Perbedaan iPhone iBox, Inter dan Distributor, Mana Yang Terbaik?

Perbedaan iPhone iBox, Inter dan Distributor, Mana Yang Terbaik?

Ari

iPhone adalah perangkat smartphone buatan Apple Inc. yang memiliki berbagai fitur untuk berkomunikasi, menjelajahi internet, mendengarkan musik, mengambil foto dan video, menjalankan aplikasi, serta dapat disinkronisasi dengan perangkat Apple lainnya.

Dilengkapi dengan fitur keamanan dan privasi yang kuat, seperti sidik jari dan pengenalan wajah, serta enkripsi data end-to-end pada pesan dan panggilan. Karena hal tersebut hingga saat ini masih menjadi unggulan dikalangan smartphone pesaingnya.

Pada sebagian Negara, iPhone dijual oleh berbagai pihak baik itu yang resmi bekerja sama dengan perusahaan Apple ataupun secara tidak resmi. Tidak jarang pengguna baru yang hendak membeli iPhone dibuat kebingungan karena masalah ini.

Harga menjadi tidak konsisten karena banyaknya pilihan, baik itu pilihan membeli di iBox, Internasional ataupun dari pihak Distributor. Bagi yang merasa kebingungan memilih karena masalah tersebut, Anda berada di artikel yang tepat.

Artikel ini dibuat untuk memberi penjelasan mengenai perbedaan iPhone dari iBox, Inter ataupun Distributor yang beredar di Indonesia.

Perbedaan iPhone iBox, Inter dan Distributor

Untuk mengetahui perbedaannya, saya akan menjelaskan satu per-satu mengenai iPhone iBox, Inter dan Distributor. Berikut adalah beberapa perbedaan beserta kekurangan dan kelebihan dari masing-masing jenis iPhone yang beredar dipasaran Indonesia.

1. iPhone iBox

iBox adalah reseller premium resmi produk-produk Apple di Indonesia yang menyediakan berbagai produk Apple, termasuk iPhone, iPad, MacBook, Apple Watch, dan aksesori lainnya.

Selain itu, iBox juga menyediakan layanan purna jual seperti perbaikan dan layanan garansi untuk produk Apple yang telah dibeli.

Dari penjelasan di atas dapat dipastikan jika iPhone dari iBox adalah original dan resmi dari Apple khusus untuk Indonesia.

iPhone iBox memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangannya:

Kelebihan:

  • Menyediakan produk Apple resmi dengan garansi resmi dan layanan premium.
  • Memiliki tanda berwarna hijau pada box bagian luar, serta kode region ditandai dengan PA/A. ID/A, dan FE/A yang bertanda resmi dari Indonesia.
  • Memiliki banyak cabang di berbagai kota dan dapat diakses secara online.
  • Proses klaim garansi yang sangat mudah dan cepat (pengalaman pribadi).

Kekurangan:

  • Harga produk Apple di iBox biasanya lebih mahal daripada harga di toko-toko elektronik lainnya.
  • iPhone terbaru biasanya tersedia sedikit lebih lama.

iBox tetap menjadi pilihan terbaik bagi mereka yang mencari produk Apple resmi dengan layanan premium yang berkualitas.

2. iPhone Inter

iPhone Inter biasanya dibeli oleh perorangan dari luar Indonesia lalu dibawa ke Indonesia. iPhone Inter perlu melakukan pendaftaran IMEI agar tidak diblokir dan dapat digunakan.

iPhone Inter memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda dari iPhone iBox. Berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangannya:

Kelebihan:

  • Harga sedikit lebih murah dibanding iPhone iBox.
  • iPhone varian terbaru tersedia lebih cepat di Indonesia.

Kekurangan:

  • Wajib Mendaftarkan IMEI iPhone secara mandiri, tidak boleh lebih dari 90 hari setelah masuk ke Indonesia.
  • Proses klaim garansi terbilang cukup lama.
  • Kode region tidak berasal dari Indonesia.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan jika hendak membeli iPhone Internasional di Indonesia. Utamakan membeli dari penjual terpercaya dan cek garansi iPhone ke situs resmi Apple apakah sudah sesuai dengan yang di informasikan.

