5 Cara Mengatasi Asus Zenfone Sering Restart Sendiri

5 Cara Mengatasi Asus Zenfone Sering Restart Sendiri - Asus merupakan vendor gadget yang belum lama ini mulai aktif memproduksi smartphone. Pada saat ini sudah ada puluhan bahkan sampai ratusan jenis smartphone bersistem operasi Android yang telah di perjual belikan. Tidak susah untuk vendor Asus memikat hati konsumen untuk membeli produknya. Salah satu produk smartphonenya yang paling laris adalah seri Asus Zenfone. Dengan membekali spesifikasi yang canggih dan harga super terjangkau, seri Asus Zenfone laris manis di pasaran Indonesia. 

Tetapi yang namanya barang elektronik tidak akan lepas dari yang namanya kerusakan atau bug. Sering terjadi kerusakan yang menyebabkan Asus Zenfone mulai error dan melakukan restart sendiri yang sangat mengganggu. Untuk mengatasi masalah Asus Zenfone sering restart sendiri bisa simak di bawah ini.

5 Cara Mengatasi Asus Zenfone Sering Restart Sendiri

1. Charger Asus Zenfone

Hal paling awal yang wajib anda lakukan saat Asus Zenfone mulai melakukan restart sendiri adalah mencolokan kabel charger. Kenapa demikian? karena bisa saja baterai dari smartphone anda telah rusak yang mengakibatkan aliran listrik tidak stabil.

Jika pada saat di charger smartphone anda tidak mengalami restart dengan sendirianya, itu memastikan bahwa baterai Asus Zenfone sudah rusak dan harus diganti. Ada baiknya anda langsung menggantinya agar tidak menambah kerusakan komponen lain.

2. Lepas MicroSD, Sim Card

Sudah mengikuti langkah pertama tapi masalah tak kunjung teratasi? anda bisa melepaskan MicroSD dan Sim Card pada smartphone anda. Bukan tidak mungkin masalah yang menyebabkan smartphone sering restart sendiri berasai dari komponen tersebut.

Nyalakanlah smartphone anda tanpa memakai MicroSD dan Sim Card untuk beberapa saat. Jika masih mengalami restart dengan sendirinya, lanjutkan ke tahap nomer 3.

3. Wipe Cache Partition

Banyak pengguna smartphone Android yang gemar menginstall lalu meng-uninstall banyak aplikasi. Padahal, melakukan hal tersebut akan meninggalkan banyak cache atau file sampah pada smartphone. Hal tersebut dapat menyebabkan Asus Zenfone mengalami beragam bug termasuk sering restart sendiri.

Untuk mengatasi masalah tersebut anda bisa membersihkan cache pada smartphone melalui Recovery Mode, dengan cara mengikuti langkah-langkah di bawah ini:
  • Matikan smartphone, tunggu 1-2 menit agar mati dengan sempurna.
  • Nyalakan smartphone dengan cara menekan tombol Power + Volume Down.
  • Pada saat logo Android keluar, lepaskan kedua tombol tersebut.
  • Akan muncul beberapa menu, silakan pilih Recovery Mode lalu Wipe Cache Partition.
  • Selesai, smartphone akan restart dan bisa digunakan kembali.
Catatan : Pada saat memilih menu pada Recovery Mode anda tidak dapat menggunakan layar sentuh. Gunakanlah tombol Volume Up, Volume Down dan tombol Power untuk memilih menu yang diinginkan.

4. Reset ke Setelan Pabrik

Jika anda sudah mengikuti langkah di atas masalah belum juga teratasi, mengembalikan semua pengaturan dan data kembali kesetelan pabrik merupakan solusinya. Dengan melakukan langkah ini sangat efektif untuk menyembuhkan atau memperbaiki bug yang telah terjadi sebelumnya.

Anda dapat melakukannya melalui Recovery Mode menggunakan tutorial pada langkah sebelumnya. Atau bisa juga menggunakan cara lebih mudah melalui Settings - Sistem - Reset - Reset ke Setelan Pabrik.

5. Service & Claim Garansi

Langkah terakhir yang bisa anda lakukan untuk menyembuhkan smartphone Asus Zenfone adalah membawanya ke service center. Besar kemungkinan ada beberapa komponen yang mengalami kerusakan dan menyebabkan smartphone restart sendiri.

Jika anda belum mempunyai pengalaman dalam membongkar dan mengganti komponen smartphone ada baiknya jangan mencobanya sembarangan agar tidak menambah kerusakan.

Baca juga: 5 Cara Mengatasi Aplikasi LINE Telah Berhenti di Android

Begitulah cara paling mudah untuk mengatasi smartphone Asus Zenfone yang sering mengalami restart sendiri. Jika teman-teman memiliki pertanyaan mengenai langkah demi langkah di atas, bisa tuliskan di komentar. Terimakasih telah meluangkan waktu untuk membaca tutorial singkat kali ini, jangan lupa untuk membagikannya.


Show EmoticonHide Emoticon