15+ Istilah Jual Beli Online Yang Wajib Kamu Ketahui

15+ Istilah Jual Beli Online Yang Wajib Kamu Ketahui

Ari
15+ Istilah Jual Beli Online Yang Wajib Kamu Ketahui

Berkembangnya dunia Internet banyak memberikan dampak positif terutama bagi orang-orang yang gemar melakukan transaksi. Pada saat ini kita dapat dengan mudah melakukan transaksi hanya bermodalkan Gadget dan koneksi Internet yang memadai. Ada banyak website, sosial media dan forum-forum yang dapat kita kunjungi jika ingin menjual atau membeli sebuah barang di Internet.

Jika anda tertarik memasuki bisnis jual beli atau hanya sekedar ingin membeli barang, anda wajib mengetahui beberapa istilah penting yang mungkin tidak anda pahami. Berikut adalah beberapa istilah penting yang sering kita lihat saat sedang bertransaksi secara Online.

1. WTB (Want To Buy)

WTB merupakan istilah yang sering digunakan bagi seseorang yang ingin membeli suatu barang secara online.  Saat menggunakan istilah ini calon pembeli wajib melengkapi judul dengan barang yang ingin dibeli serta spesifikasinya.

2. WTS (Want To Sell)

WTS adalah istilah kebalikan dari WTB, dimana seseorang akan menggunakan istilah ini jika ingin menjual suatu barang secara online. Para penjual biasanya akan melengkapi spesifikasi barang yang ingin dijualnya.

3. TT (Tukar Tambah)

TT adalah istilah yang sering digunakan seseorang yang ingin bertukar tambah pada forum-forum jual beli online. Jika menggunakan istilah ini, sebaiknya sertakan kekurangan dan kelebihan barang yang ingin di tukar tambah.

4. Rekber (Rekening Bersama)

Rekber merupakan istilah yang sering digunakan jika calon pembeli takut tertipu pada saat ingin mebeli barang. Rekber membutuhkan perantara yang terpercaya agar nyaman, aman dan saling percaya saat melakukan transaksi.

5. Mahar (Matok Harga)

Mahar adalah istilah yang biasa digunakan oleh para penjual barang yang memasang harga pertama untuk barang yang ingin dijualnya.

6. ORI (Original)

ORI merupakan istilah yang biasa dituliskan para penjual untuk meyakinkan calon pembeli bahwa barang yang dijualnya adalah asli atau original.

7. CLBK (Chat Lama Beli Kaga)

CLBK adalah istilah yang biasa digunakan para penjual untuk menyindir orang-orang yang biasanya hoby nanya tapi tidak membeli barang yang dijualnya.

8. SS (Screenshot/Surat-surat)

SS merupakan istilah yang sering disertakan pada jual beli di sosial media, dimana para penjual biasanya akan menyertakan Screenshot akun yang ingin dijual. Sedangkan untuk jual beli barang SS merupakan singkatan dari Surat-surat yang terdapat lengkap atau tidak.

9. COD (Cash Of Delivery)

COD adalah istilah untuk melakukan pertemuan antara penjual dan calon pembeli sesuai tempat yang telah disepakati. Hal ini biasa dilakukan jika calon pembeli kurang mempercayai penjual barang yang ingin dibelinya.

10. BT (Barter)

BT merupakan istilah yang biasa disertakan jika pemilik barang ingin menukarkan barangnya. Hampir sama dengan Tukar Tambah, tetapi dalam barter tidak ada tambahan biaya dari pihak manapun.

11. TS (Thread Starter)

TS adalah istilah yang sering dipakai untuk memanggil penjual barang, secara sederhanya TS ialah seorang penjual dalam transaksi belanja online.

12. BNIB (Brand New In Box)

BNIB merupakan istilah yang sering digunakan saat barang baru dibuka dari kotak atau kemasan aslinya. Tujuan istilah ini digunakan agar para calon pembeli percaya jika barang yang ingin dibeli adalah barang baru.

13. DP (Down Payment)

DP adalah istilah yang kita kenal sebagai uang muka yang digunakan untuk memastikan bahwa barang tersebut akan benar-benar dibeli. Jumlahnya juga beragam, tetapi DP biasanya berkisar 25 persen sampai 50 persen dari harga barang.

14. PO (Pre-order)

PO biasanya dilakukan dengan cara pembeli akan membayar beberapa persen dari harga jual diawal transaksi. Hal tersebut berarti barang yang ingin beli, dipesan dahulu lalu penjual akan diberikan DP.

15. PM (Private Message)

PM merupakan istilah yang cukup familiar, dimana para pembeli dapat mengirim pesan langsung ke penjual jika ingin bertanya mengenai barang yang dijualnya.

16. NET (No Nego)

NET adalah istilah yang berarti barang yang ingin dijual tidak dapat ditawar lagi harganya. Jadi, kalau menemukan istilah ini pada judul jual beli enggak usah coba di tawar lagi daripada malu-maluin kan.

Baca juga: Syarat Monetisasi YouTube Makin Berat, Bagaimana Nasib Pemula?

Itulah beberapa istilah penting yang wajib anda ketahui jika ingin menjual atau membeli barang secara online. Jika anda memiliki istilah tambahan yang belum tercantum, bisa tuliskan di kolom komentar agar yang lain dapat mengetahuinya. Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membaca, jangan pelit berbagi yah!

5 Comments

Freedom of speech
Cancel

Iklan atas artikel

Related Post