Cara Mengatasi Toko TikTok Belum Tersedia Untuk Akun Anda

Cara Mengatasi Toko TikTok Belum Tersedia Untuk Akun Anda

Ari

TikTok belakangan ini tengah ramai dikarenakan meluncurkan fitur baru yaitu Toko TikTok. Fitur itu adalah layanan e-commerce yang dapat digunakan oleh penjual, pembeli dan creator di TikTok. Dengan adanya fitur ini pengguna dapat melakukan transaksi jual beli langsung melalui aplikasi dengan mudah. Berbeda dengan fitur shopping di aplikasi lain, pada TikTok pengguna tidak lagi diarahkan ke situs website dari toko yang bersangkutan.

Dikarenakan ini adalah fitur baru, masih terdapat beberapa kendala yang kerap di alami oleh pengguna TikTok. Terutama bagi yang ingin mencoba untuk berbelanja ataupun membuka tokonya sendiri di fitur terbaru ini. Kendala tersebut adalah Toko TikTok belum tersedia untuk akun anda. Berikut cara mengatasinya dengan mudah, silakan disimak baik-baik.

Penyebab Toko TikTok Belum Tersedia

Terdapat beberapa hal yang bisa menyebabkan Toko TikTok belum tersedia pada akun anda, pastikan akun TikTok dan smartphone yang anda gunakan tidak mengalami beberapa penyebab ini.

Berikut adalah beberapa penyebab yang membuat Toko TikTok belum tersedia untuk akun anda, terdapat 4 penyebab yang saya ketahui, berikut diantaranya:

1. Usia di Bawah Umur

Penyebab utama Toko TikTok belum tersedia adalah usia pada akun anda masih belum mencukupi. Usia minimal untuk menggunakan fitur Toko TikTok adalah 18 tahun atau diatasnya. Bila usia pada akun TikTok masih di bawah 18 tahun tidak akan bisa menggunakan fitur ini.

2. Aplikasi TikTok Belum di Perbarui

Bagi pengguna setia aplikasi TikTok sebaiknya rajin-rajin mengecek Google Playstore. Karena aplikasi TikTok belakangan ini memberikan cukup banyak update pada aplikasinya. Mungkin update TikTok tidak muncul di notifikasi smartphone anda yang menyebabkan anda belum memperbarui ke versi terbaru.

3. TikTok Error

Dikarenakan ini adalah fitur baru, ada kemungkinan terjadinya masalah yang menyebabkan Toko TikTok belum tersedia pada beberapa akun atau perangkat. Tenang saja, perusahaan aplikasi sebesar TikTok pasti akan sangat sigap dan cepat menanganinya.

4. Koneksi Internet

Tidak bisa dipungkiri, mengakses aplikasi TikTok membutuhkan koneksi internet yang memadai. Bila koneksi intenet yang anda gunakan tidak stabil atau lambat, maka besar kemungkinan hal tersebut yang menyebabkan terjadinya masalah ini.

Cara Mengatasi Toko TikTok Belum Tersedia

Berdasarkan beberapa penyebab diatas, ada beberapa cara yang bisa anda gunakan untuk mengatasi Toko TikTok belum tersedia pada akun anda, berikut adalah beberapa caranya:

1. Ubah Usia Akun TikTok

Bila yang penyebabnya adalah masalah usia yang belum mencukupi, solusinya sangat mudah. Anda bisa mengubah usia akun TikTok yang digunakan, caranya:

  • Buka aplikasi TikTok lalu ke Profile, tekan icon titik 3 di pojok kanan atas.
  • Akan terdapat beberapa pilihan menu, pilihlah menu Manage Account.
  • Pada bagian Tanggal Lahir, ubah menjadi di atas 18 tahun.

Bila tidak terdapat menu Tanggal Lahir, anda bisa mengubahnya melalui cara kedua, yaitu dengan melaporkan masalah ke TikTok. Berikut cara yang bisa anda ikuti:

  • Buka aplikasi TikTok lalu ke Profile, tekan icon titik 3 di pojok kanan atas.
  • Akan terdapat beberapa pilihan menu, gulir ke bawah cari menu Report a Problem.
  • Selanjutnya tekan icon Pensil di pojok kanan atas sebanyak 2 kali, akan muncul form.
  • Isilah form tersebut, bisa menggunakan Bahasa Indonesia ataupun Inggris. Contohnya bisa lihat gambar di bawah ini.
    Report Ganti Tanggal Lahir TikTok
  • Terakhir tekan tombol Report, lalu tunggu beberapa saat hingga pihak TikTok mengubahnya.

Itulah cara mengatasi bila yang menjadi penyebab Toko TikTok belum tersedia adalah usia pada akun anda. Bila masih belum teratasi, bisa lanjut ke cara berikutnya.

2. Update TikTok ke Versi Terbaru

Apabila yang menjadi penyebabnya adalah aplikasi yang masih menggunakan versi lawas, solusi satu-satunya adalah memperbarui aplikasi ke versi terbaru. Caranya bisa langsung update melalui App Store ataupun Google Playstore. Bila masih mengalami kendala, cobalah untuk re-install aplikasi TikTok.

3. Tunggu Beberapa Hari

Biasanya saat meluncurkan fitur baru pasti akan ada saja error yang dialami, hal ini lebih banyak terjadi pada pengguna yang menggunakan perangkat Android. Sabarlah menunggu beberapa hari hingga error diperbaiki oleh pihak developer.

4. Periksa Koneksi Internet

Langkah terakhir yang bisa anda coba adalah memeriksa koneksi internet yang digunakan. Bila menggunakan Data Celluler, anda bisa mencoba mengganti APN pada perangkat. Berikut adalah cara mengganti APN internet yang bisa anda terapkan: Cara Setting APN Internet.

Akhir Kata

Itulah kiranya penyebab dan solusi bagi yang mengalami Toko TikTok belum tersedia pada akun anda. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu mengatasi masalah yang anda alami. Sekian dan terima kasih, jangan lupa untuk berbagi ke sosial media.

Add Comments

Freedom of speech
Cancel

Iklan atas artikel

Related Post