10 Cara Mengatasi Gagal Upload Foto dan Video Instagram

10 Cara Mengatasi Gagal Upload Foto dan Video Instagram

Ari

Instagram merupakan sebuah aplikasi berbagi foto dan video yang memungkinkan pengguna mengambil foto atau video, menerapkan filter digital, dan membagikannya ke berbagai layanan jejaring sosial, termasuk milik Instagram sendiri.

Satu fitur yang unik di Instagram adalah memotong foto dan video menjadi bentuk persegi, sehingga terlihat seperti hasil kamera Kodak Instamatic dan polaroid. Hal ini berbeda dengan rasio aspek 4:3 yang umum digunakan oleh kamera pada peranti bergerak.

Namun jejaring sosial Instagram ini terkadang mengalami error atau bug, salah satunya adalah saat kita mengupload video terkadang gagal. Saya membuat artikel ini karena saya pernah mengalaminya dan merasa kesal sendiri.

Maka dari itu disini saya sebagai admin akan memberikan cara untuk mengatasi gagal upload foto dan video pada sosial media Instagram agar kalian tidak kebingungan.

Mengatasi Gagal Upload di Instagram

Cara-cara yang dicantumpan pada artikel ini sudah saya coba dan terapkan sendiri, terbukti ampuh dalam mengatasi gagal saat upload Instagram. Silakan pilih salah satu dan temukan yang dapat berhasil diperangkat Anda.

1. Restart Smartphone

Pada halaman resmi Instagram tertulis, sebelum anda mengunggah foto maupun video sebaiknya anda merestart Smartphone atau Tablet anda. Ini merupakan langkah awal yang wajib anda lakukan jika ingin berhasil mengupload foto atau video.

Tindakan ini dapat mengurangi error maupun hang pada saat menggunggah / upload foto. Selain itu merestart smartphone juga bisa memaksimalkan kinerja smartphone tersebut.

2. Bersihkan Cache Data

Membersihkan Cache Data adalah hal yang sangat penting anda lalukan agar tidak terjadi halangan saat mengupload foto maupun video di Instagram. Selain mengurangi sampah yang tidak penting pada smartphone, cara ini juga bisa melancarkan koneksi Internet.

Caranya mudah, Pertama kalian buka Settings - Aplikasi - All - Lalu cari aplikasi Instagram kemudian anda tap Clear data dan Cache.

3. Gunakan Koneksi Internet Lain

Jika kedua cara di atas masih belum berhasil mengupload foto ataupun video, coba kalian beralih menggunakan koneksi internet lain, misalnya menggunakan Wifi atau ganti kartu yang kalian gunakan. Karena ada kemungkinan kartu Internet yang anda gunakan sedang bermasalah atau sedang gangguan.

Saran saya gunakan koneksi internet yang cepat, minimal 3G atau jika kalian tidak ada wifi dan malas ganti kartu, kalian bisa mencari Wifi.id terdekat di wilayah kalian.

4. Update Instagram ke versi terbaru

Terkadang aplikasi Instagram menyediakan update yang tidak anda ketahui. Melakukan update secara rutin merupakan langkah untuk mengatasi error atau bug yang ada pada aplikasi Instagram.

Maka dari itu ada baiknya anda mengecek Google Playstore atau App Store, mungkin saja ada update terbaru.

5. Install Ulang Instagram

Langkah terakhir ini adalah langkah yang paling ampuh untuk mengatasi masalah error atau gagal mengupload foto dan video di Instagram. Jika semua langkah di atas gagal dan tetap tidak bisa mengupload foto ataupun video, maka kalian lakukan langkah ini dijamin ampuh.

Caranya gampang anda hanya perlu menghapus Instagram pada smartphone lalu mengunduhnya kembali melalui Google Playstore atau App Store.

6. Tunggu 1x24 Jam

Sudah coba semua cara di atas tapi masih gagal upload video pada instagram kalian? cara alternatif adalah tunggu 1x24jam. Sebaiknya anda sabar menunggu karena sabar adalah obat dari semua masalah yang ada.

Biasanya instagram memang sering error, cobalah menunggu 1x24 jam saya jamin foto atau video yang kalian upload pasti sukses dan mendapat banyak like & komentar.

