7 Ciri Baterai Android Mulai Rusak dan Harus di Ganti

7 Ciri Baterai Android Mulai Rusak dan Harus di Ganti - Perangkat smartphone berbasis Android saat ini sedang memiliki banyak pengguna dari berbagai kalangan. Tidak memandang usia, mulai dari anak kecil hingga orang dewasa saat ini pasti sudah menggunakan smartphone. Sangat banyak hal yang bisa dilakukan menggunakan smartphone. Mulai dari sebagai alat komunikasi, bermain games, menonton video dan mendengarkan lagu bisa dilakukan dengan mudah.

Tetapi, sering kali kita mengabaikan kesehatan baterainya karena terlalu asik melakukan aktifitas di smartphone. Salah satu hal yang paling berdampak buruk pada baterai adalah lupa mencabut charger saat baterai sudah terisi 100%. Hal tersebut tentu akan memperpendek usia baterai anda, maka dari itu kenali beberapa ciri baterai pada Android anda sudah mulai rusak dan harus segera di ganti di bawah ini.

7 Ciri Baterai Android Mulai Rusak dan Harus di Ganti

1. Baterai Cepat Habis

Hal pertama yang akan anda alami jika baterai smarthpone sudah mulai rusak adalah cepatnya baterai habis saat digunakan. Pada kondisi normal baterai smartphone Android sekarang ini akan habis dalam 3 -5 jam.

Jika baterai smartphone anda sudah habis di bawah kurun waktu tersebut, sudah bisa dipastikan bahwa baterai telah rusak.

Catatan : Waktu yang dimaksud saat digunakan untuk sekedar bersosial media / chatting tidak untuk bermain game atau menonton video dalam jangka waktu yang lama.

2. Lama Saat Charger

Pada smartphone baru yang belum pernah digunakan sebelumnya, proses charger akan sangat cepat untuk memenuhkan baterai. Tetapi jika kondisi baterai sudah rusak atau lemah, prosses charger biasanya akan terasa sangat lama.

Bahkan ada beberapa kasus yang menyebabkan baterai tidak bisa penuh hingga 100% pada saat di charger.

3. Mati Tiba-tiba

Sering mengalami smartphone yang mati tiba-tiba saat digunakan dengan kondisi baterai masih terisi banyak? besar kemungkinan baterai pada smartphone anda sudah mulai melemah. Hal ini terjadi karena daya listrik yang dialirkan ke komponen lain tidak stabil.

Jika anda sudah mengalami masalah ini sebaiknya segera lakukan perbaikan ke service center terdekat agar komponen lain tidak mengalami kerusakan.

4. Sering Restart Sendiri

Berbeda dengan sebelumnya, jika smartphone anda sering mgalami restart dengan sendirinya merupakan tahap lanjutan dari yang ketiga. Biasanya pada saat kondisi baterai terisi 50 - 30% smartphone akan sering restart dengan sendirinya saat digunakan.

Untuk memastikan kerusakannya, anda bisa menghubungkan charger pada smartphone. Jika tidak restart lagi, bisa dipastikan bahwa baterai Android anda harus segera diganti dengan yang baru.

5. Hanya bisa Hidup saat di Charger

Jika sudah mencapai tahap ini, biasanya kondisi baterai sudah sangat mengenaskan namun belum mengalami kembung pada kondisi fisik baterai. Smartphone tidak akan bisa dinyalakan jika belum terkoneksi dengan kabel charger.

6. Kondisi Baterai Mengembung

Tahap terakhir adalah kondisi fisik baterai mulai mengembung dan merusak bagian belakang smartphone. Hal ini akan sangat mengganggu dan sangat berbahaya karena bisa saja meledak dengan tiba-tiba tanpa kita ketahui.

Jika sudah mengalami kembung pada baterai smartphone, segeralah ganti dengan yang baru agar anda terhindar dari bahaya meledaknya baterai tersebut.

Baca juga: 5 Cara Mengatasi Asus Zenfone Sering Restart Sendiri

Itulah beberapa ciri khusus yang dapat anda ketahui jika baterai Android sudah mulai rusak dan harus segera di ganti. Jika anda memiliki ciri lain yang belum tertulis, bisa cantumkan pada kolom komentar. Terimakasih telah meluangkan waktu untuk membaca, bagikan ke sosial media juga yah.


Show EmoticonHide Emoticon