Keuntungan dan Kerugian Bermain Game Bagi Kehidupan

Keuntungan dan Kerugian Bermain Game Bagi Kehidupan -  Game yang dalam bahasa Indonesianya berarti Permainan adalah salah satu hal yang sangat menarik di lakukan. Pada kehidupan kita sehari-hari pasti akan menjuampai game. Sekarang game sudah sangat  banyak peminatnya mulai dari anak-anak hingga orang dewasa sekalipun. Bermain game ternyata memiliki banyak keuntungan dan kerugian tersendiri.

Sebagaian orang bermain game memiliki dampak buruk namun itu tergantung bagaimana kita memainkan game dan game apa yang kita mainkan, sekarang ini ada juga keuntungan yang dapat kita peroleh saat memainkan sebuah game. Nah berikut ini ada beberapa keuntungan dan kerugian bermain game yang harus kalian ketahui.

Keuntungan dan Kerugian Bermain Game

Baik, mari kita mulai membahas keuntungannya terlebih dahulu, berikut adalah beberapa keuntungan bermain game yang berhasil saya rangkum di bawah ini.

1. Menghilangkan Rasa Bosan ataupun Stress

Stres atau rasa bosan tidak hanya dialami oleh orang tua tetapi anak-anak juga banyak yang mengalaminya. Beberapa orang tua terkadang memberikan tugas ataupun hal yang sebenarnya anak-anak mereka tidak suka, misalnya terkait belajar, bersih-bersih. Bermain game dapat menjadi jalan keluar bagi anak, lepas dari tekanan untuk mengurangi tingkat stres dan rasa bosan yang mereka alami.

Sedangkan untuk orang tua ataupun orang dewasa kebanyakan dari mereka merasa stress ataupun bosan melakukan aktifitas pekerjaan sehari-hari di kantor. Nah bermain game adalah solusi paling mudah dilakukan untuk menghilangkan rasa bosan dan stress tersebut, jaman sekarang ini juga sudah banyak game yang bertebaran dan bisa di mainkan secara gratis.

2. Membuat Kita Bahagia dan Senang

Selanjutnya kita dapat merasa bahagia ataupun senang dari bermain game. Namun, sangat penting untuk membatasi waktu bermain game, karena ada kemungkinan bahwa game ini membuat kalian menjadi kecanduan dan akhirnya lupa waktu.

Sebaiknya kalian bermain game jangan terlalu sering. Pastikan juga kalian tetap melakukan aktivitas di lingkungan sosial.

3. Melatih Otak

Bermain Game juga dapat melatik otak kita, misal bermain game yang berjenis game kuis Parampa atau kuis game lain yang kaitanya dengan pelajaran sekolah. Apalagi sekarang ini kebanyakan game yang menggunakan bahasa Inggris yang dapat melatih kemampuan berbahasa inggirs kalian.

Tapi walaupun bisa melatih otak, kalian jangan sampai lupa belajar juga karena keseringan bermain game itu malah buruk bagi otak. Jadi kesimpulannya kalian sebaiknya membuat jadwal kapan saatnya main game dan kapan saatnya belajar agar seimbang.

4. Dapat Meredam Rasa Sakit

Bermain game bisa menjadi penghilang rasa sakit untuk mengatasi sakit fisik atau emosional,  contohnya, pada orang yang sedang menderita suatu penyakit di mana hanya dapat melakukan aktivitas di kamar tidur. Jika kalian sakit pasti kalian pernah merasa jenuh dan bingung ingin melakukan apa, maka bermain game ini adalah solusinya agar bisa melupakan sejenak rasa sakit yang kalian derita.

Sekarang waktuya kita langsung membahas tentang kerugian bermain game bagi kehidupan di bawah ini.

1. Rasa Malas Meningkat 80%

Jika kalian sedang memainkan sebuah game pada smartphone ataupun perangkat lainnya pasti kalian akan malas melakukan hal-hal lain selain duduk bermain game. Karena kalian sudah di manjakan dan penasaran dengan game yang kalian mainkan itu berakibat sangat buruk dan tidak sehat jika keseringan bermain game dan tidak melakukan hal lain.

Saran saya kalian boleh bermain game tapi ingat ada hal lain yang sebaiknya kalian lakukan terlebih dahulu, misalnya tugas sekolah atau yang paling simple jangan lupa mandi.

2. Dapat Merusak Mata

Bagimana tidak merusak mata karena saat kita memainkan sebuah game maka otomatis mata kita akan fokus ke layar komputer ataupun Televisi yang cerah, itu mengakibatkan mata kita menjadi kelelahan karena keseringan  melihat hal-hal yang terang.

Maka tidak heran jika banyak para gamer sekarang yang menggunakan kacamata minus. Saran saya jika kalian memainkan sebuah game dengan waktu yang lama, turunkan tingkat kecerahan layar pada komputer, Televisi atau smartphone kalian.

3. Mudah Capek

Keseringan duduk di depan layar bisa saja membuat tubuh kalian jadi pegal-pegal. Soalnya, kalian tidak menggerakan badan dan terlalu fokus dengan game yang kalian mainkan. Begitu kalian menggerakan badan maka akan terasa sakit karena badan belum siap bergerak dan terlalu lama duduk terdiam membisu.

4. Mudah Gemuk

Bermain game yang kebanyakan duduk di atas kursi membuat kita malas dan itu mengakibatkan kita jangan bergerak dan lemak menumpuk pada tubuh kita. Bisa kalian lihat pada lingkungan gamer-gamer sekarang kebanyakan yang berbagan gemuk karena mereka jarang bergerak.

Maka saran saya jika kalian sedang memainkan game jangan lupa gerakan tubuh sesekali dan jangan lupa bangun sesekali, kalo bisa sih olahraga jangan sampai di lupakan.

5. Gampang Terserang Penyakit

Selain mempercepat tubuh kalian gemuk, keseringan bermain game juga dapat mengakibatkan kalian sering diserang penyakit. Contoh sederhananya yang paling banyak di derita yaitu sakit Demam berdarah atau panas biasa. Itu karena kita keseringan diam dan jarang bergerak jadi penyakit gampang masuk ke tubuh kita.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Semua Hero Mobile Legends

Nah itu adalah 4 keuntungan dan 5 kerugian bermain game yang berhasil saya rangkum, keuntungan dan kerugian bermain game itu bisa saja saya tambah sewaktu-waktu jika saya mendapatkan keuntungan dan kerugian lainnya. Sudah tahu kan beberapa keuntungan dan kerugian bermain game bagi kehidupan setelah membaca artikel di atas? jika kalian merasa terbantu dan senang dengan artikel ini jangan lupa untuk bagikan ke jejaring sosial kalian dan jika kalian memiliki keuntungan dan kerugian bermain game lain, bisa kalian sebutkan di komentar, terimakasih sudah meluangkan waktu untuk berkunjung.