7. Hapus Tautan Aktif di Profil Instagram

Instagram belakangan sangat sensitif dengan adanya tautan aktif yang Anda tautkan pada Profil. Terkadang tautan tersebut telah diblokir oleh Instagram tanpa sepengetahuan Anda.

Sama seperti permasalahan yang terjadi saat tidak bisa melakukan like, comment dan follow pada Instagram. Besar kemungkinan tautan tersebut juga menyebabkan tidak bisanya upload foto dan video.

Tidak ada salahnya untuk mencoba menghapus jika ada tautan yang telah terpasang pada profil Instagram Anda.

8. Ubah Format Foto & Video

Terkadang foto atau video yang ingin Anda unggah memiliki format yang tidak didukung oleh aplikasi Instagram. Masalah ini sering khususnya saat mengunggah video.

Maka dari itu solusinya adalah mengubah format dengan cara mengeditnya menggunakan aplikasi ketiga. Dengan melakukan editing juga akan mengurangi ukuran dari file tersebut dan mempercepat prosses upload.

9. Keluar Lalu Login Kembali

Ada kalanya akun anda mengalami error yang menyebabkan tidak bisa mengunggah foto di Instagram. Tidak ada salahnya coba melakukan keluar atau logout lalu masuk kembali ke Instagram. Cara ini biasanya ampuh menyelesaikan masalah gagalnya upload foto ataupun video.

10. Laporkan ke Instagram

Setelah mengikuti enam metode di atas namun tetap belum bisa mengatasi masalah gagal meng-upload foto ataupun video pada Instagram, solusi terakhir adalah melaporkan kepada pihak Instagram.

Untuk melaporkannya anda tidak perlu repot mengirimkan sebuah email, karena pada aplikasi Instagram sudah terdapat menu khusus untuk melaporkan masalah.

Cara mengaksesnya anda hanya perlu masuk ke Settings pada profil Instagram, lalu gulir ke bawah temukan dan tekan menu Report a Problem. Akan muncul beberapa pilihan, tekan Something Isn't Working lalu jelaskan masalah yang anda alami menggunakan bahasa Inggris.

Baca juga: Inilah 5 Kartu Internet Tercepat dan Terbaik di Indonesia

Akhir Kata

Begitulah cara mengatasi gagal upload foto dan video Instagram, jika kalian kurang paham dengan arikel di atas, kalian bisa bertanya di kolom komentar, dan jangan lupa untuk bagikan artikel ini ke jejaring social kalian. Sekian tutorial kali ini terimakasih telah meluangkan waktu untuk berkunjung ke blog ini.

