar sebesar Rp 49.990 untuk perbulannya.

Jika tidak menjadi premium akan muncul beberapa iklan disaat mendengarkan lagu dan anda tidak bisa menyimpan offline lagu. Untuk saat ini Spotify belum menyediakan layanan premium gratis dengan metode berbagi ke media sosial seperti aplikasi pesaingnya, JOOX.

2. Tidak Bisa Mengganti Theme

Dengan tampilan yang minimalis demi meringankan beban aplikasi, pihak developer tidak menyediakan fitur untuk mengganti theme pada Spotify. Maka dari itu aplikasi ini sangat tidak cocok bagi anda yang memiliki sifat bosenan pada saat melihat suatu hal terlalu sering.

Sangat berbeda dengan beberapa aplikasi pemutar musik pendatang baru, dimana user dapat mengganti theme sesuai dengan keinginan dengan mudah.

3. Tidak Memiliki Fitur Timer

Fitur timer yang berfungsi untuk menghentikan penggunaan aplikasi ataupun lagu sesuai waktu yang telah kita atur sangatlah berguna. Tetapi, sangat disayangkan aplikasi pemutar musik yang terbilang cukup populer ini tidak menyediakan fitur timer bagi penggunanya.

Seandainya telah tersedia fitur yang satu ini, bisa dipastikan Spotify menjadi aplikasi pemutar musik yang sangat sempurna. UPDATED, Fitur timer saat ini sudah tersedia pada aplikasi Spotify.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Aplikasi Pemutar Musik JOOX

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan aplikasi pemutar musik Spotify yang dapat saya rangkum. Jika teman-teman memiliki tambahan atau kritik bisa tuliskan pada kolom komentar. Terimakasih telah meluangkan waktu untuk membaca, jangan lupa bagikan ke sosial media yah!