Cara Main Game PS1 di Android Menggunakan Emulator ePSXe

Cara Main Game PS1 di Android Menggunakan Emulator ePSXe

Ari

Siapa yang tidak tahu dengan smartphone berbasis Android sekarang ini, Android merupakan sistem operasi berbasis Linux yang dirancang untuk perangkat bergerak layar sentuh seperti smartphone, komputer dan tablet. Android awalnya dikembangkan oleh Android, Inc., dengan dukungan finansial dari Google, yang kemudian membelinya pada tahun 2005.

Pada sistem operasi Android ini, kalian bisa menginstall beragam aplikasi yang salah satunya aplikasi ePSXe ini, aplikasi ePSXe ini adalah emulator PlayStation satu sehingga kalian dapat bermain dan menikmati permainan PlayStaion satu dari PC ataupun Android kalian.

Aplikasi ini sangat mudah digunakan dan dikonfigurasi, kalian akan dapat bermain game PS1 atau PSX dalam hitungan detik. Jika kalian masih tidak tahu cara memainkan game PS1 di Android pada kesempatan kali ini arikadnyana.com akan menjelaskannya secara detail, silahkan kalian simak caranya dibawah ini.

Cara Main Game PS1 di Android

Cara Main Game PS1 Di Android Menggunakan ePSXe

Dibutuhkan aplikasi yang bernama ePSXe agar dapat memainkan game PS1 pada perangkat smartphone Android. Anda dapat mengunduhnya pada Google Play bila belum memilikinya, jika sudah lanjut ikuti langkah dibawah.

File Yang Wajib Diunduh

Sebelum kalian mengikuti langkah-langkah untuk memainkan game PS1 di Android pastikan kalian sudah menyiapkan bahan-bahan yang di perlukan, yaitu:

  • Aplikasi ePSXe untuk Android, kalian bisa mendownloadnya di PlayStore, aplikasi ini berbayar, jadi kalian harus membayarnya jika ingin menggunakan aplikasi ini.
  • File Bios ePSXe Bios ini sangat penting, jika tidak ada file ini maka kalian tidak bisa menjalankan game PS1 di Android kalian.
  • File game yang ingin kalian mainkan, bisa berformat .iso ataupun .bin.

Langkah Menjalankan Game di Aplikasi

Jika kalian sudah menyiapkan bahan-bahan yang di perlukan, sekarang kalian simak cara agar bisa memainkan game PS1 pada android kalian.

  1. Pastikan kalian sudah memiliki aplikasi ePSXe yang bisa kalian unduh di PlayStore.
  2. Jika sudah memiliki aplikasinya, kalian buka aplikasi ePSXe maka akan ada beberapa menu, yaitu menu :
    • Run Game, menu ini digunakan untuk menjalankan game yang berformat .iso ataupun .bin.
    • Run Bios, menu ini digunakan untuk menjalankan Bios, kalian bisa menggunakan menu ini untuk menghapus save-savean game kalian semisal memori card kalian sudah penuh.
    • Multiplayer, nah menu ini hanya ada untuk verse terbaru ePSXe. Menu ini digunakan untuk bermain secara multiplayer atau online, namun bermain PS1 online masih versi beta dan masih banyak bug, saya sarankan jangan main online dulu.
    • Preferences, menu ini digunakan untuk melakukan setting pada ePSXe, kalian bisa mengatur resolusi, volume dan letak tombol stick pada saat memainkan game.
    • Help, menu ini digunakan untuk melihat User Guide, mengirim email support untuk ePSXe, mengirim email saran, dan About dari ePSXe.
    • Quit, menu ini digunakan untuk keluar dari aplikasi ePSXe.
  3. Setelah bahan-bahan sudah siap semua, kalian tinggal memilih menu Run Game, maka akan tampil game-game PS1 yang kalian punya, kalian tinggal mengklik salah satu game yang ingin kalian mainkan.
  4. Selesai maka game yang sudah kalian klik akan terbuka dan sudah bisa untuk di mainkan.
  5. Kalau kalian ingin berhenti main game, kalian tinggal mengklik tombol back di Android kalian, maka akan muncul beberapa menu, kalian klik Quit.

Baca juga: Cara Main Game Doodle Fruit Google di Android

Penutup

Sedikit catatan, jika kalian masih bingung kalian bisa melihat tutorial bergambar di atas, dengan cara mengklik gambar tersebut untuk memperbesar.

Sekian artikel kali ini semoga bermanfaat untuk kalian, jangan lupa untuk share ke jejaring sosial kalian agar lebih banyak orang yang tahu, terimakasih sudah meluangkan waktu untuk berkunjung.

Add Comments

Freedom of speech
Cancel

Iklan atas artikel

Related Post