Copy Paste Teks Dari HP Android ke Laptop (Windows) Dengan Swiftkey

Copy Paste Teks Dari HP Android ke Laptop (Windows) Dengan Swiftkey

Ari

Perkembangan teknologi kian hari meningkat begitu pesat, perusahaan saling berlomba untuk menemukan fitur canggih yang dapat membantu pengguna pada layanannya. Microsoft adalah salah satu perusahaan terdepan, banyak teknologi yang telah diciptakan dan terbukti berhasil membantu kegiatan banyak orang. Belakangan Microsoft mengembangkan aplikasi untuk smartphone yang bernama Microsoft Swiftkey Keyboard.

Tentunya terdapat fitur menarik karena pengguna dapat melakukan sinkronisasi saat menggunakan aplikasi Swiftkey bersamaan dengan Microsoft Windows. Fitur yang sangat membantu pengguna Android dan Windows, karena dapat dengan mudah menyalin dan menempelkan teks dari hp ke laptop tanpa perlu repot mengirim file terlebih dahulu.

Banyak pekerjaan yang terbantu dengan adanya fitur ini, seperti Jurnalis, Content Creator, Blogger dan berbagai pekerjaan lain yang melibatkan penggunaan Android dan Windows.

Sayangnya masih banyak pengguna yang belum mengetahui bagaimana cara menggunakan fitur ini, simak tutorial berikut unuk mengetahuinya.

Cara Copy Paste Teks Dari Android ke Windows Dengan Swiftkey Keyboard

Sebelum beralih ke cara melakukannya, pastikan perangkat memenuhi syarat untuk melakukannya. Berikut syarat untuk menggunakannya:

Itu adalah syarat wajib yang harus dipenuhi, jika sudah siap bisa langsung ikuti langkah demi langkah dibawah ini.

1. Pengaturan di Komputer/Laptop Windows

Agar fitur ini dapat bekerja langkah pertama adalah mengaktifkan Universal Cloud Clipboard di Windows 10 atau 11. Caranya cukup mudah, pergi ke Settings > System > Clipboard lalu aktifkan “Clipboard history” dan “Sync across devices”.

Selanjutnya, pilih opsi “Automatically sync text that I copy”. Selesai, clipboard sharing sekarang sudah diaktifkan pada Laptop.

2. Pengaturan di Smartphone Android

Langkah pertama pastinya mengunduh dan pasang aplikasi Swiftkey Keyboard lalu jadikan sebagai default keyboard. Setelah itu lanjut ke Pengaturan, pilih Rich Input > Clipboard lalu aktifkan “Sync clipboard history”.

Pastikan juga mengaktifkan “Show last copied item as quick paste option on prediction bar” fitur yang dapat membantu dalam proses copy dan paste.

Catatan: Menggunakan cara ini memerlukan akun Microsoft, jadi pastikan Anda sudah memilikinya dan sudah login di kedua perangkat.

Cara Alternatif Lainnya (Manual)

Apabila tidak mau repot atau salah satu syarat belum terpenuhi bisa menggunakan cara manual. Anda bisa memanfaatkan pengiriman pesan Google Mail dan Media Sosial.

Caranya cukup mudah, untuk Google Mail anda hanya perlu mengirimkan pesan berupa teks atau file menuju ke alamat Gmail milik sendiri.

Begitu juga dengan Media Sosial, Anda dapat memanfaatkan aplikasi pesan teks seperti Whatsapp, Telegram atau Facebook.

Yang paling mudah dan dapat diakses melalui web adalah Facebook, anda bisa login dengan akun yang sama di Android dan Laptop lalu mengirim pesan teks yang ingin disalin.

Akhir Kata

Itulah cara mudah copy dan paste teks dari Android ke Laptop dengan OS Windows. Memang sedikit rumit dalam tahap pemasangan, tetapi fitur ini akan sangat memudahkan untuk penggunaan kedepannya.

Apabila masih kesulitan mengikuti langkah-langkah di atas bisa langsung tanyakan pada kolom komentar. Sekian semoga pembaca dapat terbantu dengan adanya artikel ini, terimakasih.

Add Comments

Freedom of speech
Cancel

Iklan atas artikel

Related Post