4 Cara Mengirim File Dari Laptop ke HP Android dan iPhone

4 Cara Mengirim File Dari Laptop ke HP Android dan iPhone

Ari
Cara Mengirim File Dari Laptop ke HP Android dan iPhone

4 Cara Mengirim File Dari Laptop ke HP Android dan iPhone - Teknologi semakin hari semakin berkembang dengan pesat dimana saat ini hampir segala hal membutuhkan bantuan teknologi. Sekarang teknologi tidak bisa diremehkan lagi, sekitar 90% orang di seluruh dunia pasti membutuhkan teknologi untuk membantu kegiatan sehari-hari. Dengan pesatnya perkembangan teknologi terutama pada teknologi Komputer, Smartphone dan Internet ada satu hal yang sangat membantu. Hal tersebut yaitu cara untuk mengirim/transfer sebuah file dari perangkat komputer ke smartphone berbasis Android ataupun iOS.

Pada saat ini ada banyak cara yang bisa digunakan untuk mengirim sebuah file dari komputer/laptop ke smartphone, untuk lebih lengkapnya saya akan membahas beberapa cara mengirim file dari komputer/laptop ke perangkat smartphone berbasis Android dan iOS yang bisa anda gunakan untuk memudahkan kegiatan sehari-hari.

Beberapa Cara Kirim File Dari Laptop ke Smartphohe:

1. Menggunakan kabel data (USB)

Menggunakan kabel data adalah cara paling umum dan sangat mudah dilakukan untuk mengirimkan sebuah file dari komputer/laptop ke smartphone. Hanya perlu menghubungkan kabel data ke perangkat komputer/laptop dan hubungkan juga ke perangkat smartphone anda sudah bisa mengirim file yang diinginkan. Saat membeli sebuah smartphone pasti sudah dilengkapi dengan kabel data yang berfungsi untuk charger dan mengirim file ke komputer/laptop.

Jika anda tidak mau ambil pusing dan masih memiliki kabel data smartphone yang bisa digunakan, maka anda tidak perlu membaca cara selanjutnya. Tetapi jika anda tetap penasaran atau ingin sekedar tau, silahkan lanjutkan membaca.

Catatan: Jika ingin mengirimkan file lagu dari komputer/laptop ke perangkat iPhone menggunakan kabel data dibutuhkan aplikasi tambahan yang bernama iTunes.

2. Menggunakan Bluetooth

Setiap perangkat komputer dan smartphone saat ini pasti sudah dibekali dengan teknologi canggih yang bernama Bluetooth. Teknologi ini sudah ada sejak lama dan mudah untuk digunakan, menggunakan Bluetooth untuk mengirimkan sebuah file caranya cukup mudah. Hanyak perlu menyalakan Bluetooth pada komputer/laptop dan smartphone, hubungkan satu sama lain lalu seletah terhubung pilih file yang ingin dikirimkan.

Salah satu keuntungan menggunakan Bluetooth adalah tidak memerlukan bantuan alat apapun, kabel data pun tidak perlu. Namun ada sebuah kekurangan menggunakan Bluetooth adalah mengirimkan sebuah file membutuhkan waktu agak lama dan bisa gagal jika jarak antara kedua perangkat  terlalu jauh.

Catatan: Komputer/laptop dengan sistem operasi Windows tidak bisa mengirim ke perangkat iPhone (iOS) dikarenakan iPhone melarang mengirim sebuah file melalui Bluetooth. Cara ini hanya bisa dilakukan jika anda mengirimkan file ke perangkat Android.

3. Upload file yang ingin dikirim

Memliki koneksi Internet sangatlah membantu ada banyak hal yang bisa dilakukan menggunakan Internet, salah satunya adalah mengupload file agar anda bisa mengunduhnya kapan saja dan menggunakan perangkat apa saja. Dengan cara mengupload sebuah file anda juga bisa menghemat penyimpanan memory pada komputer/laptop dan smartphone. Ada banyak situs upload file yang bisa digunakan, seperti: Google Drive, Mediafire, Dropbox.

Kekurangan cara ini adalah membutuhkan banyak kuota Internet, tetapi kelebihannya yaitu hanya dengan beberapa kali klik saja sudah bisa mengirim sebuah file. Cara mengirimkan filenya, pertama upload file yang ingin dikirimkan lalu catat link file tersebut dan buka pada smartphone yang ingin di kirimkan.

Catatan: iPhone tidak bisa mengunduh file melalui browser, cara ini juga tidak bisa digunakan untuk smartphone iPhone ataupun iPad.

4. Mengirimkan melalui E-mail atau Social Media Facebook

Sebagai pengguna perangkat smartphone yang aktif cara inilah yang paling sering saya gunakan untuk mengirimkan file Foto atau Video dari laptop ke smartphone. Selain mudah cara ini juga tidak membutuhkan kabel data, hanya membutuhkan koneksi Internet yang memadai. Kirimkan file yang ingin dikirim melalui E-mail atau Facebook melalui pesan setelah terkirim anda buka di smartphone dan simpan file tersebut.

Tetapi jika ingin menggunakan cara ini anda harus memiliki account E-mail ataupun Facebook lebih dari satu. Sama dengan cara upload melalui situs cara ini juga membutuhkan banyak kuota Internet dikarenakan anda harus mengupload lalu mendownloadnya.

Baca juga: 5 Cara Mengatasi Lag Mobile Legends Pada Android dan iOS

Beperapa cara diatas bisa anda praktekan dan gunakan cara yang mudah bagi anda. Oh iya, untuk penguna iPhone hanya bisa menerima kiriman file Lagu, Foto dan Video saja sedangkan pengguna Android bisa menerima kiriman file apapun. Sekian artikel kali ini mengenai cara mengirim file dari komputer/laptop ke smartphone Android dan iPhone, jika bermanfaat silakan bagikan dan terimakasih telah membaca.

Add Comments

Freedom of speech
Cancel

Iklan atas artikel

Related Post