Cara Setting Dual Analog dan Tombol L3/R3 di ePSXe Android

Banyak para gamers veteran kini lebih senang menghabiskan waktu untuk bermain game di perangkat Smartphone. Terkadang hanya sekedar iseng bernostalgia memainkan game jadul menggunakan emulator ePSXe untuk mengenang era Playstation 1. Game di era tersebut sangat sulit dilupakan karena cerita yang memorable dan musik yang menyejukan hati. Bahkan banyak juga para streamer dan content creator terkenal memainkannya.

Kontrol dalam emulator ePSXe Android pastinya menjadi kendala bagi sebagian gamers yang belum terbiasa. Pada ePSXe kontrol bawaanya adalah menggunakan tombol arah yang sudah tidak pernah digunakan oleh game modern saat ini. Tentunya hal ini menjadi kesulitan tersendiri, karena perlu untuk menyesuaikan kembali menggunakan kontrol arah saat ingin bermain.

Cara Setting Dual Analog ePSXe Android

Jika ingin menggunakan analog pada saat bermain di emulator ePSXe, harus mengaturnya terlebih dahulu. Banyak pengguna yang masih kebingungan bagaimana cara mengubah tombol arah menjadi analog di ePSXe Android. Hal tersebut karena pengaturan pada aplikasi sedikit membingungkan, langsung saja ikuti langkah demi langkah mengubah tombol arah menjadi analog dibawah ini.

1. Mengubah Pengaturan Jadi DualShock

Memunculkan Analog ePSXe

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengubah pengaturan Input Player yang bawaannya Digital Only menjadi DualShock. Silakan ikuti langkah di bawah ini untuk cara mengubahnya:

  • Pertama buka aplikasi ePSXe lalu ke menu Preferences atau Pengaturan.
  • Akan menampilkan banyak pilihan menu, tekan menu Input Preferences yang icon Stick Playstation.
  • Terakhir masuk ke menu Player 1 dan ganti Pad Type PSX menjadi DualShock.

Kurang lebih seperti itu cara mengganti pengaturan Digital Only menjadi DualShock di ePSXe, apabila masih kurang jelas bisa tekan dan lihat gambar di atas.

2. Mengatur Posisi Tombol dan Analog

Atur Posisi Analog ePSXe

Langkah kedua yaitu mengatur posisi dan ukuran tombol yang dibutuhkan agar lebih nyaman saat bermain. Caranya cukup mudah, masih di Input Preferences lalu tekan menu Config screen buttons dan pilih menu Gamepad Skin Editor (Landscape atau Portrait sesuaikan dengan kebutuhan anda).

Bila sudah terbuka langkah pertama anda harus menekan Swap Mode untuk mengubah tampilan dan memunculkan analog. Nantinya tampilan akan seperti gambar di atas (Landscape), silakan geser posisi tombol agar sesuai dengan keinginan.

Apabila masih kesusahan dalam mengaturnya, berikut sedikit penjelasan mengenai fungsi menu yang terdapat di bagian atas layar:

  • Tanda [ - ] berfungsi untuk memperkecil ukuran tombol.
  • Tanda [ + ] berfungsi untuk memperbesar ukuran tombol.
  • Hide Show berfungsi untuk menyembunyikan atau menampilkan tombol, apabila saat mengatur tombol terdapat tanda X itu artinya tombol tidak akan terlihat saat bermain.
  • Undo All berfungsi untuk mengembalikan ke pengaturan awal.
  • Swap Mode berfungsi untuk mengubah tampilan menjadi kontrol Digital / DualShock.
  • Save & Exit berfungsi untuk menyimpan dan keluar dari tampilan pengaturan kontrol.

Itulah sedikit penjelasan mengenai fungsi dari menu dalam pengaturan kontrol di ePSXe Android. Mudah-mudahan dengan adanya penjelasan diatas dapat membantu anda menyesuaikan kontrol.

3. Bermain Dengan Analog di ePSXe Android

Main Ape Escape di ePSXe Android Dengan Analog

Sekarang waktunya coba untuk memainkan game setelah mengubah pengaturan menjadi DualShock dan mengatur kontrolnya. Saat memulai permainan akan terdapat 1 tombol tambahan yang berfungsi untuk mengubah tampilan kontrol menjadi Digital (Tombol arah biasa) ataupun DualShock (Analog).

Tombol itu berbentuk kotak yang letaknya di samping tombol Start dengan warna yang sedikit lebih cerah dari tombol lainnya. Dengan menekan tombol tersebut dapat mengubah tampilan kontrol menjadi Digital ataupun DualShock seperti gambar di atas.

Akhir Kata

Perlu di ingat bahwa tidak semua game dapat dimainkan menggunakan analog pada ePSXe. Beberapa game yang tidak bisa menggunakan analog contohnya, Metal Slug dan Yu-Gi-Oh! Forbidden Memories. Sedangkan game yang direkomendasikan menggunakan analog contohnya, Crash Team Racing (CTR), Ape Escape, Nascar Rumble dan game balapan lainnya.

Sepertinya itu saja yang dapat saya jelaskan mengenai cara mudah mengatur dan memunculkan analog di emulator ePSXe Android. Apabila masih kurang jelas atau ingin memberikan masukan bisa tuliskan di kolom komentar. Sekian untuk artikel kali ini semoga dapat bermanfaat, terima kasih.