Cara Mengatasi Foto dan Video Instagram Pecah Tanpa Aplikasi

Cara Mengatasi Foto dan Video Instagram Pecah Tanpa Aplikasi

Ari

Instagram merupakan sosial media yang paling populer beberapa tahun belakangan, belum ada sosial media lain yang mampu menyaingi Instagram. Hingga saat ini Instagram konsisten menjadi sosial media dengan pengguna aktif terbanyak baik dari kalangan anak-anak hingga orang tua sekalipun saat ini sudah memiliki akun Instagram. Sebagai sosial media yang digunakan untuk mengunggah foto dan video, Instagram kerap kali mengalami kendala berupa hasil unggahan yang tidak sesuai ekspektasi atau bisa dibilang pecah-pecah.

Kendala tersebut lebih rentan dialami oleh pengguna smartphone Android dikarenakan smartphone Android memiliki jenis yang terlalu banyak. Sangat jarang orang mengetahui cara agar foto dan video yang diunggah pada sosial media Instagram tidak buram atau pecah-pecah. Berikut adalah cara yang dapat digunakan saat hendak mengunggah foto atau video di Instagram agar hasil yang diunggah menjadi HD dan maksimal.

  1. Siapkan foto atau video yang ingin di upload ke Instagram.
  2. Edit foto atau video tersebut menggunakan editor bawaan smartphone masing-masing.
  3. Tambahkan Sharpness menjadi +10 hingga +30 sesuaikan dengan foto atau videonya.
  4. Jika sudah silakan save lalu coba unggah ke Instagram, hasilnya akan jauh lebih baik dari sebelumnya.

Jika foto atau video masih pecah-pecah pastikan sudah mengaktifkan High Resolution Media pada pengaturan Instagram, berikut cara mengaktifkannya.

  1. Buka aplikasi Instagram, masuk ke menu Pengaturan/Setting.
  2. Pilih pengaturan Account lalu masuk ke menu Celluler Data Use.
  3. Pada bagian High Resolution Media ubah menjadi Cellular + Wifi.
  4. Upload ulang foto atau video yang diinginkan.

Ada banyak penyebab foto yang diunggah ke Instagram menjadi burik dan tidak bagus, diantaranya adalah resolusi gambar yang kecil, koneksi yang buruk, belum mengaktifkan gambar berkualitas tinggi pada pengaturan kamera. Sedangkan untuk video biasanya disebabkan oleh fps yang kecil dan tidak stabil karena spesifikasi smartphone belum memadai.

Baca juga: 3 Cara Mengatasi Tidak bisa Like, Comment dan Follow Pada Instagram

Begitulah cara mengatasi gambar pecah di Instagram tanpa menggunakan aplikasi tambahan. Sebenarnya ada beberapa aplikasi yang dapat membantu, yaitu CapCut untuk editing video dan PixelLab untuk editing foto. Jika cara diatas masih belum memenuhi ekspektasi, kalian bisa coba menggunaan aplikasi tersebut. Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membaca, jika masih mengalami kendala bisa bertanya melalui kolom komentar.

Add Comments

Freedom of speech
Cancel

Iklan atas artikel

Related Post