4 Cara Mengatasi Aplikasi Instagram Tidak Bisa Dibuka

4 Cara Mengatasi Aplikasi Instagram Tidak Bisa Dibuka

Ari
4 Cara Mengatasi Aplikasi Instagram Tidak Bisa Dibuka

4 Cara Mengatasi Aplikasi Instagram Tidak Bisa Dibuka - Tidak bisa kita pungkiri bahwa sosial media berhasil membuat para penggunanya menjadi ketagihan untuk selalu update. Instagram adalah salah satu sosial media dengan pengguna terbanyak saat ini. Sudah jutaan pengguna smartphone telah mengunduh dan menggunakan aplikasi Instagram. Pada aplikasi ini anda dapat mengunggah foto dan video yang berdurasi 60 detik, anda juga dapat membuat sebuah stories yang berupa foto ataupun video berdurasi 15 detik.

Asik banget kan? tetapi enggak jarang aplikasi Instagram mengalami error yang menyebabkan tidak bisa terbukanya aplikasi Instagram. Masalah tersebut biasanya terjadi pada perangkat smartphone yang memiliki spesifikasi kelas bawah. Untuk mengatasi masalah aplikasi Instagram yang tidak bisa dibuka pada perangkat smartphone, silakan simak langkah demi langkah di bawah ini.

1. Restart Smartphone

Hal pertama yang bisa anda lakukan dengan cepat adalah melakukan reboot atau restart pada smartphone anda. Cara ini sangat efektif untuk mengatasi berbagai error yang telah terjadi pada smartphone anda sebelumnya.

Setelah merestart smartphone cobalah buka aplikasi Instagram seperti biasa, jika errornya tidak parah pasti Instagram dapat terbuka langsung setelah direstart. Jika masih tidak bisa dibuka, silakan lanjutkan ke langkah kedua.

2. Cek Pembaruan

Terkadang aplikasi Instagram melakukan pembaruan yang tidak kita ketahui sebelumnya. Tidak jarang juga aplikasi Instagram tidak dapat dibuka karena kita belum meng-updatenya ke versi paling baru.

Maka dari itu, sebaiknya periksa update Instagram secara rutin pada Google Playstore ataupun App Store agar tidak terjadi masalah seperti ini.

3. Hapus Lalu Install Kembali

Jika sudah mengikuti kedua cara di atas namun aplikasi Instagram tetap tidak bisa dibuka, anda bisa mencoba untuk menginstall ulang aplikasi Instagram. Dengan cara menghapus lalu mengunduhnya kembali pada Google Playstore ataupun App Store.

Cara ini sangat ampuh untuk mengatasi segala error yang terjadi pada aplikasi Instagram. Namun, cara ini terbilang sedikit memakan waktu dan kurang efektif karena harus mnghapus dan mendownloadnya kembali.

4. Kembalikan ke Setelan Pabrik

Cara terakhir ini merupakan yang paling ampuh untuk mengatasi segala jenis error yang terjadi pada smartphone. Jika ada aplikasi tertentu yang tidak dapat dibuka atau mendapatkan notif error, bisa saja sistem operasi pada smartphone anda mengalami kerusakan.

Untuk mengembalikan smartphone kembali ke setelan pabrik caranya mudah. Anda hanya perlu masuk ke Pengaturan - Sistem - Reset - Kembalikan ke Setelan Pabrik, pada iPhone anda pilih Erase All Content and Settings.

Baca juga: 4 Cara Mengatasi Tidak Bisa Video Call Pada Aplikasi LINE

Itulah cara mudah untuk mengatasi jika aplikasi Instagram tidak bisa dibuka pada smartphone Android ataupun iPhone. Jika anda memiliki cara lain yang dapat digunakan silakan tambahkan pada kolom komentar. Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membaca, jangan lupa bagikan ke sosial media jika bermanfaat.

Add Comments

Freedom of speech
Cancel

Iklan atas artikel

Related Post