66 Comments

  • Unknown
    Unknown
    03 November
    Kalo nge post foto loadingg terus gaberenti" gmn dong :(
    Aku mau keluarin ig itu juga ga bisa
    Delete
    • Ari
      Koneksi internetnya mungkin, coba ganti APNnya. Kalo gabisa logout coba add account ig lain terus pilih logout semua akun.
      Delete
  • Unknown
    Unknown
    15 September
    ka, cara masuk akun instagram yanh udah di tutup akun sementara gimana yaa, baru 2 mingguan tutup akun. log in lagi ga bisa
    Delete
    • Ari
      Coba kamu register akun baru dengan username akun lamamu, jika bisa kemungkinan akun lamamu di delete Instagram, sudah banyak kasus seperti ini.
      Delete
  • Unknown
    Unknown
    11 April
    Bang mau nanya nie, aku udh 2hr post video di IG tp ga keunggah juga. Cara ngapus video yg gagal keunggah itu gmna ya?? bang mohon solusinya
    Delete
    • Ari
      Ari
      13 April
      Videonya kan tidak terunggah ya tidak perlu dihapus, coba kamu logout kemudian login kembali agar videonya hilang.
      Delete
  • Unknown
    Unknown
    22 Agustus
    Klo semua car tetap tidak bisa upload video maupun video Instagram story kenapa ya?? Makasih
    Delete
  • Yani
    Yani
    24 Juni
    Tp saya ngirim video di story ig bukan di timeline
    Delete
  • Yani
    Yani
    24 Juni
    Mau tanya dong masa saya gabisa ngirim video,klo ngirim video pasti loadingnya itu maju mundur gajelas gitu padahal udah mau ke kekirin eh trs tbtb loadingnya mundur lagi,kenapa yaaa?
    Delete
  • Unknown
    Unknown
    16 Mei
    Saran saya akun instagram anda harus beralih ke bisnis buka profil instagram km lalu plih menu yg titik 3 dipojok kanan atas lalu pilih beralih ke profil bisnis. Setelah itu tinggal ikuti saja langkah2nya untuk membuat halaman yg terhubung dgn facebook.
    Delete
  • Reza Wildhan
    Reza Wildhan
    09 Mei
    Thanks bro, solusi yg ke-2 berhasil (y)
    Delete
  • Unknown
    Unknown
    25 April
    Aku ada 4 akun di 1 aplikasi. Anehnya cuma yang satu akun itu aja yang gak bisa buat UPLOAD. Sebelumnya bisa2 aja kok tapi sekarang tiap loading nya nyampe tengah, kembali lagi I mean gak sukses2 upload nya padahal di akun yang lain bisa.
    Delete
  • Unknown
    Unknown
    19 April
    Selamat malam,
    mau tanya dong min? semua cara diatas suda saya lakukan, tetapi tetap saja instagram saya lama sekali upload video, padahal internet saya cepat, setiap hendak posting video, loading nya itu bolak balik jadi gak bisa selesai-selesai. saya juga sudah lapor beberapa kali ke instagram, tetapi belum jg baik. apa kira-kira yang harus saya lakukan?
    Delete
    • Ari
      Coba upload di akun lain, kalo tetap tidak bisa kemungkinan size video terlalu besar.
      Delete
  • Unknown
    Unknown
    19 April
    Min mau tanya kok instagram saya gk bisa boomerang ya?
    Delete
  • Unknown
    Unknown
    12 April
    kok saya gk bsa upload video , saya udah coba di atas gk bsa semua tolong bantuannya
    Delete
  • mugi mujizat
    mugi mujizat
    03 April
    Gan mau tanya, kenapa setiap mau upload video, loading video nya malah balik lagi balik lagi? Klo masalah sinyal kayanya gak mungkin soalnya udh pke beberapa hp temen ttp kabisa
    Delete
  • Unknown
    Unknown
    28 Maret
    Mas saya mau tanya , hp saya Asus Zenfone 2 , jadi setiap saya ingin mengunggah video di instagram stories menggunakan fitur Boomerang , pasti saat diuploud slalu gagal. Kenapa ya mas , ternyata bukan saya saja , hampir stiap pengguna hp android asus zenfone 2 yg sya temui , rata2 tidak bisa men post video dengan fitur boomerang di instagram stories.
    Delete
    • Unknown
      Unknown
      16 April
      Sama, saya juga gitu. Sudah ada solusinya belum yaaa??
      Delete
  • bayu indra
    bayu indra
    18 Maret
    Saya sudah melakukan semua cara itu gan uninstal ig restar copot baterai memory semuanya udh dilakuin tetapi loading buat ngupload video itu malah cuma maju mundur doang gan apa masalahnya saya cba memakai jaringan lain bahkan wifi juga tdk bisa
    Delete
    • chacha
      chacha
