Cara Mengatasi Video Youtube Terpotong dan Menyatu Dengan Iklan

Menonton video di Youtube sudah kebutuhan wajib di era teknologi saat ini. Sangat banyak informasi yang tersedia bahkan bisa melebihi informasi yang ditayangkan televisi. Pada tahun 2022 pengguna internet lebih suka menonton video Youtube melalui perangkat smartphone dibanding komputer. Tentunya itu karena nonton jadi lebih mudah dan bisa nyantai sambil rebahan saat menonton.

Sebenarnya tidak banyak kendala yang saya alami saat menonton video Youtube di perangkat smartphone. Namun pada update terbaru aplikasi Youtube di bulan Juni 2022, sering terjadi masalah berupa video yang terpotong ataupun menyatu dengan iklan Adsense. Kendala ini paling sering dialami saat menonton video vertical/portrait.

Masalah tersebut tentunya sangat mengganggu karena informasi pada video menjadi tidak jelas. Setelah saya mencoba eksperimen menggunakan berbagai perangkat, masalah terpotongnya video lebih sering terjadi di smartphone Android. Terutama bagi yang masih menggunakan sistem operasi Android 11 ke bawah.

Solusi Video Youtube Terpotong dan Menyatu Dengan Iklan

Bagi yang sering mengalami masalah ini saat menonton Youtube, berikut saya menemukan beberapa solusi ampuh yang dapat diterapkan.

1. Mengganti Resolusi Video

Solusi pertama yang dapat dilakukan adalah dengan mengganti resolusi pada video yang mengalami masalah terpotong. Caranya cukup mudah, pada video yang terpotong tekan menu Setting lalu pilih Quality dan ubah menjadi resolusi berapapun sesuai keinginan.

Tunggu beberapa saat sampai resolusi terganti maka video akan kembali normal. Setelah normal resolusi video dapat dikembalikan ke pengaturan awal agar lebih nyaman saat menonton.

2. Tutup dan Buka Kembali Video

Solusi kedua ini cukup merepotkan, karena harus menutup video yang mengalami error lalu membukanya kembali. Dengan cara ini beberapa video yang mengalami masalah dapat teratasi, namun terkadang harus mencobanya beberapa kali untuk berhasil.

Cara ini dapat diterapkan pada video Youtube Shorts karena tidak dapat mengganti resolusi langsung. Untuk video Youtube biasa saya sangat tidak menyarankan menggunakan cara ini karena ribet.

3. Bersihkan Cache dan Data

Cache dan Data yang menumpuk tentunya dapat menyebabkan berbagai masalah pada sebuah aplikasi. Guna mengatasi permasalahan tersebut sebaiknya pengguna rutin membersihkannya minimal 2 bulan sekali.

Caranya hampir sama dengan menghapus history di Google Chrome, untuk melakukannya bisa langsung melalui pengaturan aplikasi atau dengan cara manual melalui pengaturan di perangkat smartphone masing-masing.

Akhir Kata

Begitulah cara mudah mengatasi permasalahan video terpotong dan menyatu dengan iklan di Youtube Android. Apabila telah menerapkan beberapa solusi di atas masih mengalami kendala, mungkin versi aplikasi Youtube pada smartphone Anda sudah lawas, solusinya yaitu update ke versi terbaru.

Itu saja yang dapat saya sampaikan, semoga informasi pada artikel kali ini dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda alami. Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca.