4 Cara Mengatasi Microphone Android Yang Tidak Berfungsi

4 Cara Mengatasi Microphone Android Yang Tidak Berfungsi

Ari
4 Cara Mengatasi Microphone Android Yang Tidak Berfungsi

4 Cara Mengatasi Microphone Android Yang Tidak Berfungsi - Menggunakan smartphone sebagai alat komunikasi memang menjadi hal wajib pada era saat ini. Kita dapat dengan mudah menghubungi seseorang melalui pesan singkat atau pesan suara sekalipun. Tetapi, yang namanya barang elektronik tidak akan jauh dari yang namanya kerusakan. Microphone pada Android salah satunya, hal kecil ini kerap rusak tanpa kita sadari kapan hal tersebut terjadi.

Jika anda telah mengalami beberapa gejala aneh pada saat melakukan komunikasi melalui pesan suara pada Android. Sangat besar kemungkinan micrphone pada smartphone anda telah rusak atau terkana malware jahat. Untuk mengatasinya terdapat beberapa langkah yang bisa anda ikuti di bawah ini.

1. Coba Rekam Suara atau Telfun Seseorang

Hal pertama yang wajib anda lakukan adalah memastikan bahwa microphone benar-benar rusak atau tidak dengan cara merekam suara. Anda dapat merekam suara atau mengirimkan voice notes menggunakan sosial media.

Jika suara yang terdapat pada rekaman tersebut tidak ada masalah, maka bisa di pastikan microphone anda baik-baik saja. Tetapi, jika muncul suara aneh ataupun rekaman tidak terdengar sudah di pastikan micrphone anda bermasalah.

2. Gunakan Headset

Jika saat anda merekam suara terdapat bunyi aneh yang ikut terekam, cobalah merekam ulang menggunakan headset. Anda bisa menggunakan segala jenis headset yang bisa terhubung ke smartphone Android tersebut.

Dengarkan suara hasil rekaman tersebut, jika suara tidak bermasalah dan normal itu menandakan microphone anda rusak. Jika suara masih tetap aneh itu menandakan ada malware yang mengganggu kinerja sistem Android, sebaiknya segera lakukan Factory Reset jika mengalami hal ini.

3. Periksa Kondisi Microphone

Anda bisa melepaskan casing belakang Android anda untuk memeriksa kondisi microphone smartphone. Letak microphone setiap smartphone Android berbeda-beda, sebaiknya ketahuilah letaknya dengan cara searching di Google terlebih dahulu.

Jika sudah ketemu, anda bisa mulai mengeceknya dengan cara meraba-raba microphone dan lap dengan tissue. Bila diperlukan anda bisa menuip microphone untuk membersihkan debu-debu yang telah menyumbat di dalamnya.

4. Service & Claim Garansi

Langkah terakhir merupakan langkah paling ampuh yang bisa menyelamatkan microphone pada Android anda. Jika anda sudah mengikuti langkah di atas namun tidak kunjung terperbaiki, besar kemungkinan microphone anda sudah rusak parah dan harus di ganti.

Demi mengurangi kerusakan pada komponen lain jika melakukan pergantian sendiri, ada baiknya anda membawa ke service center atau claim garansi jika masih ada. Jangan pelit merogoh sedikit uang untuk memperbaiki smartphone kesayangan anda!

Baca juga: 7 Ciri Baterai Android Mulai Rusak dan Harus di Ganti

Begitulah cara paling mudah untuk mengatasi microphone yang tidak berfungsi pada smartphone Android. Jika anda memiliki cara lain yang lebih efektif, bisa tuliskan pada kolom komentar. Terimakasih telah meluangkan waktu untuk membaca, jangan lupa untuk membagikannya.

2 Comments

Freedom of speech
Cancel

Iklan atas artikel

Related Post