Ini Yang Terjadi Ketika Windows 11 Terinstall Virus Berbahaya

Perangkat komputer merupakan kebutuhan penting di era modern saat ini. Sangat banyak kegiatan yang semakin mudah dengan adanya bantuan komputer. Pastinya setiap komputer menggunakan sistem operasi agar dapat beroperasi, Windows 11 adalah yang paling canggih dan terbaru di tahun 2022 ini.

Dengan beragam fitur yang canggih dan dilengkapi Windows Defender, Firewall versi terbaru, tetap saja tidak menutup kemungkinan dapat tersusupi oleh virus berbahaya. Seperti judul dari sebuah film bertemakan Hacker, yaitu "Who Am I - No System is Safe" yang dapat diartikan tidak ada sistem yang aman.

Hacker selalu mempunyai cara tersendiri untuk merusak suatu sistem. Salah satunya menggunakan virus yang banyak bertebaran di Internet. Untuk mencegah komputer terkena virus, sangat disarankan pengguna tidak mengunduh file sembarangan dari Internet.

Salah satu Youtuber dengan nama channel Crypto NWO membuat sebuah konten eksperimen menginstall berbagai virus berbahaya di Windows 11. Tentunya ini sangat menarik guna menambah pengetahuan tentang virus. Berikut adalah isi videonya yang sudah saya rangkum menggunakan Bahasa Indonesia.

Apa Yang Terjadi Jika Windows Terinstall Virus?

Untuk meningkatkan kewaspadaan, berikut adalah beberapa gambaran hal yang akan terjadi apabila komputer/laptop dengan sistem operasi Windows 11 terkena virus berbahaya.

1. No Escape

No Escape

Pada saat pertama kali terinstall virus No Escape, Windows akan memulai ulang dengan sendirinya lalu tampilan akan berubah menjadi berwarna merah layaknya neraka. Tampilan awal akan otomatis terkunci dengan password yang tidak kita ketahui. Seperti dari namanya yang dalam Bahasa Indonesia berarti tidak ada jalan keluar.

Jika password berhasil terbuka tetap saja Windows 11 telah dirusak oleh virus ini. Seluruh file menjadi aneh dengan teks tidak beraturan dan tombol, mouse pad fungsinya berubah, seperti klik kanan menjadi klik kiri dan sebaliknya.

2. Horror Trojan

Horror Trojan

Seperti nama yang diberikan ke virus ini yang artinya menyeramkan, saat virus ini menginfeksi komputer akan bermunculan pop up gambar yang sangat seram. Selain itu layar deskop pada komputer akan menampilkan banyak shortcut aneh. Ditambah dengan sound layaknya suara hantu bersuara melalui speaker dengan sendirinya.

Tidak lama setelah virus ini terinstall akan memulai ulang komputer dengan sendirinya. Bukannya virus menghilang namun hal yang sangat buruk terjadi, komputer tidak bisa memulai ulang dan diarahkan ke halaman boot. Dimana itu menandakan Windows 11 sudah rusak sepenuhnya.

3. TeletubbiesExe

TeletubbiesExe

Tidak seperti namanya yang mengingatkan kita kepada serial televisi dimasa kecil yang lucu dan menggemaskan. Apabila virus ini terinstall pada komputer milik Anda, hal yang sangat creepy akan akan terjadi.

Pertama dibagian pojok kiri atas layar akan muncul tampilan berwarna warni layaknya televisi rusak. Bukan hanya itu, sound mengerikan juga akan mengganggu gendang telingamu jika memakai earphone wajib dilepas!

4. Windows 11 Death Edition

Windows 11 Death Edition

Virus yang satu ini khusus dibuat untuk Windows 11, dimana saat terinstall Windows akan memunculkan sangat banyak pop up yang berisikan tulisan "There is no escape!". Tentunya ini menjadikan komputer tidak dapat digunakan sama sekali.

Bukan hanya itu saja, ketika komputer dimulai ulang berharap virus menghilang. Tetapi yang terjadi malah sebaliknya, Windows sepenuhnya rusak dan diarahkan ke halaman boot.

5. RORANOTEDKSID Destructive

Roranotedksid

Hal pertama yang terjadi saat virus ini terinstall adalah munculnya gambar lucu dengan sound creepy. Dilanjutkan dengan terbukanya browser yang otomatis mencari keyword "help me my computer has a virus".

Tidak selesai sampai disana karena selanjutnya layar komputer akan dipenuhi berbagai gambar aneh dan menyeramkan. Komputer juga membuka berbagai menu dengan sendirinya dimana hal ini sangatlah menakutkan.

6. Phosgene

Phosgene

Saat virus ini terinstall maka Windows akan menjalankan berbagai animasi aneh dengan sound yang creepy. Saat animasi berlangsung komputer sama sekali tidak dapat digunakan.

Kurang dari 5 menit setelah animasi selesai komputer akan otomatis memulai ulang dan diarahakan ke boot menu, dimana itu artinya Windows 11 sudah dirusak sepenuhnya.

Kesimpulan

Jika Windows 11 sudah terkena virus yang berbahaya, sangat sulit untuk untuk menyelamatkannya. Mungkin hanya ada 1 cara, yaitu dengan menginstall ulang Windows. Tentunya hal ini dapat merugikan pengguna, karena data yang tersimpan sebagian besar akan hilang.

Maka dari itu selalu waspada dalam menjelajah Internet, karena di dalamnya sangat luas dan banyak bahaya virus yang dapat mengancam.

Jangan lupa selalu mengaktifkan Real Time Protection dan Windows Defender untuk mengamankan perangkat komputer Anda.