7 Cara Mengatasi Tidak Bisa Live di Instagram 99% Berhasil

7 Cara Mengatasi Tidak Bisa Live di Instagram 99% Berhasil

Ari

7 Cara Mengatasi Tidak Bisa Live di Instagram 99% Berhasil - Pada era modern saat ini, melakukan siaran langsung tidak hanya bisa dilakukan oleh stasiun televisi. Semua orang saat ini bebas melakukan siaran langsung hanya dengan bermodalkan smartphone dan aplikasi Instagram.Yap, pada update terbarunya Instagram meluncurkan fitur live yang dapat digunakan secara gratis. Hasil siaran langsung yang telah selesai bisa anda simpan atau publikasikan pada Instastory. Tetapi tetap saja yang namanya sebuah aplikasi pasti tidak bisa lepas dari yang namanya bug atau error.

Seringkali kita tidak bisa melakukan live pada aplikasi Instagram karena disebabkan permasalahan yang tidak diketahui. Untuk mengatasi masalah tersebut, ada beberapa cara yang berhasil saya rangkum yang pastinya akan berhasil mengatasinya. Berikut adalah beberapa cara untuk mengatasi tidak bisa live pada aplikasi Instagram yang terbukti berhasil.

1. Restart Smartphone

Mematikan lalu menghidupkan smartphone Android ataupun iPhone bisa memperbaiki beberapa masalah yang terjadi pada smartphone tersebut. Hal tersebut dikarenakan smartpohne merasa kelelahan dan butuh waktu untuk istirahat agar bisa bekerja dengan lancar.

Jika ada beberapa aplikasi yang tiba-tiba error dan tidak bisa digunakan, misalnya live di Instagram. Ada baiknya anda melakukan restart pada smartphone lalu coba melakukan live kembali seperti biasa di Instagram.

2. Periksa Koneksi

Tidak bisa dipungkiri koneksi Internet yang cepat dan stabil sangat mempengaruhi saat kita sedang live pada Instagram. Jika koneksi Internet anda tidak stabil dan lemot, sudah bisa dipastikan anda tidak akan bisa menggunakan fitur live di Instagram.

Periksalah koneksi Internet anda dengan cara memutar video pada Instagram ataupun YouTube terlebih dahulu. Jika video terputar secara lancar tanpa buffering, pasti anda bisa melakukan live dengan lancar juga.

3. Re-login Instagram

Jika anda sudah merestart smartphone dan menggunakan koneksi Internet yang lancar namun masih tetap tidak bisa, cobalah untuk log out lalu loginkan kembali akun anda. Bisa jadi ada beberapa bug yang mengakibatkan akun anda tidak bisa menggunakan fitur live pada Instagram.

Dengan melakukan re-login mungkin bisa mengatasi masalah tersebut. Atau anda juga bisa menggunakan akun lain untuk mencoba live di Instagram.

4. Update Instagram

Sudah melakukan cara di atas tapi tetap enggak bisa live di Instagram? bisa jadi Instagram sedang melakukan update yang tidak anda ketahui. Sering-seringlah mengecek Google Playstore atau App Store untuk mengunduh update terbaru dari instagram.

Dengan melakukan update yang rutin, maka semua fitur pada aplikasi Instagram akan dapat berjalan dengan normal. Jadi bagi anda yang tidak ingin mengalami masalah seperti ini lagi, mulai dari sekarang lakukanlah update secara rutin pada aplikasi Instagram.

5. Install Ulang Instagram

Menghapus lalu menginstall kembali aplikasi Instagram bisa jadi cara paling ampuh untuk mengatasi segala masalah yang terdapat. Ada kemungkinan saat anda mengunduh dan menginstall aplikasi Instagram sebelumnya mengalami masalah yang menyebabkan tidak bisa lmenggunakan fitur live.

Dengan menghapus lalu menginstallna kembali adalah cara untuk mengatasinya. Sebaiknya anda menggunakan koneksi Internet yang stabil untuk menginstall sebuah aplikasi agar tidak mengalami error dan beberapa fitur tidak bisa digunakan.

6. Laporkan ke Instagram

Sebelum menggunakan cara ini sebaiknya anda coba menggunakan smartphone lain untuk melakukan live pada Instagram. Jika masih bisa, kemungkinan smartphone anda mengalami sebuah masalah yang menyebabkan tidak bisa live. Solusinya adalah dengan melakukan update sistem operasi atau mengembalikan ke setelan awal agar masalah teratasi.

Tetapi, jika menggunakan smartphone lain tetap tidak bisa sebaiknya anda melaporkan ke pihak Instagram karena akun anda mengalami bug. Caranya cukup mudah, anda hanya perlu masuk ke Settings/Options - Report a Problem - Something Isn't Working lalu jelaskan masalah yang anda alami.

7. Update Sistem Operasi

Periksalah pembaruan perangkat anda secara rutin setidaknya sebulan sekali. Kenapa demikian? karena bisa saja ada sebuah pembaruan penting yang wajib dilakukan untuk memperbaiki bug yang ada pada sistem operasi sebelumnya.

Semakin barunya sistem operasi maka kualitasnya juga semakin bagus dan nyaman untuk digunakan. Bug yang ada akan semakin sedikit yang membuat semua fitur dapat berfungsi dengan baik.

Baca juga: 8 Cara Mengatasi Kamera Android Error dan Tidak Bisa Dibuka

Berigulah cara paling mudah untuk mengatasi tidak bisa live pada sosial media Instagram. Jika masalah belum juga teratasi, bisa cantumkan pada kolom komentar. Terimakasih telah meluangkan waktu untuk membaca, jangan lupa bagikan ke sosial media agar semakin banyak yang mengetahuinya.

Add Comments

Freedom of speech
Cancel

Iklan atas artikel

Related Post