8 Cara Mengatasi Kamera Android Error dan Tidak Bisa Dibuka

8 Cara Mengatasi Kamera Android Error dan Tidak Bisa Dibuka

Ari
8 Cara Mengatasi Kamera Android Error dan Tidak Bisa Dibuka

Pada era modern seperti saat ini, hampir semua orang membutuhkan teknologi untuk membantu kegiatan sehari-hari. Smartphone adalah salah satu teknologi modern yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan saat ini. Banyak hal yang bisa kita lakukan menggunakan smartphone. Memotret atau merekam video adalah salah satunya, tidak perlu lagi membawa kamera khusus untuk sekedar berfoto atau membuat video. Hanya dengan smartphone Android anda sudah bisa melakukannya dengan mudah.

Tetapi ada beberapa kekurangan yang terdapat pada kamera smartphone yang sering terjadi belakangan ini. Aplikasi kamera terkadang tidak bisa digunakan ataupun dibuka, hal tersebut biasanya terjadi karena ada sebuah kesalahan pada sistem. Untuk mengatasi kamera Android yang error dan tidak bisa dibuka, silakan simak di bawah ini.

1. Restart Android

Langkah pertama yang wajib anda lakukan jika menemukan error pada aplikasi apapun termasuk kamera di Android adalah melakukan restart. Bisa saja telah terjadi suatu hal yang menyebabkan error pada smartphone anda. Dengan mematikan lalu menghidupkan ulang, beberapa error biasanya langsung teratasi.

Jika setelah melakukan restart masalah belum teratasi,  anda bisa melepas baterai smartphone untuk beberapa menit. Tunggulah paling lama 5 menit lalu pasang kembali baterai dan hidupkan smartphone.

2. Paksa Berhenti

Jika menggunakan langkah pertama masalah belum teratasi, ada kemungkinan besar error yang dialami cukup serius. Hal ini sering terjadi pada smartphone yang sudah lama dan memiliki spesifikasi rendah.

Untuk mengatasi masalah tersebut anda bisa memaksa aplikasi kamera untuk berhenti, lalu menjalankannya kembali seperti biasa. Caranya cukup mudah, anda hanya perlu masuk ke Settings - Aplikasi - Kamera - Paksa Berhenti atau Force Stop.

3. Hapus Data Aplikasi

Menghapus data aplikasi akan membersihkan cache, data aplikasi dan history pada aplikasi kamera. Selain itu settingan aplikasi kamera pada Android anda akan kembali seperti awal, menggunakan cara ini tentu saja sangat ampun untuk mengatasi error yang telah terjadi.

Sedangkan untuk caranya hampir sama dengan memaksa berhenti aplikasi kamera, bedanya anda hanya perlu scroll ke bawah temukan dan tekan tombol Hapus Data.

4. Cek Kapasistas Memory

Semua aplikasi yang terpasang pada smartphone Android anda akan rentan terhadap error jika kapasistas memory yang sudah penuh. Termasuk aplikasi kamera anda tidak akan bisa dibuka, apalagi untuk memotret atau merekam video.

Hal tersebut dikarenakan setiap aplikasi membutuhkan sedikit ruang kosong agar bisa berjalan dengan lancar termasuk aplikasi kamera. Maka dari itu sebaiknya hapus file yang tidak diperlukan agar kapasitas memory tidak terlalu penuh.

5. Update Sistem Operasi

Sistem operasi pada setiap smartphone yang tidak pernah diupdate akan mengalami error seiring berjalannya waktu. Hal tersebut dikarenakan sistem operasi menjadi tidak stabil dan sering mengalami error.

Lalukanlah update secara rutin jika sistem operasi pada smartphone anda terdapat update baru. Melakukan hal ini juga dapat memperbaiki segala bug yang pernah terjadi pada sistem operasi sebelumnya.

6. Kembalikan Ke Setelan Pabrik

Jika sudah melakukan update sistem operasi namun masalah belum juga teratasi, anda bisa mengembalikan setelah Android kembali seperti awal beli. Dengan cara ini 99% kemungkinan segala bug yang ada pada sistem akan teratasi.

Untuk caranya cukup mudah, anda hanya perlu masuk ke Settings - Sistem - Reset - Reset ke Setelan Pabrik lalu masukan kata sandi dan tunggu hingga Android nyala kembali.

Catatan : Melakukan cara ini akan menghapus semua data yang tersimpan pada smartphone tersebut. Sebaiknya backup data-data penting terlebih dahulu jika ingin menerapkan cara ini.

7. Pasang Aplikasi Kamera Tambahan

Pada saat artikel ini dibuat sudah banyak sekali aplikasi kamera tambahan yang bisa anda unduh dan gunakan secara gratis pada Google Playstore. Cara ini merupakan alternatif jika aplikasi kamera tetap tidak bisa dibuka menggunakan semua cara di atas.

Saya sarankan untuk menggunakan aplikasi kamera C360 ataupun aplikasi kamera bawaan Instagram karena hasilnya tidak jauh berbeda. Bahkan bisa dikatakan lebih bagus karena bisa langsung melakukan pengeditan pada foto ataupun video yang diambil.

8. Service atau Claim Garansi

Telah menerapkan semua tutorial di atas namun aplikasi kamera tetap enggak bisa dibuka? itu menandakan bahwa komponen kamera pada smartphone anda telah rusak. Anda harus memperbaiki atau menggantinya dengan yang baru.

Jika tidak mempunyai pengalaman membongkar smartphone, sebaiknya bawa ke service center terdekat. Kalau masih ada garansi jangan ragu untuk meng-claimnya agar tidak terkena tambahan biaya service.

Baca juga: 4 Cara Mengatasi Aplikasi Instagram Tidak Bisa Dibuka

Itulah beberapa cara untuk mengatasi aplikasi kamera Android yang error dan tidak bisa dibuka. Jika anda memiliki cara lain yang lebih efektif silakan tuliskan pada kolom komentar. Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membaca, jangan lupa bagikan ke sosial media agar semakin banyak yang terbantu.

Add Comments

Freedom of speech
Cancel

Iklan atas artikel

Related Post