6 Tips Charger Baterai Smartphone Agar Cepat Terisi Penuh

6 Tips Charger Baterai Smartphone Agar Cepat Terisi Penuh - Smartphone merupakan perangkat penting yang wajib di bawa pada saat kita sedang bekerja ataupun sekedar jalan-jalan. Banyak hal yang bisa kita lakukan menggunakan ponsel pintar saat ini. Salah satunya anda dapat merekam video, memotret, bermain games dan juga belajar melalui Internet. Dengan beragam fungsinya tersebut, sangat banyak vendor smartphone yang bermunculan dengan berbagai jenis produk smartphonenya.

Tetapi yang masih menjadi kendala hingga saat ini adalah baterai pada smartphone yang cepat mengalami kerusakan. Banyak faktor yang menyebabkan kerusakan pada baterai smartphone, salah satunya adalah lama saat mengisi daya dan langsung digunakan saat mengisi daya. Untuk mengatasi hal tersebut, terdapat beberapa tips yang dapat anda terapkan agar baterai smartphone cepat terisi penuh saat di charger.

6 Tips Charger Baterai Smartphone Agar Cepat Terisi Penuh

1. Jangan Gunakan Saat di Charger

Sebaiknya jangan menggunakan smartphone pada saat anda ingin mengisi daya baterai dengan cepat. Baik itu hanya sekedar untuk chatting, mendengarkan lagu apalagi untuk bermain game, sebaiknya tunda dulu hingga baterai cepat terisi penuh

Jika anda memaksa menggunakan smartphone sambil charger tercolok, hal tersebut bukan hanya akan memperlambat proses mengisi daya. Dengan menggunakannya juga dapat menyebabkan baterai pada smartphone menjadi rusak.

2. Aktifkan Mode Pesawat

Fitur Mode Pesawat pada smartphone sangat jarang digunakan oleh penggunanya. Padahal fitur yang satu ini bisa menjadi sangat berguna untuk menghemat atau mempercepat pengisian daya baterai. Dengan mengaktifkan fitur ini, otomatis koneksi Internet tidak akan dapat digunakan.

Begitu mengaktifkan fitur ini pada saat mengisi daya baterai, besar kemungkinan pengisian daya akan terasa lebih cepat dari biasanya.

3. Gunakan Charger Original

Menggunakan charger original yang disediakan pada saat baru membeli smartphone memang sangat disarankan. Jangan pernah menggunakan charger palsu atau charger yang tidak sesuai dengan merk smartphone anda.

Jika memaksa menggunakan charger lain atau palsu, maka saat mengisi daya bisa menjadi lebih lama. Bahkan efek buruknya dapat merusak baterai smartphone karena arus listrik yang dialirkan tidak sesuai.

4. Jangan Charger di USB Laptop

Mungkin banyak yang beranggapan bahwa men-charger smartphone pada USB laptop sama dengan menggunakan colokan listrik. Hal ini sudah tentu sangat salah yang sebaiknya tidak anda lakukan kecuali dalam kondisi kepepet, mati listrik misalnya.

Dengan anda memaksa menggunakan USB laptop untuk mengisi daya pada smartphone, hanya akan menyebabkan anda bosan menunggu karena akan lama penuhnya. Itu dikarenakan arus listrik yang dialirkan USB laptop sangat rendah.

5. Stop Menggunakan Power Bank

Pada saat ini sangat banyak power bank abal-abal yang beredar di pasaran Indonesia. Maka dari itu sebaiknya hentikan menggunakan power bank untuk mengisi daya pada smartphone kesayangan. Bukannya baterai terisi penuh dengan cepat, yang ada baterai akan rusak karena aliran listrik yang tidak stabil.

Namun, anda bisa membeli power bank original yang berkualitas agar dapat mengisi daya baterai smartphone dengan cepat tanpa perlu takut akan hal aneh.

6. Matikan Smartphone

Langkah terakhir yang dapat anda terapkan jika ingin baterai smartphone cepat terisi penuh adalah mematikan smartphone saat di charger. Dengan mematikan smartphone segala proses tidak akan berjalan yang menjadikan pengisian daya menjadi cepat.

Menggunakan cara ini bahkan bisa mempercepat 2x lipat pengisian daya baterai dibandingkan jika smartphone dalam kondisi nyala. Maka dari itu, anda dapat menggunakan cara ini jika sedang buru-buru agar baterai cepat terisi.

Baca juga: 4 Cara Mengatasi Android Error Tidak Bisa di Charger

Begitulah tips yang dapat anda terapkan jika ingin baterai cepat penuh saat di charger. Jika teman-teman memiliki tips lain yang tidak tertulis di atas, bisa tambahkan pada kolom komentar. Terimakasih telah meluangkan waktu untuk membaca, jangan lupa bagikan ke sosial media.


Show EmoticonHide Emoticon