      21 Maret
      iya, saya juga gitu, cuman maju mundur terus, sampe akhirnya gagal beberapa kali, kenapa ya? dan bagaimana cara mengatasinya?
      Delete
    • Unknown
      Unknown
      25 Maret
      Saya pun juga begitu, loading upload video cuma maju mundur.. Itu eror hp nya atau eror akunnya?
      Delete
    • Unknown
      Unknown
      25 Maret
      Saya pun juga begitu, loading upload video cuma maju mundur.. Itu eror hp nya atau eror akunnya?
      Delete
    • Unknown
      Unknown
      18 April
      sama. maju mundur jg. dan butuh waktu lama berhasilnya 5-7menit bru berhasil terunggah.
      pdhl normal paling lama semenit
      Delete
  • Unknown
    Unknown
    04 Maret
    Kenapa ya tiap mengunggah video boomerang di snapgram ig tapi tidak bisa terkirim ?
    Delete
  • Unknown
    Unknown
    22 Februari
    Mas saya awalnya upload video itu lancar, tp setelah itu saya mau upload foto lagi, tp tulisannya " we'll try again once. There's better connecting..... " itu knp ya-_-pdhal lancar-2 aja sinyalnya . Saya coba pakek hp lain jugaaa gabisa, tp saya coba upload fto di akun lain bisa .
    Delete
  • Unknown
    Unknown
    15 Januari
    Sama aku juga posting selesai habis tu gmbr ilang bbrp mnt kemudian ada yg bisa bantu gak sedih bgt ig buat bisnis mlahan gini��
    Delete
    • Anonim
      Anonim
      11 Maret
      Kakak udah busa belom??? Gimana solusinya kak
      Delete
    • Ari
      mungkin akun kamu terdeteksi spam oleh instagram, tunggu sehari/2 hari pasti bisa upload lagi.
      Delete
  • Unknown
    Unknown
    09 Januari
    Hallo gan.. sya sdh mengikuti cara" di atas.. tpi tetap saja tdk bisa mengupload foto.. bisa sih bisa cmn gak muncul di profil hasil upload'tan nya.. koneksi internet kenceng. Coba pkai wifi jga tetap gak bisa.. solusi yg tepat ap ya gan? Sya sdh nyoba pkai hp lain ttep jga sama gak bisa.. upload'tan nya ttep gak msuk ke profil.. cmn di beranda aja itu jga setelah nunggu beberapa menit hilng.. mohon bantuan nya gan.. makasih
    Delete
  • Unknown
    Unknown
    17 Desember
    Gan,udah aq coba kelima cara tersebut tp, tetep ae gak bs uplod video dan mesti ada notifnya " terjadi kesalahan yg tidak diketeahui" mohon penjelasan.
    Delete
    • Ari
      Coba upload dari hp lain atau akun lain, jika tetap tidak bisa kemungkinan videonya yang bermasalah, jadi coba upload video lain.
      Delete
  • Maura Eva Irmania
    Maura Eva Irmania
    11 November
    kalau instagram waktu upload video malah ada tulisan "terjadi masalah saat mengimpor video anda" itu kenapa ya? cara betulinnya gimana?
    Delete
    • Ari
      Kemungkinan ukuran file terlalu besar, coba di perkecil ukurannya & resolusi dikecilin. kalau tetap tidak bisa sudah dipastikan jaringannya sedang bermasalah/gangguan.
      Delete
  • Unknown
    Unknown
    10 Oktober
    aneh dah ni admin jawaban nya,, dari awal chek koneksi , chek provider,, instal ulang,,
    dia dah bilang " udah pake cara2 yang di tulis di atas "
    pinter admin bener
    Delete
    • Ari
      Trus saya harus jawab apa bro?
      saya hanya membantu sebisa saya, jadi kalau ada kekurangan mohon maaf.
      Delete
  • Catatan tak Penting
    Catatan tak Penting
    13 Agustus
    Mau tanya dong mas, saya baru bikin akun ig baru nih buat olshop, terus kemarin saya uoload foto, udh 115 foto di upload, terus selanjutnya gabisa, pas upload sih tulisannya 'finishing up' terus pas di refresh foto nya ilang. Itu benerinnya gimana ya mas? Udah 1x24 jam juga niih
    Delete
    • Catatan tak Penting
      Catatan tak Penting
      13 Agustus
      Udh pake cara2 yg ditulis diatas itu juga sih. Tapi tetep
      Delete
    • Ari
      Pas tulisa finishing up biasanya harus tunggu sebentar biar foto keupload, tapi kalo udah di tunggu masih ga bisa mungkin koneksi internet kamu yang bermasalah. Sebaiknya kamu coba pake provider lain, kalo tetep ga bisa coba install ulang instagramnya.
      Delete
    • Endah Kurniasari
      Endah Kurniasari
      07 Oktober
