6 Cara Mengatasi Video Instagram Tidak Bisa Diputar

6 Cara Mengatasi Video Instagram Tidak Bisa Diputar

Ari
6 Cara Mengatasi Video Instagram Tidak Bisa Diputar

6 Cara Mengatasi Video Instagram Tidak Bisa Diputar - Menonton video singkat pada aplikasi Instagram memang sangat mengasyikan. Dengan durasinya yang maksimal 60 detik, sangat banyak video yang tersedia dan menarik untuk dilihat pada Instagram. Salah satu akun Instagram yang aktif mengupload video-video menarik adalah Indovidgram yang merupakan singkatan dari Indonesia Video Instagram. Tetapi aplikasi Instagram sering kali mengalami bug yang mengakibatkan video tidak bisa di putar. Hal tersebut tentu sering membuat pengguna menjadi kesal dan bingung mencari cara untuk mengatasi masalah tersebut.

Sebenarnya ada beberapa penyebab yang bisa membuat video pada Instagram tidak dapat di putar, diantaranya: koneksi internet tidak stabil, cache yang menumpuk dan lain sebagainya. Untuk mengatasinya bisa simak cara mengatasi video Instagram yang tidak bisa diputar pada artikel di bawah ini.

1. Periksa Koneksi Internet

Yap, koneksi internet yang lemot dan tidak stabil bisa menjadi penyebab utama video pada Instagram tidak dapat diputar. Sebaiknya periksalah koneksi internet anda dan gunakan jaringan 4G agar lebih nyaman saat menonton video.

Anda juga bisa mengganti APN Internet untuk menstabilkan koneksi intetnet pada smartphone anda. Caranya cukup mudah, silakan anda simak pada artikel Cara Mengganti APN Internet Semua Operator di Android.

2. Nonaktifkan Use Less Data

Jika anda pernah mengaktifkan fitur ini untuk menghemat penggunakan kuota saat memainkan Instagram, cobalah untuk menonaktifkannya sementara. Bukan tidak mungkin fitur ini dapat menyebabkan video pada Instagram tidak dapat anda putar.

Cara untuk menonaktifkan fitur tersebut cukup mudah, anda hanya perlu masuk ke Settings/Options lalu masuk ke menu Cellular Data Use dan hilangkan centang pada Use Less Data.

3. Matikan Lalu Hidupkan Smartphone

Sudah melakukan dua cara di atas tetapi video tetap tidak dapat terputar? bisa saja telah terjadi kesalah pada sistem operasi smartphone anda. Yang artinya smartphone anda membutuhkan sedikit istirahat agar dapat digunakan dengan lancar kembali.

Matikanlah smartphone anda kurang lebih selama 5 menit, bila perlu lepaskan juga baterai dan sim card yang terpasang. Cara ini terbilang efektif untuk mengatasi segala kesalah yang telah terjadi sebelmnya.

4. Bersihkan Cache Instagram

Setiap aplikasi yang pernah anda gunakan pasti menyisakan sampah atau cache yang perlu dibersihkan agar aplikasi tetap nyaman digunakan. Cache yang menumpuk dapat menyebabkan beberapa fitur menjadi tidak dapat berfungsi salah satunya pemutar video pada Instagram.

Rutinlah untuk membersihkan cache pada segala aplikasi yang terinstall pada smartphone anda. Caranya cukup mudah kok, anda hanya perlu masuk ke Settings - Aplikasi - Instagram lalu tekan tombol Clear Cache.

5. Update Aplikasi Instagram

Bisa jadi aplikasi Instagram telah menyediakan update yang tidak anda ketahui pada Google Playstore ataupun App Store. Maka dari itu sebaiknya anda selalu mengecek secara rutin jika ada aplikasi yang menyediakan update terutama Instagram.

Karena beberapa fitur tidak akan bisa berfungsi jika aplikasi yang anda gunakan merupakan versi lama. Menginstall versi terbaru Instagram merupakan solusi terbaik untuk menghilangkan segala bug yang menyebalkan.

6. Install Ulang Instagram

Jika setelah mengupdate aplikasi Instagram tetap tidak menyelesaikan masalah, ada kemungkinan aplikasi Instagram anda mengalami error yang cukup parah. Solusinya adalah menghapus lalu menginstall kembali Instagram pada smartphone anda.

Dengan melakukan hal tersebut bisa dipastikan segala error akan hilang dan video dapat diputar. Sebaiknya gunakan koneksi internet yang stabil saat mengunduh dan menginstall aplikasi agar tidak terjadi error.

Baca juga: 7 Cara Mengatasi Tidak Bisa Live di Instagram 99% Berhasil

Itulah cara paling ampuh untuk mengatasi video yang tidak dapat diputar pada aplikasi Instagram. Jika anda memiliki cara lain untuk mengatasinya, silakan cantumkan pada kolom komentar. Terimakasih telah meluangkan waktu untuk membaca, jika anda berkenan jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke sosial media.

Add Comments

Freedom of speech
Cancel

Iklan atas artikel

Related Post