5 Cara Mengatasi Aplikasi LINE Telah Berhenti di Android

5 Cara Mengatasi Aplikasi LINE Telah Berhenti di Android - LINE merupakan sosial media yang memungkinkan kita untuk melakukan obrolan bersama kontak yang tersedia. Anda bisa menambahkan kontak dengan cara memasukan LINE ID ataupun nomer smartphone. Saat ini sosial media LINE memiliki sangat banyak peminat mulai dari orang dewasa hingga anak kecil sekalipun sudah memiliki akun LINE.

Tetapi, yang namanya aplikasi pada smartphone tidak luput dari kesalahan yang dapat terjadi tanpa kita duga. Terkadang aplikasi LINE mengalami error yang memunculkan pop up "Sayangnya LINE Telah Berhenti" yang disebabkan oleh beberapa hal. Untuk mengatasinya bisa anda coba langkah-langkah di bawah ini.

5 Cara Mengatasi Aplikasi LINE Telah Berhenti di Android

1. Cek Update

Hal pertama yang wajib anda lakukan adalah memeriksa update yang terdapat pada Google Playstore. Memang terlihat sepele, tetapi update rutin pada aplikasi akan mengurangi kesalah atau bug yang terdapat sebelumnya.

Selain memperbaiki bug, anda juga akan dapat menikmati fitur-fitur baru yang tersedia. Maka dari itu tidak ada salahnya kita memeriksa update pada Google Playstore setidaknya seminggu sekali demi kenyamanan bersosial.

2. Bersihkan Cache & Hapus Data

Jika anda sudah melakukan update terbaru pada aplikasi LINE namun pop-up "Sayangnya LINE Telah Berhenti" masih kerap muncul. Langkah kedua anda harus menghapus sampah atau cache dan data pada aplikasi LINE, karena dapat menyebabkan kesalahan atau bug.

Caranya cukup mudah, anda hanya perlu masuk ke Settings atau Pengaturan lalu pilih menu Aplikasi dan cari aplikasi LINE. Selanjutnya anda perlu menekan tombol Hapus cache, bila masih muncul pop-up anda perlu menekan tombol Hapus Data.

3. Restart Smartphone

Sudah melakukan kedua langkah di atas tetapi masalah tidak kunjung terperbaiki? mematikan smartphone selama beberapa menit lalu menghidupkannya kembali mungkin bisa menyelesaikan masalahnya.

Anda hanya perlu mematikan smartphone lalu cabut baterai dan sim card tunggu paling lama 5 menit lalu hidupkan kembali.Bukan tidak mungkin penyebab munculnya pop-up "Sayangnya LINE Telah Berhenti" berasal dari sistem operasi smartphone anda mengelami kerusakan.

4. Re-Install LINE

Setiap aplikasi yang tersedia untuk perangkat apapun pasti kerap mengalami masalah jika sudah lama terpasang pada smartphone. Menghapus lalu menginstallnya kembali merupakan solusi terbaik untuk mengatasi masalah aplikasi tidak dapat terbuka.

Anda bisa melakukannya dengan mudah, hanya perlu menghapus kemudian mengunduhnya kembali pada Google Playstore. Pastikan juga anda telah menggunakan koneksi Internet yang cepat dan stabil (Wifi sangat direkomendasikan).

5. Update versi Android

Jika anda sudah melakukan langkah nomer 3 namun masalah tidak terperbaiki, bisa saja sistem operasi pada smartphone anda merupakan versi lama yang membutuhkan update. Dengan menggunakan sistem operasi paling baru, kemungkinan semua masalah akan teratasi.

Maka dari itu, gunakanlah sistem operasi yang paling baru pada smartphone kesayangan demi kenyamanan saat menggunakannya.

Baca juga: 8 Cara Mengatasi Kamera Android Error dan Tidak Bisa Dibuka

Begitulah cara paling efektif untuk mengatasi aplikasi LINE yang memunculkan pop-top "Sayangnya LINE Telah Berhenti". Cukup mudah bukan? jika masalah belum teratasi bisa ceritakan di kolom komentar. Terimakasih telah meluangkan waktu untuk berkunjung, jangan lupa untuk membagikannya ke sosial media.


Show EmoticonHide Emoticon