8 Cara Mengatasi Sim Card Tidak Terdeteksi di Android

Cara Mengatasi Sim Card Tidak Terdeteksi di Android

8 Cara Mengatasi Sim Card Tidak Terdeteksi di Android - Hallo para pembaca setia blog arikadnyana.com, pada artikel kali ini saya akan membahas tutorial tentang ponsel android, yaitu cara mengatasi sim card yang tidak terbaca di ponsel Android kalian. Jika kalian sedang mengalami masalah sim card yang tidak terdeteksi ini, jangan panik dulu karena ada beberapa cara ampuh yang bisa mengatasi masalah sim card tidak terdeteksi ini.

Masalah Sim Card tidak terdeteksi ini sangat sering dialami oleh pengguna smartphone, ada beragam masalah yang menyebabkan Sim Card tidak terdeteksi pada ponsel, seperti : Sim Cardnya memang rusak, kesalahan setting pada ponsel, Sim Card kotor atau berdebu, IMEI hilang atau tidak valid.

Beberapa Cara Mengatasi SIM Card Tidak Terbaca

Diantara beberapa penyebab itu ada solusi cara mengatasinya. Langsung saja kita bahas cara mengatasi Sim Card Tidak Terdeteksi di Android, simak baik-baik caranya pada artikel di bawah ini.

1. Setting Sim Card

Terkadang kita lupa mengaktifkan sim card pada ponsel android atau ada teman kalian yang iseng menonaktifkan Sim Card di ponsel kalian, ini menyebabkan Sim Card tidak terbaca/terdeteksi. Namun tenang saja, cara mengatasinya cukup masuk ke menu Setting lalu pilih menu Sim Card Setting dan Centang Sim Card yang ingin di aktifkan.

2. Restart Android kalian

Biasanya masalah sim card tidak terdeteksi karena sistem operasi pada android kalian sedang error atau terjadi suatu masalah yang tidak kalian ketahui. Maka coba restart android kalian agar sistem operasi android bisa berjalan secara normal kembali.

3. Bersihkan Sim Card

Coba kalian buka sim card smartphone android kalian lalu kalian lepaskan sim card yang terpasang, kalian cek apakah sim card bersih atau kotor, kalau kotor kalian bersihkan dahulu dengan tisu atau lap halus lainnya, tapi jangan di bilas dengan air.

4. Coba Sim Card lain

Jika sim card sudah bersih namun masih tidak bisa terdeteksi coba kalian gunakan sim card lain, jika sim card lain terdeteksi maka sim card lama kalian sudah rusak dan harus di ganti. Namun jika sim card lain tidak terdeteksi juga maka kemungkinan tempat sim card atau IMEI android kalian rusak/tidak valid.

5. Cek IMEI Android kalian

Terkadang sim card tidak terdeteksi karena faktor IMEI di android kalian tidak valid/hilang terhapus karena kalian pernah mengotak-atik sistem android atau kalian pernah gagal dalam flashing android kalian.

Cara cek IMEI ponsel kalian sangat mudah, caranya dial ke *#06# maka akan muncul IMEI android kalian yang berjumlah 15 digit angka, contoh : 353263065114*** tiga digit di rahasiakan, hehe.

6. Tambahkan IMEI jika IMEI tidak valid/hilang

Jika pada saat kalian mengecek IMEI ternyata IMEI android kalian tidak valid/hilang tidak muncul 15 digit angka, itu artinya kalian harus menambahkan IMEI andrid kalian secara manual. Sebelum kalian mengembalikan IMEI pastikan kalian sudah mencatat IMEI android yang biasanya berada di belakang ponsel (buka casing) atau di Box android kalian, cari saja sendiri karena setiap ponsel android letaknya berbeda-beda.

Jika nomer IMEI sudah ketemu langsung saja kita bahas cara menambahkan IMEI secara manual di bawah ini :

  • Kalian ketik *#*#3646633#*#* pada kotak dialer ponsel kalian.
  • Jika berhasil maka akan masuk ke halaman Engineer mode.
  • Lalu kalian geser ke kanan pilih menu Connectivy.
  • Selanjutkan kalian pilih menu CDS Information.
  • Lalu ke menu Radio Information.
  • Setelah itu akan muncul pilihan menu SIM 1 dan SIM 2 apabila ponsel android kalian memiliki dual sim.
  • Kalian ketik/tulis pada kolom yang tersedia.
  • Untuk SIM 1 kalian tulis/ketik AT +EGMR=1,7,”Masukan IMEI SIM 1″
  • Untuk SIM 2 kalian tulis/ketik AT +EGMR=1,10,”Masukan IMEI SIM 2″
  • Contoh penulisannya : AT +EGMR=1,7,”353263065114***″ 
  • Jika sudah kalian tulis kalian klik tombol Send at Command yang terletak di bawahnya.
  • Terakhir kalian restart ponsel android dan lihat hasilnya dengan cara cek *#06#.

Nah itu dia cara mengembalikan IMEI yang tidak valid pada ponsel android kalian.

7. Kembalikan ke setelan pabrik

Jika semua cara di atas masih tidak berhasil untuk mendeteksi sim card di android kalian, maka sekarang kalian harus merelakan android kalian ke reset ke setelan awal seperti beli baru, data-data di android juga akan hilang. Sebelum kalian mencoba cara ini pastikan kalian sudah membackup data-data penting yang ada pada ponsel kalian.

Langsung saja cara mengembalikan ponsel ke setelah pabrik cukup mudah, yaitu kalian tinggal masuk ke menu Setting lalu pilih menu Cadangkan/Pulihkan setelah itu kalian pilih Kembalikan ke setelan pabrik/Factory data reset lalu kalian ikuti saja instruksinya dan tunggu beberapa menit.

8. Service atau claim garansi (jika masih ada garansi)

Langkah terakhir nih jika sim card tetap tidak terdeteksi setelah mengikuti cara-cara di atas, kemungkinan ada hardware yang rusak dan perlu penanganan para ahli untuk mengetahui bagian apa saja yang rusak. Saran saya bawa ke tukang servis langganan kalian atau jika ponsel kalian masih memiliki garansi maka kalian sangat beruntung, tinggal claim saja garansinya.

Baca juga: Cara Setting APN Internet Semua Operator Di Android

Itulah beberapa cara mengatasi sim card tidak terdeteksi di android. Semoga artikel kali ini bisa membantu untuk kalian semua para pembaca setia blog arikadnyana.com dan jangan lupa bagikan ke jejaring sosial jika menurut kalian artikel ini layak untuk di bagikan, terimakasih sudah meluangkan waktu untuk berkunjung.