Cara Membuat Wifi Sendiri Menggunakan Fitur Hotspot Android

Cara Membuat Wifi Sendiri Menggunakan Fitur Hotspot Android

Ari
Cara Membuat Wifi Sendiri Menggunakan Fitur Hotspot Android

Cara Membuat Wifi Sendiri Menggunakan Fitur Hotspot Android - Kalian pasti pernah membutuhkan koneksi internet untuk laptop kalian, namun kalian tidak memiliki modem ataupun wifi di rumah kalian, untuk sekarang ini kalian tidak usah bingung mencari modem ataupun memasang wifi di rumah kalian untuk mendapatkan koneksi internet. Sekarang ini smartphone berbasis Android ataupun iOS bisa dijadikan wifi. Fitur yang bernama Tethring ini adalah jembatan untuk menyambungkan internet dari satu perangkat ke perangkat lainnya. Pembagian koneksi internet dilakukan oleh salah satu smartphone yang digunakan sebagai sumber tethering, disisi lain perangkat yang menggunakan wifi tersebut akan mendapatkan koneksi dari sumber tethering tersebut.

Fitur ini sangat berguna untuk sekarang, namun fitur ini memiliki kekurangan yaitu menyebabkan ponsel yang digunakan sebagai sumber tethring menjadi boros akan baterai. Sebaiknya jika kalian ingin menggunakan atau menyalakan wifi ini sediakan charger dan jangan terlalu sering menggunakannya. Oke langsung saja kita bahas cara membuat wifi sendiri menggunakan fitur hotspot di android, silahkan kalian simak baik-baik artikel di bawah ini.

Hal yang harus kalian siapkan jika ingin membuat wifi sendiri tentunya smartphone android kalian harus memiliki koneksi internet atau kartu internet yang memiliki paket data untuk di bagikan ke perangkat lain.

  1. Buka menu Setting pada smartphone kalian.
  2. Setelah menu setting terbuka, pada bagiaan Wireless & networks kalian pilih menu More/Lainnya.
  3. Maka akan muncul beberapa menu pilihan lagi, kalian pilih saja pada menu Tethering.
  4. Pada menu Tethering kalian pilih Set up Wi-Fi hotspot untuk mengatur nama dan password wifi kalian.
  5. Setelah masuk menu Set up Wi-Fi hotspot, kalian isikan kolom :
    • Network name, kolom ini kalian isikan dengan nama wifi yang kalian inginkan.
    • Security, bagian ini isi dengan WPA2 PSK.
    • Password, isikan password wifi yang kalian inginkan, minimal 8 huruf atau angka.
    • Disable Wi-Fi hotspot when inactivity, kalian isi jika kalian ingin mematikan fitur hotspot secara otomatis jika tidak terpakai.
  6. Jika sudah mengisi menu-menu tersebut kalian klik save.
  7. Langkah terakhir kalian centang ON pada menu Portable Wi-Fi hotspot, maka wifi sudah aktif dan bisa digunakan di perangkat lainnya.

Baca juga : Cara Setting APN Internet di Android

Itulah cara mudah membuat wifi sendiri menggunakan fitur hotspot pada android kalian, fitur ini sangat cocok digunakan untuk anak kost yang sedang hemat uang jajan, kan lumayan daripada beli modem lebih baik menggunakan cara ini, hehe. Sekian untuk artikel kali ini, jika menurut kalian artikel ini bermanfaat jangan lupa untuk bagikan ke jejaring sosial kalian, terimakasih sudah meluangkan waktu untuk berkunjung.

Add Comments

Freedom of speech
Cancel

Iklan atas artikel

Related Post