Cara Membuat File Folder Menjadi Format RAR atau ZIP

Cara Membuat File Folder Menjadi Format RAR atau ZIP - Mengemas beberapa file penting yang ingin di simpan atau di kirim sangatlah direkomendasikan. Selain untuk mengecilkan ukuran file tersebut, mengemas file menjadi RAR atau ZIP juga dapat mengurangi kejadian kehilangan file atau file terkena virus. Sangat banyak keuntungan yang di dapat jika menjadikan file atau folder menjadi format RAR dan ZIP. Anda juga dapat dengan mudah mengirimkan banyak file melalui E-mail ataupun flashdisk. Enggak perlu lagi mengupload file satu persatu secara manual, anda hanya perlu mengemasnya agar menjadi format RAR atau ZIP.

WinRAR merupakan aplikasi yang dapat anda gunakan untuk mengubah format file menjadi RAR atau ZIP. Aplikasi arsip dan juga kompresi yang diciptakan oleh Eugene Roshal ini bisa mengemas atau mengarsipkan sebuah folder menjadi formar RAR, ZIP dan banyak format lainnya. Cara untuk mengarsipkan sebuah file folder menjadi format RAR sangatlah mudah, berikut akan saya jelaskan di bawah ini.

Cara Membuat File Folder Menjadi Format RAR atau ZIP

1. Silakan anda Download dan Install WinRAR pada perangkat komputer anda.
2. Jika sudah terpasang, siapkan sebuah folder yang berisi file yang ingin dijadikan RAR atau ZIP.
3. Lalu klik kanan pada folder tersebut maka akan terdapat beberapa menu dari WinRAR, seperti gambar di bawah.
Pilihan Format RAR atau ZIP
4. Klik Add to "namafile.rar" untuk menjadikan ke format RAR.
5. Untuk membuat format ZIP, klik menu Add to archive... lalu ganti Archive format menjadi ZIP dan tekan OK.

Mudah banget kan? untuk mengeluarkan/extract file yang telah dijadikan RAR atau ZIP, caranya sangat mudah. Anda hanya perlu mengklik kanan pada file yang berformat RAR atau ZIP dan tekan Extract Here.

Baca juga: Cara Mengaktifkan Fitur Slide to Shutdown di Windows 10

Begitulah cara mudah membuat atau mengubah file folder menjad format RAR atau ZIP. Jika anda memiliki pertanyaan mengenai tutorial di atas, jangan malu untuk bertanya di komentar. Jangan lupa juga untuk membagikan tutorial di atas ke sosial media agar semakin banyak yang terbantu. Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel singkat kali ini mengenari WinRAR.


Show EmoticonHide Emoticon