Syarat Monetisasi YouTube Makin Berat, Bagaimana Nasib Pemula?

Syarat Monetisasi YouTube Makin Berat, Bagaimana Nasib Pemula? - YouTube merupakan sebuah situs website yang memungkinkan penggunanya untuk mengunggah atau menonton sebuah video yang telah di unggah orang lain. Pada saat ini YouTube sedang mengalami peningkatan pengguna yang sangat drastis, anak-anak, remaja bahkan orang tua sekalipun saat ini gemar menonton video yang tersedia di YouTube. Dengan semakin banyaknya pengguna, para creator a.k.a YouTubers juga semakin bertambah banyak. Semangat para creator juga semakin meningkat karena berharap agar bisa menjadi terkenal dan dapat memperoleh banyak uang dari monetisasi YouTube.

Jika anda merupakan creator senior yang sudah memiliki banyak subscriber dan ratusan ribu penonton maka bersyukurlah. Para creator pemula makin di persulit untuk mendapat keuntungan dikarenakan peraturan monetisasi terus di perketat akibat banyaknya re-uploader yang merugikan pihak pengiklan. Untuk meminimalisir para re-uploader pihak YouTube dengan cepat menambahkan beberapa syarat untuk sebuah channel agar bisa di monetisasi.

Syarat Monetisasi YouTube Makin Berat, Bagaimana Nasib Pemula?

Saat ini syarat yang dibutuhkan agar bisa menampilkan iklan pada video yaitu, sebuah channel harus mempunyai setidaknya 1.000 subscriber atau pengikut dan sudah ditonton selama 4.000 jam setahun belakangan.

Bagaimana nasib YouTubers pemula saat ini?

Peraturan di atas sangat merugikan para creator pemula dan menguntungkan para creator senior karena para pesaingnya mulai berkurang dan menyerah. Ditambah lagi para creator pemula yang belum memenuhi syarat yang diberikan, monetisasi pada channel mereka akan dihentikan pada bulan Februari 2018. Memang agak kejam, karena jerih payah untuk mengedit dan mengupload video belum bisa terbayarkan.

Sebaiknya para creator pemula harus lebih giat lagi untuk mempromosikan channel dan video miliknya agar bisa memenuhi syarat monetisasi. Saya sendiri merasa kecewa dengan munculnya kebijakan baru untuk monetisasi, namun saya akan terus berusaha untuk berkarya.

Dengan peraturan monetisasi yang baru ini pihak YouTube berharap untuk meningkatkan banyak creator kreatif  dan membasmi para re-uploader demi kenyamanan pihak pengiklan.

Baca juga: 4 Hal Yang Harus Disiapkan Jika Ingin Menjadi YouTubers

Itulah syarat monetisasi YouTube saat ini yang semakin berat bagi para pemula, bagaimana menurut anda? semoga dengan munculnya peraturan ini semakin banyak konten menarik yang dibuat oleh para creator. Sekian untuk artikel kali ini, jangan lupa bagikan ke sosial media agar semakin banyak yang mengetahuinya.

Ramaikan!

Posting Komentar