Cara Simpan Replay Mobile Legends ke Galeri, Terlengkap dan Bisa 60fps!

Disaat pandemi melanda dan mewajibkan masyarakat untuk berdiam diri dirumah. Game adalah solusi terbaik guna menghibur dikala penat bekerja atau sekolah online. Mobile Legends merupakan game favorite kalangan muda belakangan ini. Game MOBA dengan format 5 vs 5 ini sangat seru untuk dimainkan sendiri ataupun bersama teman.

Pada game Mobile Legends pemain dapat membuat team ataupun bermain dengan pemain acak dan melakukan pertandingan 5 vs 5. Durasi setiap pertandingan sangat beragam, tergantung dari kekuatan masing-masing team. Biasanya paling cepat berkisar 10 menit dan yang paling lama bisa memakan waktu hingga 30 menit bahkan bisa juga lebih.

Riwayat setiap pertandingan yang telah diselesaikan dapat kita lihat dan simpan ke galeri smartphone. Fitur ini dinamankan Replay, biasanya digunakan untuk mengevaluasi gameplay dari setiap pertandingan.

Apabila anda ingin mengembangkan kemampuan dan masuk ke pro scene game Mobile Legends, tentunya fitur ini sangat bermanfaat. Anda bisa dengan mudah menganalisa kesalahan yang dilakukan oleh salah satu anggota team pada pertandingan sebelumnya.

Selain itu, fitur Replay juga bermanfaat bagi para konten creator TikTok, Instagram ataupun YouTube. Karena tidak perlu takut akan kehilangan momen unik yang lupa terekam pada saat pertandingan.

Cara Simpan Replay Mobile Legends ke Galeri

Hingga saat ini hanya ada 2 cara yang dapat diterapkan untuk menyimpan rekaman dari replay pada game Mobile Legends, silakan gunakan cara yang menurut anda paling mudah. Simak caranya di bawah ini:

1. Tanpa Aplikasi Tambahan

Ditahun 2021 setiap smartphone pastinya sudah disediakan perekam layar yang langsung dapat digunakan tanpa melakukan pengunduhan. Cara penggunaan perekam layar bawaan pada setiap jenis smartphone tentunya berbeda, pada artikel ini saya menggunakan smartphone Android dengan merek Oppo.

  1. Nyalakan smartphone lalu buka Settings, gulir ke bawah temukan dan tekan menu Additional Settings.
  2. Akan terdapat banyak pilihan menu, cari dan tekan menu Screen recording lalu atur kualitas rekaman sesuai kebutuhan anda.
  3. Bila sudah diatur, buka game Mobile Legends lalu ke Profil, selanjutnya tekan menu Battlefield dan pilih submenu Replay.
  4. Sebelum memilih pertandingan yang akan direkam, jalankan Screen recording terlebih dahulu. Caranya, swipe dari atas ke bawah layar smartphone dan tekan logo yang bertuliskan Screen recording.
  5. Apabila berhasil akan terdapat beberapa ikon melayang di layar, tekan ikon lingkaran merah untuk mulai merekam dan pilih pertandingan yang diinginkan.
  6. Selesai, tunggu hingga pertandingan selesai lalu tekan ikon kotak merah untuk berhenti merekam.

Replay pertandingan game Mobile Legends hanya akan menyimpan 5 riwayat pertandingan terakhir. Tetapi, anda dapat memilih 10 replay terbaik untuk disimpan selamanya pada riwayat Replay.

Itulah cara merekam layar dengan fitur screen recording bawaan pada perangkat Android. Apabila anda pengguna iPhone, bisa ikuti tutorial merekam layar di iPhone.

2. Dengan Aplikasi Screen Recording

Apabila smartphone yang anda gunakan tidak tersedia fitur screen recording bawaan, anda harus mengunduhnya secara manual. Saat ini sudah banyak sekali aplikasi screen recording yang bagus dan gratis.

Beberapa aplikasi screen recording yang saya rekomendasikan untuk merekam replay game Mobile Legends, yaitu:

  • Screen Recorder
  • Mobizen
  • GU Screen Recorder
  • ADV Screen Recorder
  • AZ Screen Recorder

Menurut saya aplikasi di atas adalah yang terbaik untuk saat ini, silakan pilih salah satu dan gunakan untuk merekam replay Mobile Legends. Untuk cara penggunaannya kurang lebih sama seperti screen recording bawaan smartphone.

Agar Replay Mobile Legends Tersimpan 60fps

Pada fitur Replay terkadang fps menjadi drop dan tidak mencapai 60fps, melainkan hanya 30fps. Hal tersebut bisa terjadi karena replay dipercepat menjadi 2x, 3x ataupun 4x lalu dikembalikan menjadi kecepatan normal.

Itulah penyebab yang membuat video hasil replay hanya mendapat 30fps saja. Cara agar mendapat 60fps adalah dengan tidak mempercepat replay, gunakanlah kecepatan normal yaitu 1x dan pastikan mode HFR dan Pengoptimalan FPS sudah aktif.

Bila video masih belum terasa 60fps, anda bisa coba untuk menurunkan kualitas grafis di menu Settings. Dikarenakan sedang melakukan perekaman layar kinerja smartphone menjadi berat, maka dari itu solusinya adalah menurunkan kualitas grafis agar fps tetap tinggi.

Solusi Replay Error dan Tidak Bisa Dilihat

Tidak jarang fitur replay pada game Mobile Legends mengalami error yang menyebabkan pemain tidak dapat melihatnya. Tentunya ini sangat menyebalkan, apalagi jika didalam replay tersebut terdapat momen yang jarang ditemui.

Penyebab error replay game Mobile Legends biasanya disebabkan karena penuhnya storage atau memori pada perangkat smartphone. Jadi pastikan terlebih dahulu penyimpanan pada smartphone tidak penuh dan memiliki setidaknya 2GB ruang kosong.

Apabila penyimpanan tidak penuh namun replay tetap error dan tidak bisa dibuka, anda perlu melakukan penyesuaian pada aplikasi Mobile Legends dibagian pengaturan/settings.

Caranya mudah, pertama pergi ke Pengaturan, lalu buka Manajemen Aplikasi, cari dan pilih Mobile Legends, lalu tekan menu Izin Aplikasi, selanjutnya pada bagian Penyimpanan ubah menjadi Izinkan/Allow.

Akhir Kata

Saya kira itu saja yang dapat dijelaskan mengenai cara menyimpan replay game Mobile Lends ke galeri smartphone tanpa aplikasi. Jika anda mengalami kesulitan saat menerapkan tutorial diatas, bisa tuliskan kendalanya pada kolom komentar. Sekian artikel ini, saya tutup dengan ucapan terima kasih dan semoga dapat bermanfaat.