      Kak laili apa sekarang udah bisa uplod? Saya jg ngalami kayak kakak, gimana solusinya? Trimakasih
      Delete
    • Unknown
      Unknown
      09 Januari
      Mbak laili sya juga gitu mbak.. udh 3hari mahalan gak bisa upload foto.. cara" di atas sdh sya lakukan.. mbak skrng udh bisa blm? Klo udh bisa boleh tau cranya gmna mbak?? Mohon bantuan nya.. makasih
      Delete
    • Anonim
      Anonim
      10 Maret
      Halloo sudah ada yang bisa kah?? Skrg ig aku yang kyk gitu malah buat jual olshop juga ;( udah 3 hari
      Delete
    • Unknown
      Unknown
      10 Maret
      Saya jg alamin ini..gimana ya cara balikinnya? Mana buat dagang lg ig nya
      Delete
  • fattah
    fattah
    20 Juni
    Aku pake hp meizu mas,udah aku coba smua,koneksinya juga bgus tpi ttep gak bisa upload,tulisnya tidak bisa import gitu,mohon solusinya mksih
    Delete
    • Ari
      Ari
      22 Juni
      Coba tunggu dalam 1x24jam gan, terus upload lagi. Saya dulu seperti itu dan bisa, emang kadang" instagram ga bisa upload video.
      Delete
  • fattah
    fattah
    20 Juni
    Aku pake hp meizu mas,udah aku coba smua,koneksinya juga bgus tpi ttep gak bisa upload,tulisnya tidak bisa import gitu,mohon solusinya mksih
    Delete
  • Unknown
    Unknown
    15 Juni
    Gan mau nanya nih. Kenapa yaa stiap aku upload video pasti ajaa ada kaya garis ijo dibawahnya trus gambar videonya jdi ada bayangan merah gituu. Padahal kualitas videonya sblm diupload bagus2 aja. Padahal udh di restart, trus udh di perbaharui. Mohon bantuannya gan
    Delete
    • Ari
      Ari
      15 Juni
      udah coba re-install instagramnya? kalo udh re-install tapi tetep isi garis ijo, berati videonya yang bermasalah itu mbak, coba upload video lain atau di edit dulu videonya.
      Delete
  • IFADWORLD
    IFADWORLD
    04 Mei
    udh ikutin semua tp masih gan..paling males yg upload video :3 udh nguras kuota, di tulisan "kiriman" tetep 0
    Delete
    • Ari
      Ari
      07 Mei
      Mungkin koneksi internetmu gan, coba pake wifi.id siapa tau bisa :D
      Delete
  • Putri Ayu Fauzi
    Putri Ayu Fauzi
    28 Maret
    Kalo saya udah melakukan 3 hal tersebut tapi tetap gagal mengupload video, harus gimana ya? Padahal awalnya bisa-bisa aja.
    Delete
  • Unknown
    Unknown
    02 Februari
    Gan mau tanyak...
    Saya foto bsa diupload..tpidi dinding instagram tidak terlihat..hbis itu foto yg di unggah hilang di pemberitauan instagram..mohon solusinya gan
    Delete
    • Ari
      Ari
      05 Maret
      itu sepertinya Instagram di Smartphone kamu error, sudah coba install ulang?
      Delete
    • Unknown
      Unknown
      18 April
      Mas murizal.. sampai skr sudah ada solusinya?? Saya ngalami ini sekr. Mohon bantuannya
      Delete
    • Unknown
      Unknown
      18 April
      Mas murizal.. sampai skr sudah ada solusinya?? Saya ngalami ini sekr. Mohon bantuannya
      Delete
    • Unknown
      Unknown
      16 Mei
      Idem, sekarang giliran saya
      Delete
    • Unknown
      Unknown
      16 Mei
      Idem, sekarang giliran saya
      Delete
    • Cindy Claulen
      Cindy Claulen
      20 Mei
      Saya jg mngkin gara2 upload foto kbnyakan, tp cara ngatasinny gmn yah ?
      Delete
    • Ari
      Ari
      20 Mei
      Aprilian, Cindy : sudah coba cara di atas?
      Delete
    • Unknown
      Unknown
      07 Februari
      Mas ig saya tidak bisa upload video. Selalu gagal. Sudah di coba cara diatas tetap saja. Gimana ya? Apa smartphonenya yang rusak?
      Delete
    • Anonim
      Anonim
      10 Maret
      Maaf.. skrg aku alamin ini :( upload foto gabisa keluar si profil. Terus di time line hilang. Solusinya ???
      Delete
    • Anonim
      Anonim
      10 Maret
      Malah udah aku install ulang tapi tetep sama..
      Delete
    • Anonim
      Anonim
      10 Maret
      Malah udah aku install ulang tapi tetep sama..
      Delete
    • Adiba
      Adiba
      29 Mei
      Aku jugaaa, gabisa muncul di dinding IG ini gimanaaaa. Padahal buat jualan online lohhh ����
      Delete
Freedom of speech
Cancel

Iklan atas artikel

Related Post