4 Cara Mengatasi Android Error Tidak Bisa di Charger

4 Cara Mengatasi Android Error Tidak Bisa di Charger - Android merupakan sistem operasi yang biasa digunakan oleh berbagai vendor smartphone di dunia. Dengan digunakannya oleh banyak vendor, hal tersebut menyebabkan sistem operasi berbasis Android rentan terhadat bug dan error yang dapat terjadi di berbagai perangkat. Salah satu error yang menyebalkan adalah smartphone tidak dapat di charger saat baterai menipis. Ada 2 faktor yang dapat menyebabkan tidak bisa di charger, yaitu terdapat masalah pada sistem operasi atau komponen smartphone anda bermasalah dan harus segera di ganti.

Untuk mengatasi masalah tersebut, terdapat beberapa cara yang bisa anda terapkan dirumah masing-masing. Cara ini merupakan langkah pertama yang wajib anda lakukan sebelum membawanya ke service center untuk ditangani para ahli. Berikut adalah beberapa cara mengatasi Android yang error tidak dapat mengisi daya di bawah ini.

4 Cara Mengatasi Android Error Tidak Bisa di Charger

1. Matikan lalu Lepas Sim Card dan MicroSD

Langkah pertama yang dapat anda terapkan untuk mengatasi Android tidak bisa di charger adalah mematikan ponsel tersebut lalu lepaskan segala komponen yang dapat dilepas. Setelah itu coba hidupkan kembali smartphone tanpa memasang komponen tersebut.

Cobalah untuk melakukan charger, kemungkinan untuk berhasil menggunakan cara ini adalah 50% banding 50%. Jika kerusakan belum begitu parah, sudah di pastikan akan berhasil setelah menerapkan cara ini.

2. Un-root jika sebelumnya telah di Root

Memang jika belum melaukan rooting pada perangkat Android belum lengkap rasanya karena belum bisa bebas mengotak-atik smartphone. Tetapi, perlu anda catat melakukan rooting pada perangkat Android dapat menimbulkan beberapa error dan bug jika dilakukan dengan sembarangan.

Jika smartphone anda tiba-tiba tidak dapat mengisi daya saat di colok charger, cobalah untuk melepaskan rooting atau un-root smartphone anda. Dengan cara ini biasanya masalah dapat teratasi dan smartphone kembali normal.

3. Kembalikan ke Setelan Pabrik

Dengan mengembalikan setelan smartphone kembali ke awal, smartphone akan nampak seperti baru lagi. Segala error atau bug yang terdapat pada smartphone sepenuhnya akan kembali normal jika sudah melakukan langkah yang satu ini.

Kekurangan menggunakan cara ini adalah segala yang tersimpan pada memori smartphone anda sebelumnya akan terhapus, termasuk aplikasi dan games yang terinstall. Maka dari itu backup file penting terlebih dahulu sebelum menggunakan cara ini.

4. Service & Claim Garansi

Langkah terakir yang dapat anda lakukan jika masalah belum teratasi adalah membawanya ke service center untuk ditangain oleh para ahlinya. Jangan coba-coba membongkar smartphone sendirian jika belum mempunyai pengalaman, karena komponen smartphone sangatlah rapuh dan mudah rusak.

Tidak ada salahnya mengeluarkan sedikit uang demi menghindari kerusakan yang bertambah parah. Jika masih terdapat garansi tidak usah berfikir panjang, langsung saja claim agar tidak terkena biaya tambahan.

Baca juga: 4 Cara Mengatasi Microphone Android Yang Tidak Berfungsi

Begitulah cara paling efektif untuk mengatasi smartphone Android yang error dan tidak dapat mengisi daya. Jika anda memiliki cara lain, bisa tiliskan dikomentar agar pembaca lain mengetauinya. Terimakasih telah meluangkan waktu untuk membaca, jangan lupa bagikan ke sosial media yah.


Show EmoticonHide Emoticon