Cara Mengetahui Komputer 32bit/64bit Serta Kekurangan dan Kelebihannya

Cara Mengetahui Komputer 32bit atau 64bit Serta Kekurangan dan Kelebihannya - Kalian pasti pernah penasaran dengan berapa bit system operasi windows pada komputer atau laptop kalian. Sebenarnya cara mengetahui system operasi 32bit atau 64bit sangatlah mudah, namun bagi para pemula atau yang baru memiliki komputer sendiri dan penasaran dengan caranya arikadnyana.com akan membahasnya pada artikel ini. Sebelum melangkah untuk mengetahui berapa bit komputer atau laptop kalian, pastikan kalian tau apa itu bit. Berikut ini pengertian dari bit agar kalian lebih mudah memahami tutorial kali ini.

Pada sistem komputer, jumlah bit merupakan ukuran data yang dialirkan  dan merupakan kapasitas dari registri database yang dipakai untuk menyimpan informasi. 1 bit terdiri dari dua nilai komputasi, yaitu 1 dan 0.  Prosesor komputer atau laptop dengan kapasitas 32 bit bisa menampung 64 nilai komputasi. Sedangkan prosesor komputer atau laptop 64 bit dapat menampung sampai 256 nilai komputasi, bisa dikatakan bahwa prosesor 64 bit menampung 4 kali lebih banyak dari 32 bit.

Mengetahui Komputer 32bit atau 64bit Beserta Kekurangan dan Kelebihannya

Setelah kalian sudah mengetahui apa itu bit pada komputer atau laptop, sekarang kita langsung saja bahas cara mengetahui berapa bit sih komputer atau laptop yang sering kita gunakan dan apa saja kelebihan dan kekurangan dari bit tersebut, silahkan kalian simak baik-baik artikel di bawah ini.

Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengetahui berapa bit system operasi pada komputer atau laptop kalian, kita mulai saja dari cara yang paling mudah. Cara ini bisa kalian terapkan pada semua jenis Windows, dari windows XP,7,8,8.1 dan windows 10.

Cara pertama mengetahui berapa bit system operasi yang kita gunakan melalui properties pada My Computer atau This PC pada windows 10.

1. Pertama nyalakan komputer atau laptop kalian.
2. Lalu pada shortcut Computer, kalian klik kanan lalu pilih menu Properties.
3. Maka akan muncul tab baru yang memberikan info tentang komputer kalian, kalian lihat pada menu System type, kalian akan melihat berapa bit system operasi komputer kalian.

Cara kedua untuk mengetahui berapa bit system oeprasi yang kita gunakan pada komputer kita, cara ini hampir mirip dengan cara di atas, tapi cara ini agak lebih ribet. Kalian penasaran? simak saja langsung caranya di bawah ini.

1. Klik start / logo windows lalu ketikan Control Panel, lalu akan muncul menu Control panel kalian  klik saja menu tersebut.
2. Kalian akan melihat beberapa menu pilihan, kalian masuk ke menu System and Security yang terledak di atas.
3. Setelah kalian masuk pada menu System and Security kalian akan melihat beberapa menu pilihan lagi, kalian cari menu System dan klik menu tersebut.
4. Maka akan muncul tab baru yang memberikan informasi tentang system operasi laptop kalian, jika kalian ingin mengetahui berapa bit komputer kalian, lihat saja pada menu System type.

Cara ketiga untuk mengetahui berapa bit system operasi yang kalian gunakan pada komputer, cara ini yang paling ampuh dan memberikan informasi yang detail, Selain memperlihatkan system operasi yang kita gunakan, dengan cara ini kita juga dapat melihat VGA yang kita gunakan dan berapa total memory VGA kita, langsung saja simak caranya di bawah ini.

1. Klik start / logo windows lalu ketikan dxdiag lalu akan muncul menu dxdiag yang berlogo tanda X berwarna kuning dan background biru kalian  klik saja menu tersebut.
2. Maka akan muncul tab kecil yang berisi detail spesifikasi komputer atau laptop kalian, untuk mengetahui berapa bit system operasi yang kalian gunakan, kalian lihat pada menu Operating System yang terletak di bawah menu Computer Name.
3. Sedangkan jika kalian ingin mengetahui VGA dan total memori VGA, kalian hanya perlu pindah ke munu Display.
Itulah cara mengetahui berapa bit system operasi yang kalian gunakan, sekarang saatnya kita membahas apa sih kekurangan dan kelebihan dari 32bit dan 64bit? Kita langsung saja bahas beberapa kekurangan dan kelebihan menggunakan system operasi 32bit dan 64bit.

Kelebihan System Operasi 32bit :
  • Lebih kompatibel dengan driver yang lebih lama, jika kalian memiliki komputer jadul sebaiknya memilih system operasi 32bit ini.
  • Dapat bekerja dengan optimal meski hanya dengan RAM yang kecil.
  • Bisa menjalankan beragam software dan aplikasi yang berbasis 16bit.
Kekurangan System Operasi 32bit :
  • Tidak bisa menggunakan RAM lebih dari 4GB, jika kalian gamers sebaiknya jangan menggunakan System Operasi 32bit ini.
  • Jarang ada software baru yang kompatibel dengan system operasi 32bit.
  • Tidak bisa menggunakan software berat.
  • Tidak bisa mnjalankan software yang berbasis 64bit.
Kelebihan System Operasi 64bit :
  • Bisa menjalankan software yang berbasis 32 bit.
  • Mampu membuat kinerja prosesor lebih optimal.
  • Cocok untuk menjalankan software terbaru yang mengutamakan grafis, seperti Game, software editing video, foto dan lain-lain.
Kekurangan System Operasi 64bit :
  • Ukuran lebih besar dari 32bit.
  • Tidak cocok untuk kompter atau laptop jadul.

Baca juga: Cara Main Game Pakai Stick PS3 di Android Asus Zenfone 5

Itulah artikel tentang cara mengetahui windows komputer berbasis 32bit atau 64bit beserta kekurangan dan kelebihannya. Jika meurut kalian artikel ini bermanfaat jangan lupa untuk bagikan ke jejaring sosial kalian dan kalau ada pertanyaan seputar artikel ini jangan malu untuk berdiskusi di kolom komentar di bawah, terimakasih sudah meluangkan waktu untuk berkunjung.


Show EmoticonHide Emoticon