Cara Menghapus Foto atau Video Profil TikTok di Android dan iPhone

Cara Menghapus Foto atau Video Profil TikTok di Android dan iPhone

Ari

Aplikasi TikTok sangat populer bagi kalangan muda saat ini, sangat banyak fitur unik yang tersedia pada aplikasinya. Selain itu pengguna juga dapat memasang foto profil layaknya media sosial lain. Tetapi pada aplikasi TikTok terdapat fitur yang tidak tersedia untuk menghapus foto profil, entah ini disengaja atau tidak disengaja oleh pihak developer.

Tentunya hal tersebut dapat mengganggu kenyamanan bagi pengguna apabila hendak menghapus foto profil yang telah terpasang. Biasanya pengguna memiliki alasan tersendiri untuk menghapus foto profil yang telah terpasang.

Tenang saja, bagi pengguna dapat menggunakan trik untuk menghapus foto profil yang telah terpasang sebelumnya. Ini mungkin kabar gembira bagi para introvert yang terlanjur memasang foto profil di aplikasi TikToknya.

Pilihan Hapus Foto memang tidak tersedia pada aplikasi TikTok. Sebagai solusinya anda dapat mengganti foto profil yang sebelumnya menggunakan foto profil kosong. Anda dapat mengambil tangkapan layar pada akun yang foto profilnya kosong.

Cara Mudah Hapus Foto Profil TikTok

Pengguna baru sering kali kesulitan saat hendak menghapus foto profilnya. Berikut adalah solusi bagi yang masih kesulitan untuk menghapus foto profil di aplikasi TikTok, bisa ikuti langkah demi langkah dibawah ini.

1. Buka Aplikasi TikTok

Langkah pertama yang pastinya harus dilakukan adalah membuka aplikasi pada perangkat smartphone. Caranya, anda hanya perlu menekan ikon atau logo TikTok pada layar smartphone masing-masing.

2. Masuk ke Menu Profil

Pada saat pertama kali membuka aplikasi Tiktok pastinya akan muncul iklan terlebih dahulu. Swipe up iklan tersebut lalu beralih atau masuk ke halaman profil akun yang anda gunakan.

Caranya amat mudah, anda hanya perlu menekan menu Profil yang letaknya ada di bagian pojok kanan bawah. Menu Profil ditandai dengan ikon profil kosong.

3. Tekan Edit Profil

Setelah ditekan anda akan menuju ke halaman Edit profile, dibagian paling atas terdapat pilihan Change photo dan Change video. Silakan anda tekan salah satu diantara 2 pilihan tersebut, pilih yang ingin dihapus.

4. Menghapus Foto

Setelah anda menekan Change photo dan ingin menghapus foto profil, tidak akan ada pilihan untuk menghapus foto. Solusinya adalah dengan menggunakan pilihan Select from Gallery lalu mengunggah foto profil kosong yang bisa anda unduh dibawah ini.

Profil Kosong TikTok

Silakan simpan foto diatas lalu pilih untuk menjadikan foto profil akun TikTok anda. Foto ini adalah default yang dapat anda gunakan untuk menjadikan foto profil kosong.

5. Menghapus Video

Bagi yang hendak menghapus profil video pada TikTok anda tidak perlu lagi menggunakan cara Select from Gallery. Karena pada saat hendak menghapus video sudah tersedia menu pilihan Hapus video yang dapat anda gunakan.

Tidak Bisa Mengganti atau Menghapus Foto Profil TikTok?

Tidak jarang pengguna mengalami kendala yang menyebabkan tidak bisa mengganti atau menghapus foto profil pada akun TikTok miliknya. Ada beberapa solusi yang bisa diterapkan guna mengatasi permasalah yang satu ini.

1. Permasalahan Jaringan

Penyebab utama bagi yang mengalami kendala saat ingin mengganti foto profil biasanya adalah koneksi internet. Pastikan koneksi yang anda gunakan sudah baik dan dapat digunakan untuk mengunggah foto.

Apabila koneksi yang digunakan tidak stabil dan terbilang lemot, maka akan sulit untuk mengupload foto ataupun video. Solusi bila mengalami masalah ini adalah mengganti APN pada smartphone atau mengganti koneksi yang digunakan.

2. Akun Bug atau Glitch

Sebuah aplikasi tidak ada yang sempurna, pasti ada saja kendala atau error yang dialami pada saat menggunakan sebuah aplikasi. Apabila kendala tersebut terjadi pada akun TikTok anda, solusi pertama adalah melakukan pengecekan update pada Playstore atau App Store.

Pastikan aplikasi sudah pada versi terbaru guna meminimalisir terjadinya bug atau glitch. Sudah di versi terbaru namun tetap tidak bisa mengganti ataupun menghapus foto profil TikTok? solusi terbaik adalah melaporkan permasalahan ke pihak TikTok.

Caranya cukup mudah, ikuti langkah demi langkah cara untuk melaporkan permasalahan pada akun TikTok dibawah ini.

  • Buka aplikasi TikTok lalu ke halaman Profil.
  • Lalu tekan ikon titik 3 dibagian pojok kanan atas.
  • Akan dialihkan ke halaman Settings and privacy, gulir kebawah temukan dan tekan menu Report a Problem.
  • Selanjutnya tekan ikon kertas dan pensil dibagian pojok kanan atas sebanyak 2 kali, lalu tuliskan kendala yang dialami.

Berikut adalah contoh keluhan yang dapat anda tuliskan pada saat melaporkan masalah ke pihak TikTok, seperti gambar dibawah ini.

Laporkan Masalah TikTok

Anda dapat menuliskan dengan berbagai bahasa, saya merekomendasikan untuk menggunakan bahasa Inggris atau Indonesia. Selain itu anda juga dapat menambahkan gambar Screenshot kendala yang terjadi di akun TikTok.

Kesimpulan

Kurang lebih itu saja yang dapat saya jelaskan pada artikel cara menghapus foto profil di aplikasi TikTok. Sebenarnya ini hanyalah trik belaka, karena pihak TikTok tidak menyediakan opsi untuk menghapus foto profil.

Bila permasalahan yang anda alami belum dapat teratasi, silakan ceritakan pada kolom komentar. Sekian dan terima kasih semoga dapat bermanfaat dan jangan lupa bagikan ke media sosial.

Add Comments

Freedom of speech
Cancel

Iklan atas artikel

Related Post