5 Cara Mengatasi Lag Mobile Legends Pada Android dan iOS

5 Cara Mengatasi Lag Mobile Legends Pada Android dan iOS - Mobile Legends merupakan sebuah game yang tersedia hanya untuk Smartphone berbasis Android dan iOS. Pada tahun 2017 game Mobile Legends sedang booming dan sangat digemari oleh pengguna Smartphone, milai dari anak-anak sampai orang dewasa juga gemar bermain game ini. Game dengan tipe MOBA ini bisa di katakan sangat seru dan asik untuk dimainkan, apalagi jika bermain bersama teman-teman. Selain keseruan yang di dapat saat bermain game ini, ada beberapa kekurangan pada game Mobile Legends.

Kekurangan pada Mobile Legends yaitu sering merasakan Lag ataupun ping naik turun saat memainkan game ini, terutama pada saat sedang War. Berikut saya akan memberikan beberapa cara mengatasi lag Mobile Legends pada Android dan iOS.

Cara Mengatasi Lag Mobile Legends Pada Android dan iOS

1. Matikan atau Aktifkan Speed Mode

Pada menu setting (Roda bergigi) Mobile Legends kalian dapat menemukan tulisan Speed Mode yang bisa di matikan ataupun di aktifkan. Saran saya agar tidak lag saat bermain Mobile Legends adalah aktifkan Speed Mode saat menggunakan jaringan Wi-Fi dan matikan/non-aktifkan Speed Mode pada saat menggunakan jaringan data seluler.

Kenapa saya sarankan untuk mematikan Speed Mode ketika menggunakan jaringan seluler? berdasarkan pengalaman pribadi saya saat bermain Mobile Legends menggunakan data seluler dan mengaktifkan Speed Mode mengakibatkan ping saat bermain menjadi naik turun dan menjadi tidak stabil, mungkin dikarenakan QoS (Quality of Service/batasan kecepatan internet yang diberikan pada setiap paket) pada paket saya yang kecil.

Jadi saya sarankan untuk matikan Speed Mode saat menggunakan data seluler, kecuali jika QoS pada paket kalian memadai untuk mengaktifkan Speed Mode, semua tergantung pada kehendak kalian.

2. Mengganti APN (Access Point Name)

APN atau kepanjangannya Access Point Name merupakan gerbang data seluler untuk mengakses Internet, setiap perangkat baik Smartphone ataupun Modem sangat membutuhkan konfigurasi agar dapat terhubung ke Internet. Pada dasarnya setiap operator yang ada di Indonesia menggunakan APN Default Internet dan dapat di ubah sesuai keinginan dan kondisi.

APN Default terkadang akan menjadi Lag pada saat banyak pengguna atau saat jam-jam sibuk, maka saya sarankan kalian para pemain Mobile Legends untuk mengganti APN pada saat ingin bermain.

Sangat banyak sekali APN yang tersedia untuk digunakan, berikut adalah contoh APN yang dapat kalian gunakan saat bermain Mobile Legends :
  • indosatgprs
  • telkomsel
  • 3data
  • aha
Itu merupakan sedikit contoh APN yang bisa kalian gunakan, sebanarnya masih banyak APN yang bisa digunakan tetapi saya sarankan kalian pilih salah satu APN di atas. Bagi yang belum mengerti cara untuk setting APN kalian bisa baca: Cara Setting APN Internet di Android.

3. Tutup Aplikasi lain yang sedang berjalan

Sudah sewajarnya jika saat bermain game pada Smartphone kalian wajib menutup Aplikasi yang tidak di perlukan, seperti Facebook, LINE, Instagram dan lain-lain yang bisa mengganggu aktifitas bermain game. Cara ini saya anjurkan untuk pengguna Smartphone dengan spesifikasi pas-pasan, karena bisa menghemat penggunaan RAM dan menstabilkan Smartphone. Selain itu cara ini juga bisa menghindarkan kalian dari Crash pada saat bermain game.

4. Jangan aktifkan Low Power Mode

Pada saat kalian bermain Mobile Legends sebaiknya jangan mengaktifkan Low Power Mode, dikarenakan bisa mengganggu aktifitas bermain game kalian. Pada saat Low Power Mode di aktifkan maka performa dari Smartphone kalian menjadi berkurang karena fitur ini berfungsi untuk menghemat baterai Smartphone dan sangat tidak cocok digunakan saat bermain game Mobile Legends karena mengurangi performa.

5. Menurunkan kualitas grafis

Jika kalian sudah menerapkan cara di atas namun masih Lag saat bermain Mobile Legends, bisa saja itu dikarenakan spesifikasi Smartphone kalian yang tidak memadai. Solusi untuk mengatasi Lag yaitu dengan cara menurunkan kualitas grafis pada menu Setting, kalian bisa mengganti grafis yang awalnya High menjadi Medium ataupun Low sesuaikan dengan kekuatan Smartphone yang kalian miliki.

Baca juga: Inilah 5 Kartu Internet Tercepat dan Terbaik di Indonesia

Itulah berbagai cara yang bisa digunakan untuk mengatasi Lag Mobile Legends pada Android dan iOS yang saya ketahui. Jika dari kalian para pembaca memiliki cara lain bisa berkomentar di bawah dan jangan lupa bagikan artikel ini jika menurut kalian bermanfaat, Terimakasih.


Show EmoticonHide Emoticon