3. iPhone Distributor

iPhone hanya didistribusikan secara resmi oleh reseller resmi yang telah ditunjuk oleh Apple Inc. Namun, terkadang masih ada beberapa pihak yang menjual produk iPhone secara tidak resmi di Indonesia.

Adapun kekurangan dan kelebihan iPhone Distributor tidak resmi yang ada di Indonesia sebagai berikut.

Kelebihan:

  • Harga jual yang relatif murah, bahkan jauh lebih murah dari produk resmi.
  • Ketersediaan produk melimpah, karena biasanya barang rekondisi/bekas yang diservis.

Kekurangan:

  • Kualitas dan kinerja produk tidak terjamin, terutama jika produk tersebut merupakan barang bekas atau rekondisi.
  • Kemungkinan produk tersebut tidak memiliki garansi resmi dari Apple.

Dilihat dari kelebihan dan kekurangan diatas, iPhone Distributor cocok bagi Anda yang hanya ingin sekedar gaya-gayaan tanpa melihat kualitas bagian dalam (mesin) iPhone.

Tetapi bagi yang membutuhkan kualitas terbaik disarankan untuk membeli produk iPhone resmi dari iBox atau Internasional agar mendapat garansi resmi dari Apple.

Pilihan Terbaik Saat Membeli iPhone

Jika ditanya mana yang terbaik, pastinya untuk masyarakat Indonesia iPhone iBox adalah yang terbaik. Karena sudah aman, terpercaya dan resmi bekerjasama dengan pihak Apple. Ditambah dengan adanya peraturan pemblokiran IMEI bagi iPhone yang tidak resmi belakangan ini.

Tetapi setiap orang bebas memiliki pilihan berbeda, jadi sesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Namun yang harus diperhatikan agar mendapat pilihan terbaik sebelum membeli iPhone diantaranya:

1. Pastikan IMEI Tidak diblokir

Sebagai masyarakat Indonesia wajib mengikuti peraturan yang berlaku. Pastikan saat membeli iPhone sudah memeriksa IMEI agar dapat menggunakan SIM-card dari Indonesia.

Jika sudah terlanjur diblokir akan sangat ribet saat hendak mengurusnya. Hal ini dapat mengakibatkan iPhone anda menjadi wifi only selamanya.

2. Periksa Kondisi iPhone

Kondisi fisik iPhone juga tidak kalah penting untuk diperiksa. Pastikan seluruh bagian tidak ada yang terlihat aneh.

Perhatikan setiap bagian dan detail-detail kecil sekalipun. Apabila ingin membeli iPhone bekas, tanyakan apakah iPhone pernah dibawa ke tempat reparasi atau tidak.

Bila perlu minta seluruh berkas/nota apabila iPhone yang hendak Anda beli pernah direparasi. Berhati-hati itu penting, karena semakin hari orang licik semakin banyak.

3. Ketahui Jenis Garansinya

Saat hendak membeli iPhone yang terpenting adalah mengetahui garansi dari iPhone tersebut. Walaupun masa garansi sudah habis, Anda wajib mengetahui jenis garansinya.

Karena dengan itu dapat menentukan harga jual dari iPhone. Apabila garansi distributor abal-abal biasanya harga jual akan jauh lebih murah.

Sangat disarankan jika hendak membeli iPhone bekas sekalipun carilah yang bekas garansi iBox atau iPhone Ex-Inter.

Akhir Kata

Mungkin itu saja yang dapat saya jelaskan mengenai Perbedaan iPhone iBox, Inter dan Distributor. Setiap jenisnya memiliki kekurangan dan kelebihan tersendiri, tentunya iBox menjadi pilihan terbaik di Indonesia.

Namun, tidak ada salahnya juga membeli iPhone selain di iBox. Semua tergantung pilihan masing-masing, jangan memaksakan jika memang belum menyanggupi. Sekian dan terima kasih telah membaca.

Add Comments

Freedom of speech
Cancel

Iklan atas artikel

Related Post