Cara Mudah Freeze Video Zoom Meeting di Laptop dan Android

Cara Mudah Freeze Video Zoom Meeting di Laptop dan Android

Ari

Disaat masa pandemi seperti sekarang ini banyak kegiatan yang dilakukan jarak jauh secara online dengan cara video call. Ada banyak aplikasi yang dapat digunakan untuk video call dan melakukan kegiatan secara online. Zoom adalah jenis teknologi berbasis aplikasi atau website yang dapat digunakan untuk memudahkan diskusi atau siaran langsung konferensi jarak jauh, Zoom menurut saya adalah salah satu aplikasi yang terbaik saat ini. Fitur yang disediakan juga sangat banyak dan unik, sangat cocok untuk menunjang kegiatan online kalian.

Pada artikel kali ini saya akan memberikan cara untuk freeze video pada saat Zoom Meeting. Cara ini bisa diterapkan apabila ingin meninggalkan konferensi sesaat, baik itu ke kamar mandi, minum air atau kegiatan lainnya yang mendesak. Dengan menggunakan cara ini tidak akan ada yang menyadari saat anda meninggalkan Zoom Meeting.

Cara Freeze Video Zoom di Windows

Ada 2 cara yang saya ketahui dan dapat diterapkan untuk freeze video pada Zoom yang menggunakan sistem operasi Windows, silakan anda gunakan salah satu cara dibawah ini:

1. Menggunakan Foto

Cara pertama anda bisa menggunakan Snipping Tool yang sudah terdapat pada komputer dengan sistem operasi Windows. Keunggulan cara ini adalah tidak memerlukan aplikasi tambahan untuk menerapkannya, berikut adalah caranya di bawah ini.

  1. Pastikan sudah berada diruangan conference lalu klik video zoom anda lalu buka menu View dan ubah menjadi Fullscreen.
  2. Crop video anda, caranya: Tekan logo Windows lalu ketik Snipping Tool dan enter. Lalu tekan New dan gunakan mouse untuk menggeser ke bagian yang ingin di crop, pastikan tidak ada tombol yang terlihat dan simpan hasil crop tersebut.
  3. Kembali ke aplikasi Zoom lalu buka Pengaturan Video masuk ke menu Background & Filter pada bagian Virtual Background klik tombol [+] di pojok kanan untuk menambahkan gambar. Silakan pilih gambar yang telah dicrop sebelumnya.
  4. Selesai, anda bisa meninggalkan meeting untuk sementara waktu tanpa ada yang menyadari.

Menggunakan cara ini akan mencurigakan bila terlalu lama, karena yang digunakan sebagai kamuflase adalah gambar yang tidak bergerak. Bila ingin meninggalkan percakapan cukup lama, bisa menggunakan video dengan cara kedua.

2. Menggunakan Video

Cara kedua untuk freeze video pada aplikasi Zoom yaitu menggunakan bantuan dari aplikasi untuk menyiapkan video yang ingin digunakan sebagai kamuflase, gunakan aplikasi yang biasa anda gunakan untuk merekam layar dan rekamlah video diri anda. Pastikan juga video yang telah anda rekam tidak memiliki watermark, tombol dan hal lainnya.

Cara yang digunakan sama seperti cara pertama namun yang ini berbasis video. Sebelum melakukannya siapkan video diri anda yang menggunakan pakaian sama saat melakukan meeting, pastikan video tidak terlalu banyak pergerakan agar tidak mencurigakan.

Jika sudah memiliki video kamuflasenya, bisa langsung buka Pengaturan Video, ke menu Background & Filter dan pada bagian Virtual Background klik tombol [+] di pojok kanan untuk menambahkan video yang telah anda siapkan.

Cara Freeze Video Zoom di Android

Jika ingin melakukan freeze video Zoom di smartphone pastikan versi sistem Android sudah 8.0 keatas. Dikarenakan Android dengan versi sistem 8.0 kebawah belum memiliki fitur Virtual Background. Berikut adalah cara freeze video Zoom di Android:

  1. Pastikan sudah berada diruangan conference lalu klik video zoom anda.
  2. Setelah di video anda, screenshot video anda lalu buka Gallery dan edit hasil screenshot. Anda bisa crop hasil screenshot agar tidak ada tombol yang terlihat.
  3. Lanjut kembali ke aplikasi Zoom, tekan menu More dengan logo 3 titik di pojok kanan bawah.
  4. Akan muncul beberapa menu, pilih Virtual Background lalu pilih hasil screenshot yang telah di edit.
  5. Selesai, anda sekarang dapat meninggalkan zoom meeting tanpa ketahuan.

Jika tidak ingin menggunakan foto, anda dapat merekam layar video zoom anda. Lalu edit hasil rekaman tersebut dan tambahkan dengan cara mengikuti dari langkah ke 3.

Baca Juga: Cara Mudah Edit Video Slow Motion Yang Halus di Android

Akhir Kata

Itulah cara yang bisa anda gunakan untuk freeze video pada aplikasi Zoom, pastikan gambar atau video yang anda gunakan sebagai kamuflase berukuran HD 16:9 agar tidak mencurigakan peserta meeting lainnya. Jika ingin meninggalkan meeting cukup lama, saya sangat menyarankan untuk menggunakan opsi video agar tidak ketahuan. Sekian artikel ini semoga bisa bermanfaat, jangan lupa untuk bagikan ke sosial media.

Add Comments

Freedom of speech
Cancel

Iklan atas artikel

Related Post